Ayo BerlatihTulislah lambang pecahan soal-soal dibawah ini !1.2..3.4.5.ATIK / KELAS 3
1. Ayo BerlatihTulislah lambang pecahan soal-soal dibawah ini !1.2..3.4.5.ATIK / KELAS 3
Jawaban:
mana soalnya gimana sih niat nanya gak
2. MatematikaKelas 6LATIHAN SOAL9 9 91. Urutkanlah pecahan-pecahan berikut dari yang terkecil!a. 6/8 b.8/9 c.2/9 d. 5/9 e. 4/92. Urutkanlah pecahan-pecahan berikut dari yang terbesar!a.3 b.7 c.5 d.2 e.1 18 9 6 3 2
Jawab:
Penjelasan dengan langkah-langkah
Urutan terkecil yaitu:
2/9 ,4/9 ,5/9 ,6/8 ,dan 8/9
Urutan terbesar yaitu:
7,5,3,2,dan 1
Urutkan Pecahan-Pecahan Berikut Dari Yang Terkecil hingga yang terbesar
a. 1/4 1/3 1/6
b. 3/5 4/7 2/3
c. 3/4 5/6 4/5
d. 3/7 1/2 1/3
e. 2/5 5/8 3/4
f. 4/6 3/4 6/12
3. 0/08209.0no MatematikaNama : Raritan Sarsha belaKelas TdTanggal latihan : 11 Agustus 2000So biranKerjakan soal dibawah ini dengan cara penjerasanUnutkan pecahan berikut 0147, 1, 14%, 2 dari urutan!terkecil dan terbesar203
Jawaban:
urutan terkecil
0147,1,2,14%
maaf kalau salah
urutan terkecil
0147,1,2,14%
maaf kalau salah
4. Latihan Matematika A. Ubahlah bentuk persen berikut menjadi pecahan biasa! 1. 15% 2. 8% 3. 50% 4. 62% 5. 12% B. Ubahlah pecahan desimal berikut menjadi bentuk persen! 6. 0,4 7. 0,21 8. 0,07 9. 0,68 10. 0,75 C. Ubahlah bentuk persen berikut menjadi pecahan desimal! 11. 40% 12. 6% 13. 24% 14. 68% 15. 1% Ruby Astuti • Tulis soal dan ketik jawaban disini dengan pakai cara jalan! Komentar kelas
Penjelasan dengan langkah-langkah:
1. 15%= 15/100
2.8%=8/100
3.50%=50/100
4.62%=62/100
5.12%=12/100
6.0,4=4/10=40/100=40%
7.0,21=21/100=21%
8.0,07=7/100=7%
9.0,68=68/100=68%
10.0,75=75/100=75%
11.40%=40/100=4/10=0,4
12.6%=6/100=0,06
13.24%= 24/100=0,24
14.68%=68/100=0,68
15.1%=1/100=0,01
maaf kalo salah dan semoga membantu
5. SOAL LATIHAN MATEMATKA KELAS VI JAWABLAH SOAL BERIKUT DENGAN BENAR.1.Bandingkan pecahan berikut dengan tanda > ,< atau =. a. 4/15 ……… 1/5 b.3/8 ……. 1/72. Urutkan pecahan berikut dari terkecil 32/5 ; 2,15 ; 75% ; 9/5 3. Hasil dari 3/5 x 11/4 : 6/8 =4. Ubahlah pecahan berikut ke bentuk decimal a. 4/5 = … b. 6/8 =5.Ibu mempunyai 2 kantong tepung terigu masing- masing berisi 2, 375 kg dan 13/6 kg. tepung Tersebut digunakan untuk membuat kue 1/2 kg , berapa kg sisa tepung yang belum digunakan ?Untuk mengrjakan nya tolong dibuat cara nya ya.
1) A= >
B= >
2) 32/5=6,4
2,15= 2,15
75%=0,75
9/5=1,8
urutan dari yang terkecil (aku ubah ke desimal)
75%;9/5;2,15;32/5
3)
4) a=4/5=4:5=0,8
B=6/8=6:8=0,75
5) 2 3/8+13/6=19/8+13/6-1/2
=57/24+52/24-12/24=97
#semoga membantu, maaf kalo ada yang salah
maaf no 3 tidak aku isi
6. Ayo, kerjakan soal-soal berikut dengan tepat! Tuliskan hasilnya dalam bentuk desimallPerLangkah pengerjaan1. Semua pecahan dapat diubahSemenjadi desimal2. Kerjakan operasi yang ada23dalam tanda kurung terlebihdahuluLatihan 8Menentukan hasil operasi hitung campuran pekalian dan pembagian pecahan,2.3. 3,5 x ( : 20%)Penyelesaian3,5 x (1 : 20%) = 3,5 (0,6:0,2)=3,5 x 3= 10,51.45% : 0,25 x423 =2. 3 * 2,25:3. 15% x 3,5:8=...4. 14:0,25 x 2 =....5. 0,75 x 0,2:2 =...6. 1*(0,4:1)7. 75% : (0,5 x 3) = ....8. 33 x 2,75:25% = ....9. 43:2,2% (13:50%) = ....10. 2,8: (20% x 17):0,5 = ...D/MI Kelas VI
Jawaban:
mau tanya apa kasih ujian ke kita
7. Berikut adalah kumpulan soal matematika kelas 5 pecahan dan kunci jawaban dikutip dari buku Ringkasan Materi dan Latihan Soal Matematika Kelas 5 SD/MI karya Candra Himawan dan Erni Kurniati (2017). 1. Pecahan yang berpenyebut seratus disebut dengan … a. pecahan desimal b. permil c. pecahan campuran d. persen 2. Sepasang roti dibagi 3 sama besar, maka tiap bagian bernilai … a. 1/8 b. 3 c. 1/3 d. 4/8 3. 9/4, ¾, 5/4, 7,4. Dari pecahan tersebut, manakah yang pecahan terbesar? a. 9/4 b. 5/4 c. ¾ d. 7/4 4. Pasangan pecahan yang senilai adalah … a. 1/3 dan 2/8 b. 2/4 dan 4/12 c. 2/6 dan 3/15 d. 6/8 dan 9/12 5. Bentuk persen dari 1/5 adalah … a. 20% b. 30% c. 40% d. 50% 6. 25% jika diubah ke bentuk pecahan biasa menjadi … a. 2/5 b. 1/5 c. ½ d. ¼ 7. Bentuk desimal dari 1/5 adalah … a. 0,1 b. 0,2 c. 0,5 d. 0,15 8. Nilai pecahan dari 0,25 adalah … a. 2/5 b. 1/5 c. ½ d. ¼ 9. Pecahan di bawah ini yang tidak senilai dengan 10% adalah … a. 2/20 b. 1/10 c. 10/100 d. 10/20 10. 25% dari 120 adalah … a. 20 b. 30 c. 40 d. 50
Jawab:
1. D. Persen
2. C. 1/3 (1 dari 3 bagian)
3. C. 9/4 (Karena penyebut sudah sama langsung diurutkan biasa)
4. D. 6/8 dan 9/12
5. A. 20%
6. D. 1/4
7. B. 0,2
8. D. 1/4
9. D. 10/20
10. B. 30
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Maaf kalau salah
8. mengubah Bentuk pecahan ke bentuk desimal LATIHAN soal MTK KELAS VI ayo berlatih 61.)4/6=.......2.)3/5=......3.)4/25=.......4.)4/20=.......5.)7/50=.......6.)9/15=.........7.)40/100=..........8.)20/160=..........9.)25/200=..........10.)8/250=..........Ayo teman jawab pertanyaan yang ada di atas ini sulit di kerjakan. ayo jadi anak pintar.....
2. 3/5 × 20/20 = 60/100 = 0,6
3. 4/25× 4/4 = 16/100= 0,16
4. 4/20×5/5 = 20/100= 0,2
5 7/50×2/2 = 14/100 = 0,14
9. Latihan 6Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu.a.Ayo, kerjakan soal-soal berikut!1. Kerjakan soal berikut berdasarkan gambardi samping!Banyak bola basket =.. bagian dari 15 bola,b. Banyak bola sepak = .. bagian dari 15 bola.2. Hasil panen padi Pak Ahmad adalah 5 kuintal.Sebanyak bagian disimpan untuk makankeluarganya sehari-hari dan sisanya akan dijual.Berapa kg padi yang akan dijual oleh Pak Ahmad?3. Andi memiliki 35 kelereng. Karena Ari tidak memiliki kelereng, ia memberikanbagian dari kelerengnya kepada Ari agar bisa bermain bersama. Berapa butir sisakelereng Andi sekarang?4. Setiap hari, Citra mendapat uang saku sebesar Rp3.000,00. Sebanyak bagian dauang sakunya ia tabung di celengan miliknya. Berapa banyak uang yang ditabunCitra selama 5 hari?5. Di kelas 6 terdapat 40 siswa. Saat ulangan matematika, sebanyak 4 siswamendapat nilai di atas 80. Berapa persen siswa yang mendapat nilai di atas 80?
Jawaban:
Latihan: 6
pelajaran: matematika.
hal:48.
kelas:VI.
jawaban:
1).a.banyak bola basket = 6 bagian dari 15 bola
b. banyak bola sepak=9 bagian dari 15 bola.
2).diketahui = hasil panen pak ahmad adalah 5 kuintal sebanyak 1/5 bagian disimpan untuk makan keluarga nya dan sisanya akan di jual.
ditanya: berapa kg padi yang akan di jual pak ahmad?
Jawab: yang di jual= 5×100×(1-1/5) -500×(5/5-1/5) =500×4/5=400
jadi, sisa padi yang di jual pak ahmad adalah 400kg.
3).diketahui: andi memiliki 35 kelereng ia memberikan 2/7 bagian kepada ari.
ditanya:berapa butir sisa kelereng andi sekarang?
jawab:sisa kelereng andi=35×(1-2/7) =35×(7/7-2/7) =35×5/7=25 butir.
jadi sisa kelereng andi adalah 25 butir.
4).diketahui:citra mendapatkan uang saku 3.000 sebanyak 1/2 bagian dari uang sakunya ia tabung di celengan.
ditanya:berapa banyak uang citra selama 5 hari menabung?
jawab: banyak uang celengan citra=3.000×1/2×5=15.000/2=Rp.7.500
jadi banyak uang citra adalah Rp. 7.500.
5).diketahui:di kelas vi terdapat 40 siswa. saat ulangan matematika sebanyak 4 siswa mendapatkan nilai diatas 80.
ditanya:berapa persen siswa yang mendapat nilai 80 ke atas?
jawab:banyak siswa dengan nilai diatas 80=4/40×100%=400/40%=10%.
jadi sisa yang mendapat nilai 80 keatas adalah 10%.
#SEMOGA MEMBANTU#MOHON MAAF JIKA TERDAPAT KESALAHAN ATAS JAWABAN NYA.
#semangat belajar nya.
10. Jonas dan made membawa kue yang sama besar.kue jonas dipotong menjadi 6 bagian sama besar.Jonas suda memakan 2potong.Kue made dipotong menjadi 4 bagian sama besar ,made sudah memakan 2potong. soal! 1.Berapa bagian kue yang sudah dimakan Jonas?(tulis dalam bentuk pecahan). 2.Berapa bagian kue yang dimakan made?(tulis dalam bentuk pecahan). 3.Siapa yang memakan kue lebih besar? 4.Tuliskan menggunakan perbandingan tanda lebih besar atau lebih kecil.Tolong dijawab kakak. TAMBAHKAN JAWABAN +5 POIN Tanyakan yunuspkp43 mengenai soal ini... yunuspkp43 menunggu jawabanmu. Bantu jawab dan dapatkan poin. Pertanyaan baru di Matematika a. c. 64 1. Hitunglah hasil dari bilangan berpangkat berikut. (-5)5 b. (-3) 8 d. 11-3 Jawab: 2. Tulislah dalam bentuk paling sederhana. m4 x m2 b. (15… Latihan 8 Mari isi titik-titik berikut 6/5+1 3/4= tolong sepupu kak, mau dikumpulkan ni, soalnya udah dipanggil kepala sekolah,kalau dikeluarin sebuah lingkaran memiliki keliling 35 phi cm Maka luas lingkaran tersebut adalah Disain sebuah rumah memiliki panjang 20 cm dan tinggi 12 cm.Jika panjang rumah sebenarnya 30m,maka tinggi rumah sebenarnya adalah....m Bantu ya kak b… Seorang anak mendapatkan bagian uang yang sama dari ibunya sebesar 6000 dari seluruh anak yang berjumlah 8 orang.berapakah bagian masing-masing anak j… tIpong ya kak asal:lapor plis tolongin 3.Tentukan bayangan sebuah lingkaran x2 + y2 - 8x + 4y + 11 = 0 yang ditranslasikan sejauh T= (1-2) tolong jawab ya pr soalnya Lebar jendela kelas adalah 0,5 m berapa sentimeter lebar jendela kelas Bagian C & D saja ✓ Di Gambar kebun pak ahmad memiliki panjang 80 meter dan lebar 60 meter. berapa keliling kebun pak ahmad ? Tentukan pertidaksamaan dari daerah penyelesaian tersebut Tolong ya Kaka...... bentuk paling sederhana dari 4kodi : 19gross 1. Pada segitiga PQR siku siku di Q berlaku.. hitung panjangbc dan luas abc tolong sepupu kak, mau dikumpulkan ni, soalnya udah dipanggil kepala sekolah,kalau dikeluarin tolong bantu plis besok di kumpulkan Tentukan volume kubus 7 cm please tolongin, soalnya harus dikumpulin hari ini Luas persegi PQRS adalah... MUAT LEBIH BANYAK Sebelumnya Berikutnya Tanyakan pertanyaanmu Tentang kami Tentang kami Karier Kontak Blog Brainly Indonesia Bantuan Syarat dan ketentuan Cara memperoleh poin Iklan Ketentuan privasi Responsible disclosure program Dapatkan App Brainly Unduh App Android Situs ini me
Jawaban:
kue Jonas: 6-2=4
kue Made: 4-2=2
Yang memakan kue lebih besar adalah Made
Perbandingan kue Jonas dan kue Made adalah 2 banding 3
11. Bentuklah kelompok yang beranggotakan 8 siswa. Lakukan dengan kompak di depankelas! Gambarlah kreasi pola lantal, kemudian praktikkan bersama kelompokmuiMari BerlatihKerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!1. Sekar dan teman-temannya ingin mempraktikkan tari daerah. Mereka lalumembentuk kelompok. dari mereka belajar tari Mahambak, sedangkan dar32mereka belajar tari Pendet.Perhatikan bilangan pecahan dan pada kalimat di atas. Coba bandingkanMana yang lebih besar? Buktikan dengan membuat gambarJawab:2. Perhatikan pecahan berikut:Urutkan bilangan pecahan dari yang paling besar hingga paling kecilJawab:
Jawaban:
hhcjhgkhhkjghhjuj
Penjelasan:
y bgtulh pnjelasnnya mksh:)
12. Ayo Berlatih 1.12 1. 2 4. Sumber: Dokumen Penerbit Keluarga Sari sedang bersih-bersih rumah. Selesaikan soal-soal berikut! Setiap hari Minggu, Sari menghabiskan waktu 1 jam untuk bersih- 3 bersih rumah dan 3 jam untuk belanja. Berapa jam lebihnya Sari menghabiskan waktu untuk bersih-bersih rumah dibandingkan untuk belanja? 2. Tinggi badan Utari adalah 110,7 cm pada ulang tahunnya yang ke-9 tahun. Sementara itu, pada ulang tahun ke-8, tinggi badan Utari adalah 98,8 cm. Berapa sentimeter pertambahan tinggi badan Utari dari usia 8 tahun ke 9 tahun? 3. Hasil pembelajaran matematika kelas V pada semester ini tercatat 73% mendapat nilai rata-rata di atas 75, sedangkan yang mendapatkan nilai rata-rata antara 65 sampai dengan 75 ada 14%, dan lainnya mendapatkan nilai rata-rata di bawah 65. Berapa persen siswa yang mendapatkan nilai di bawah 65? 4. Setiap pergi ke sekolah Ratri selalu membawa satu botol air minum untuk bekal. Ketika hendak pulang, air di botolnya tersisa bagian. 4 Berapa banyak air minum di botol yang sudah Ratri minum? 5. Gito sedang menghias kado dengan pita. Gito mempunyai 14 m pita. Ia 5 memotong 0,25 m pita itu untuk hiasan bunga, sisanya untuk mengikat kado. Berapa meter pita yang dipakai untuk mengikat kado? 2 Sumber: Dokumen Penerbit Bu guru mengumumkan nilai ulangan siswa. Sumber: Dokumen Penerbit Gito sedang menghias kado. Pelajaran I Operasi Hitung Pecahan 30 pakai cara ya
Jawab:
1. waktu utk bersih2 rumah
= 1 2/3 jam
= 1 jam + (2/3x 60) menit
= 1 jam + 40 menit
= 1 jam 40 menit
waktu utk belanja
= 1 3/4 jam
= 1 jam (3/4 x 60) menit
= 1 jam + 45 menit
= 1 jam 45 menit
2. Tinggi badan utari adalah a = 110,7 cm pada usia 9 tahun. kemudian b = 98,8 cm pada usia 8 tahun.
Maka pertambahan tinggi bada utari dari usia 8 tahun ke 9 tahun adalah
a - b = 110,7 - 98,8 = 11,9
jadi, pertambahan tinggi badan utari dari usia 8 tahun ke 9 tahun adalah 11,9 cm
3. Sisa persentase ;
= 100% - (73% + 14%)
= 100% - 87%
= 13%
Jadi, banyak persentase nilai siswa dibawah nilai 65 adalah 13%.
4. 1 - 2/4 = 1 =4/4
4/4-2/4 = 24
bisa di sedrhanakan menjadi 1/2
5. 1, 40 : 0,25
= 1,4 - 0,25 x 5
= 1,4 m - 1,25 m
= 0,15 m
Maka, Gito menggunakan pita untuk mengikat kado dengan panjang 0,15 m / 15 cm
jadikan jawaban terbaikmu...
13. 1. Kalian dapat menjelaskan ukuran sebuah pohon dengan membandingkannyaterhadap pohon lain atau benda yang lain.Tabel 3.1 Pohon-pohon bernilai ekonomis di IndonesiaNama Pohon dan Asal TingkatKepunahanTinggi(meter)Diameter(cm)Damar (Maluku) Rentan 65 150Ulin/Kayu Besi (Kalimantan) Rentan 50 120Kayu Hitam Sulawesi (Sulawesi) Rentan 40 100Gaharu (Kalimantan) Rentan 40 60Ramin (Kalimantan) Rentan 40 20Sumber: www.id.wikipedia.orgGunakan tabel di atas untuk menjawab pertanyaan berikut.a. Anton mengatakan bahwa perbandingan diameter Ramin terhadap diameterUlin adalah 1 : 6. Apakah pernyataan Anton benar? Jelaskan.b. Ria mengatakan bahwa selisih tinggi Damar dan Gaharu adalah 25. Apakah benar?Jelaskan.c. Leni mengatakan bahwa keliling Ulin sekitar tiga perempat kali keliling Damar.Apakah benar? Jelaskan.2. Manusia yang pernah hidup di Indonesia dengan tinggi badan tertinggi adalahSuparwono. Dia adalah mantan atlet basket. Tinggi badan Suparwono adalah sekitar2,4 meter. Tuliskan dua pernyataan untuk membandingkan tinggi Suparwonoterhadap tinggi kelima pohon. Gunakan pecahan, perbandingan, atau persentaseuntuk membandingkannya.3. Dalam tes menguji rasa dua jenis susu kotak, 780 siswa memilih Fullcream. Hanya220 siswa yang memilih Hi-Cal. Lengkapi setiap pernyataan berikut.a. Terdapat ... siswa lebih banyak yang memilih Fullcream dari pada Hi-Cal.b. Siswa yang memilih Fullcream lebih banyak dari pada yang memilih Hi-Caldengan perbandingan ... : ....Siswa di sebuah SMP diminta untuk merekam berapa banyak waktu yang merekahabiskan mulai Jumat tengah malam hingga Minggu tengah malam. Iqbal mencatatdata dalam tabel di bawah ini. Gunakan Tabel 3.2 untuk soal 4 dan 5.Latihan !?!?3.1176 Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi Semester ITabel 3.2 Aktivitas liburan Sabtu-MingguAktivitasWaktu (jam)Tidur18Makan2,5Rekreasi8Menonton TV6Mengerjakan PR atau Soal Latihan2SMS-an2Lainnya9,54. Bagaimana cara kalian membandingkan waktu yang dihabiskan Iqbal dalam berbagai aktivitas selama liburan? Jelaskan.5. Tentukan apakah pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan tabel yang dibuat Iqbal dalam menghabiskan waktunya selama liburan.a. Iqbal menghabiskan seperenam waktunya untuk menonton TV.b. Perbandingan lama menonton TV terhadap lama mengerjakan PR atau Soal Latihan adalah 3 : 1.c. Rekreasi, SMS-an, dan menonton TV menghabiskan sekitar sepertiga dari waktu liburannya.d. Lama Iqbal mengerjakan PR atau soal latihan hanya seperlima dari lama dia menonton TV.e. Tidur, makan, dan aktivitas lainnya menghabiskan waktu 12 jam lebih banyak dari total semua aktivitasnya.6. Kelas VIID di SMP Mandala mengumpulkan data berbagai jenis film yang disukaiTabel 3.3 Jenis film yang dipilih siswa SMP MandalaJenis FilmSiswa Kelas VIISiswa Kelas VIIIAction7590Drama105150Total180240Lengkapi pernyataan berikut berdasarkan tabel di atas.Matematika 177a. Perbandingan banyak siswa kelas VII yang memilih film drama terhadap banyak siswa kelas VIII yang memilih drama adalah ... banding ....b. Pecahan yang menyatakan jumlah seluruh siwa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action adalah ...c. Perbandingan banyak siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film drama terhadap banyak siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action adalah ...d. Persentase jumlah siswa kelas VIII yang memilih film action adalah ...e. Kelas ... memiliki persentase siswa yang memilih film drama lebih besar.7. Pilihan Ganda. Manakah diantara pernyataan berikut yang benar atas pernyataan “Laki-laki lebih banyak dari pada wanita dengan perbandingan 9 terhadap 5.”a. Laki-laki empat lebih banyak dari pada wanita.b. Banyak laki-laki adalah 1,8 kali banyak wanita.c. Banyak laki-laki dibagi banyak wanita sama dengan hasil dari 5 ÷ 9.d. Lima dari sembilan orang adalah wanita.8. Tentukan nilai yang belum diketahui supaya setiap pernyataan berikut benar.a. 28... 21... 246== c. 63... 368 27...==b. 306 25... 20...== d. 3224 ...15 8...==9. Di perkemahan, Mario mampu membuat 3 anyaman dalam waktu 2 jam. Dani mampu membuat anyaman dalam waktu 3 jam.a. Siapakah yang membuat anyaman lebih cepat, Mario atau Dani?b. Berapa lama waktu yang dibutuhkan Mario untuk membuat 12 anyaman?c. Berapa lama waktu yang dibutuhkan Dani untuk membuat 12 anyaman?10. Misalkan seorang reporter melaporkan, “90% dari penonton di Stadion Diponegoro berusia antara 25 dan 55 tahun,”. Adinda mengira bahwa hal ini berarti hanya 100 orang di dalam stadion, dan 90 orang dari mereka berusia antara 22 dan 55 tahun. Apakah kalian setuju dengan Adinda? Jika tidak, apa maksud dari pernyataan reporter?
Kategori soal : matematika
Kelas : 7 SMP
Materi : perbandingan
Kata kunci : soal cerita
Pembahasan : nomor 1-10 jawaban beserta cara terlampir
14. Aduh kak rolong jawab yg benerya aku perlu plssssssAku kasih 100 poin + 50Ini kelan jutan aku dah pernah kirkm soal 1 - 20 Ini yg 21 - 35 plssss kak jawab21. Pada daftar pecahan berikut ini yang ketiganya ekuivalen ( sama ) adalah . . .A. 1/2 , 2/4 , 4/6 B. 2/5 , 4/10 , 8/50 C. 2/3 , 4/6 8/12 D.3/4 , 4/6 , 6/8 22. Perhatikan 4 bentuk pecahan berikut : 0,7, 3/4, 5/7, 65%. Pecahan tersebut jika diurutkan nilainya dari yang terkecil ke yang terbesar adalah…..A.65%, 0,7, 5/7, 3/4B.65%, 0,7, 3/4, 5/7 C.3/4, 5/7, 65%, 0,7D.3/4, 0,7, 5/7, 65%23. Pecahan 5/6 ; 2/3 dan 5/7 dalam urutan naik adalah….A. 5/7 ; 5/6 dan 2/3 B. 2/3 ; 5/7 dan 5/6C. 2/3 ; 5/6 dan 5/7 D. 5/6 ; 5/7 dan 2/3 24. Pada sekelompok siswa, 16 siswa adalah laki-laki, sedangkan 14 siswa adalah perempuan. Pecahan yang tepat untuk menyatakan banyaknya siswa laki-laki dalam kelas tersebut adalah . . .A. 14/30 C. 16/14 B. 14/16 D. 16/30 25. Ketika jalan tol dibangun, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk berkendara dari kota A ke kota B menurun dari 25 menit menjadi 20 menit. Berapa persen penurunan waktu yang dibutuhkan untuk berkendara dari kota A ke kota B ?A.4% C. 5%B.20% D. 25%26. Selisih antara bilangan terbesar dan terkecil dari bilangan berikut 5/12 , 0,625 dan 75% adalah . . .A. 1/2 C. 1/3B. 1/4 D. 1/527. Hasil dari 21/3 + 3/4 adalah . . .A. 37/12 C. 40/12B. 38/12 D. 39/1228. 73/4 + 1/6 – (- 21/3 ) = . . . . A. 57/12 C. 95/13B. 53/7 D. 10 1/429. Hasil dari 1( 1)/2 - 3/5 x 2/3 adalah….A. 1 1/10 C. 2/3C. 1/10 D. 3/230. Ibu Muryanti pergi ke pasar membeli 31/4 kg gula, 62/5 kg, gandum dan 2(1 )/2 kg telur. Berat seluruh belanjaan bu Muryanti adalah . . . A. 113/20 C. 123/20B. 133/20 D. 143/2031. Pak Udin memiliki lahan yang cukup luas. 1/5 nya digunakan untuk kandang ayam, 2/3 nya digunakan untuk kolam ikan dan sisanya 60m2 untuk lahan perkebunan katuk. Luas lahan Pak Udin seluruhnya adalah .....A. 400m2 C. 450m2B. 475m2 D. 500m232. Hasil dari 3/8 x 4/7 adalah . . . .A. 6/14 C. 5/14 B. 4/14 D. 3/1433. Sebuah tangki berisi minyak tanah yang cukup untuk mengisi 80 botol besar dan 20 botol kecil. Jika setiap botol besar berisi 11/2 liter, dan setiap botol kecil berisi 3/5 liter maka banyaknya minyak dalam tangki tersebut adalah . . . A. 123 liter C. 123,5 literB. 132,5 liter D. 132 liter34. Seutas tali yang panjangnya 25 m dipotong-potong dengan panjang masing-masing 5/4 m. Banyak potongan tali adalah . . .A. 15 potong C. 20 potongB. 25 potong D. 30 potong35. Pak Nanang menggunakan 2/3 dari penghasilannya selama sebulan untuk keperluan sehari-hari. Sedangkan 3/5 dari sisanya, ia gunakan untuk biaya perjalanan dan pemeliharaan kesehatan. Dan sisanya ia masukkan dalam tabungan. Jika gaji Pak Nanang jumlahnya Rp. 4.500.000,00 perbulan , maka uang yang ia tabungkan adalah……….A. Rp. 100.000,00 B. Rp. 250.000,00C. Rp. 400.000,00D. Rp. 600.000,00Tolong bantu sangat perlu untuk latihan ulanggan
Jawaban:
21. C
22. A
23. B
24. D
25. B
26. C
26. A
28. A
29. A
30. C
32. D
33. D
34. C
35. D
Penjelasan dengan langkah-langkah:
(semoga membantu, maaf kalau salah)
15. ✕TUTUPBERANDAAGAMABISNISMATERI SEKOLAHPENDIDIKANSOAL-SOALINFO LAINBERANDA / SOAL SD 640 Soal UTS Tema 2 Kelas 6 Revisi 2018 Semester 1 & Kunci JawabanOleh Muttaqin 1 komentarContoh soal UTS/ PTS Semester 1 kelas 6 tema 2 tentang persatuan dalam perbedaan kurikulum 2013 revisi dan kunci jawaban. Pada kali ini kami akan membagikan salah satu latihan soal UTS/PTS SD MI yang kami miliki, yaitu soal UTS Kelas 6, tepatnya tema 2.Dikarenakan kurikulum 2013 menggunakan konsep pembelajaran tematik, maka ada beberapa mata pelajaran yang kami masukkan dalam latihan soal ini, mulai dari PPKn, Matematika, IPA, IPS, Penjaskes. Sekedar informasi, bahwa Tema 2 (persatuan dalam perbedaan) pada kelas 6 terbagi menjadi 3 subtema, antara lain : subtema 1 tentang rukun dalam perbedaan, subtema 2 tentang bekerja sama mencapai tujuan, subtema 3 tentang bersatu kita teguh. Silahkan buka juga : 40 Soal Tematik Kelas 6 : Rukun dalam Perbedaan & JawabanSoal Tematik Kelas 6 Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan)Dalam contoh soal UTS kelas 6 tema 2 ini, kami membagi latihan soal menjadi 3 jenis soal. Tentu saja ini jenis soal ranah pengetahuan ya… Untuk ranah keterampilan, kami belum bisa membagikannya. Lalu, apa saja jenis soal tematik kelas 6 yang kami bagikan ini? Nah, soal ini terdiri dari soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice), soal essay/ esai, dan soal uraian.Tentu saja sudah lengkap dengan kunci jawaban/ pembahasan soal. Kunci jawaban soal sudah kami sediakan pada halaman artikel ini ya. Tepatnya di akhir artikel. Ya sengaja kami letakkan pada akhir artikel agar pembaca berkenan untuk mencoba menjawab soal ini secara mandiri.Siapa tahu ada kunci jawaban atau soal yang bermasalah. Jika anda menjumpai ada yang salah pada artikel ini, silahkan hubungi kami melalui kolom komentar ya… Masukkan saja nomor soal yang bermasalah, maka kami secepatnya akan merevisi artikel ini. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas kritik dari pembaca ya…LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan kok, pada akhir artikel. Sudah ada tombol download yang dapat anda klik, sehingga anda akan diarahkan menuju halaman download soal.Demikian pengantar kami terkait contoh soal online UTS Semester Gasal kelas 6 tematik dan kunci jawaban. Semoga artikel soal UTS Gasal ini dapat bermanfaat kepada pendidikan di Indonesia, khususnya untuk SD MI kelas 6 Semester 1. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini artikel kami.Soal Pilihan Ganda Tema 2 Kelas 6 SD MI1. Semboyan yang perwujudannya persatuan dan kesatuan adalah …a. Garuda Pancasilab. Pancasilac. Bhinneka Tunggal Ikad. Bersatu Kita Teguh2. Hewan yang memiliki punuk sebagai penyimpan lemak untuk membantu mempertahankan diri di lingkungan padang pasir adalah ...a. kudab. untac. keledaid. beruang kutub3. Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dirumuskan di rumah …a. Ahmad Subarjob. Drs. Moh. Hattac. Ir. Soekanod. Laksamana Maeda4. Berikut tanaman yang tidak digunakan sebagai pewarna alami makanan adalah …a. wortelb. daun pisangc. sawid. kunyit5. Jika 86% air bumi adalah air asin, maka air bersih yang ada di bumi adalah …a. 15%b. 13%c. 12%d. 14%Iklan (Tutup K!ik 2x) 6. Assa membeli meja senilai Rp100.000,00, ternyata meja tersebut ada yang cacat dan tidak bisa ditukar. Assa menjual kembali meja tersebut dengan harga Rp67.000,00. Persentase kerugian Assa adalah …a. 52%b. 35%c. 33%d. 43%7. Dalam sekantong plastik terdapat 80 buah kelereng. Lalu, Bayu mengambil 20 kelereng dari kantong tersebut. Presentasi kelereng yang diambil oleh Bayu yaitu …a. 25%b. 15%c. 20%d. 12%8. Nilai 1/5 sama dengan …a. 10%b. 20%c. 5%d. 15%9. Berkut yang merupakan pecahan dua desimal yaitu …a. 5,09b. 3,6c. 1,351d. 6,78010. Beraneka ragam kebudayaan menjadi satu yang utuh dan serasi, arti merupakan …a. keragamanb. persatuanc. kebangsaand. kebudayan11. Gotong royong merupakan kegiatan yang menerapkan Pancasila sila ke …a. empatb. duac. satud. tiga12. Burung pelikan mempunyai paruh yang berkantong agar dia bisa membawa makanan untuk anaknya. Hal tersebut merupakan adaptasi …a. semaunyab. morfologic. fisiologid. tingkah laku13. Berikut ini sikap yang harus dikembangkan dengan adanya perbedaan, kecuali …a. memusuhib. menghargaic. toleransid. menghormati14. Berikut ini contoh persatuan dan kesatuan di masyarakat, kecuali …a. selalu mencela dan tidak mau membantu melaksanakan tugas rumahb. meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ikac. perlindungan, jaminan, serta menjunjung tinggi hak asasi manusiad. meningkatkan semangat kekeluargaan, gotong royong, dan musyawarahlontong aku kak
Jawaban:
1. c. bhinneka tunggal ika
2. b. unta
3 d. Laksamana maeda
4 b. daun pisang
5 d. 14
6
7. a. 25
8.
9.
10.
11. d. tiga
12.
13. a. memusuhi
14. a. selalu mencela dan tdk mau membantu melaksanakan tugas rumah
maaf kalau salah
yang kosong aku g tau
semoga membantu
16. 1. Kalian dapat menjelaskan ukuran sebuah pohon dengan membandingkannyaterhadap pohon lain atau benda yang lain.Tabel 3.1 Pohon-pohon bernilai ekonomis di IndonesiaNama Pohon dan Asal TingkatKepunahanTinggi(meter)Diameter(cm)Damar (Maluku) Rentan 65 150Ulin/Kayu Besi (Kalimantan) Rentan 50 120Kayu Hitam Sulawesi (Sulawesi) Rentan 40 100Gaharu (Kalimantan) Rentan 40 60Ramin (Kalimantan) Rentan 40 20Sumber: www.id.wikipedia.orgGunakan tabel di atas untuk menjawab pertanyaan berikut.a. Anton mengatakan bahwa perbandingan diameter Ramin terhadap diameterUlin adalah 1 : 6. Apakah pernyataan Anton benar? Jelaskan.b. Ria mengatakan bahwa selisih tinggi Damar dan Gaharu adalah 25. Apakah benar?Jelaskan.c. Leni mengatakan bahwa keliling Ulin sekitar tiga perempat kali keliling Damar.Apakah benar? Jelaskan.2. Manusia yang pernah hidup di Indonesia dengan tinggi badan tertinggi adalahSuparwono. Dia adalah mantan atlet basket. Tinggi badan Suparwono adalah sekitar2,4 meter. Tuliskan dua pernyataan untuk membandingkan tinggi Suparwonoterhadap tinggi kelima pohon. Gunakan pecahan, perbandingan, atau persentaseuntuk membandingkannya.3. Dalam tes menguji rasa dua jenis susu kotak, 780 siswa memilih Fullcream. Hanya220 siswa yang memilih Hi-Cal. Lengkapi setiap pernyataan berikut.a. Terdapat ... siswa lebih banyak yang memilih Fullcream dari pada Hi-Cal.b. Siswa yang memilih Fullcream lebih banyak dari pada yang memilih Hi-Caldengan perbandingan ... : ....Siswa di sebuah SMP diminta untuk merekam berapa banyak waktu yang merekahabiskan mulai Jumat tengah malam hingga Minggu tengah malam. Iqbal mencatatdata dalam tabel di bawah ini. Gunakan Tabel 3.2 untuk soal 4 dan 5.Latihan !?!?3.1176 Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi Semester ITabel 3.2 Aktivitas liburan Sabtu-MingguAktivitasWaktu (jam)Tidur18Makan2,5Rekreasi8Menonton TV6Mengerjakan PR atau Soal Latihan2SMS-an2Lainnya9,54. Bagaimana cara kalian membandingkan waktu yang dihabiskan Iqbal dalam berbagai aktivitas selama liburan? Jelaskan.5. Tentukan apakah pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan tabel yang dibuat Iqbal dalam menghabiskan waktunya selama liburan.a. Iqbal menghabiskan seperenam waktunya untuk menonton TV.b. Perbandingan lama menonton TV terhadap lama mengerjakan PR atau Soal Latihan adalah 3 : 1.c. Rekreasi, SMS-an, dan menonton TV menghabiskan sekitar sepertiga dari waktu liburannya.d. Lama Iqbal mengerjakan PR atau soal latihan hanya seperlima dari lama dia menonton TV.e. Tidur, makan, dan aktivitas lainnya menghabiskan waktu 12 jam lebih banyak dari total semua aktivitasnya.6. Kelas VIID di SMP Mandala mengumpulkan data berbagai jenis film yang disukaiTabel 3.3 Jenis film yang dipilih siswa SMP MandalaJenis FilmSiswa Kelas VIISiswa Kelas VIIIAction7590Drama105150Total180240Lengkapi pernyataan berikut berdasarkan tabel di atas.Matematika 177a. Perbandingan banyak siswa kelas VII yang memilih film drama terhadap banyak siswa kelas VIII yang memilih drama adalah ... banding ....b. Pecahan yang menyatakan jumlah seluruh siwa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action adalah ...c. Perbandingan banyak siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film drama terhadap banyak siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action adalah ...d. Persentase jumlah siswa kelas VIII yang memilih film action adalah ...e. Kelas ... memiliki persentase siswa yang memilih film drama lebih besar.7. Pilihan Ganda. Manakah diantara pernyataan berikut yang benar atas pernyataan “Laki-laki lebih banyak dari pada wanita dengan perbandingan 9 terhadap 5.”a. Laki-laki empat lebih banyak dari pada wanita.b. Banyak laki-laki adalah 1,8 kali banyak wanita.c. Banyak laki-laki dibagi banyak wanita sama dengan hasil dari 5 ÷ 9.d. Lima dari sembilan orang adalah wanita.8. Tentukan nilai yang belum diketahui supaya setiap pernyataan berikut benar.a. 28... 21... 246== c. 63... 368 27...==b. 306 25... 20...== d. 3224 ...15 8...==9. Di perkemahan, Mario mampu membuat 3 anyaman dalam waktu 2 jam. Dani mampu membuat anyaman dalam waktu 3 jam.a. Siapakah yang membuat anyaman lebih cepat, Mario atau Dani?b. Berapa lama waktu yang dibutuhkan Mario untuk membuat 12 anyaman?c. Berapa lama waktu yang dibutuhkan Dani untuk membuat 12 anyaman?10. Misalkan seorang reporter melaporkan, “90% dari penonton di Stadion Diponegoro berusia antara 25 dan 55 tahun,”. Adinda mengira bahwa hal ini berarti hanya 100 orang di dalam stadion, dan 90 orang dari mereka berusia antara 22 dan 55 tahun. Apakah kalian setuju dengan Adinda? Jika tidak, apa maksud dari pernyataan reporter?
1.a.benar karena 20 : 120 = 1 : 6
b.benar karena 65-40=25
c.3/4×150=450/4=112,5
2.-selisih tinggi badan suparwono dan pohon Damar adl 62,6
.-perbandingan tinggi badan Suparwono dan Gaharu adl 2,4:40
=1,2:20
3 a.780-220=560
b.780:220
390:110
39:11
17. 3bدر4.-ayo berlatihkembangkanlah sikap jujur dan teliti dalam mengerjakan soal di bawah ini. tentukantiga pecahan yang senilai dengan:111.2.1233.5.4.5.57isilah titik-titik di bawah ini agar kedua bilangan berikut ini senilai!116.8. 1310.2. 101008 1000687.9.11.1025 100125 1000nyatakanlah pecahan berikut ini senilai atau tidak senilai!312. dengan14. a dengan 1046152613. dengan8.dengan 1015.dengan51010. - 1000on ni--14matematika untuk siswa sd/mi kelas iv
ayo berlatih
kembangkanlah sikap jujur dan teliti dalam mengerjakan soal di bawah ini. tentukan
tiga pecahan yang senilai dengan:
18. Bupena Jilid 4A untuk SD/MI Kelas IVAyo BerlatihPembulatan pecahan biasa dan persenKerjakan soal-soal berikut!1. Bulatkan pecahan berikut ke satuan terdekat!5495a.C.13i.e.g.68.olur v/w862b.d.f.28h.j.996Bulatkan bilangan perseberilkoterdekat!
Jawaban:
soalnya yg jelas dong ........
19. pak purwadi adalah seorang guru kelas 4 disebuah SD yang terletak didaerah pegunungan. Dalam mata pelajaran matematika tentang pecahan, pak purwadi menjelaskan cara menjumlahkan pecahan dengan memberi contoh dipapan tulis, salah satu penjelasannya adalah sebagai berikut : PAK PURWADI '' perhatikan anak-anak kalau kita menjumlahkan pecahan penyebut harus disamakan terlebih dahulu kemudian pembilangnya dijumlahkan. perhatikan contoh berikut 1/2+1/4=2/4+1/4=3/4. perhatikan lagi contoh ini :1/2+1/3=3/6+2/6=5/6.jadi yang dijumlahkan adalah pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap, mengerti anak-anak?''Anak-anak diam, mungkin mereka bingung. pak purwadi :pasti sudah jelas, kan.nah sekarang coba kerjakan soal-soal ini''pak purwadi menulis 5 soal dipapan tulis dan anak-anak mengeluarkan buku latihan secara berangsur-angsur mereka mulai mengerjakan soal, namun sebagian besar anak ribut karna tidak tahu cara bagaimana mengerjakannya. hanya beberapa anak yang tampak mengerjakan soal,yang lain itu hanya menulis soal. dan ada pula yang bertengkar dengan temannya,selama anak-anak bekerja pak purwadi duduk didepan kelas sambil membaca. setelah selesai anak-anak diminta saling bertukar hasil pekerjaannya. pak purwadi meminta seorang anak menuliskan jawabannya dipapan tulis. tetapi karna jawaban itu salah, pak purwadi lalu menuliskan semua jawaban dipapan tulis. kemudian anak-anak diminta memeriksa pekerjaan temannya, dan mencocokkan dengan jawaban dipapan tulis. alangkah kecewanya pak purwadi ketika mengetahui bahwa dari 30 anak, hanya seorang yang benar semua, sedangkan seorang lagi benar 3 soal, dan yang lainnya salah semua. identifikasi 3 kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak purwadi dalam kasus diatas...
Jawaban:
A. 7
B. 1
C. -1
D. -7
Penjelasan:
20. Pada suatu hari pak Agus sedang membelajarkan bilangan desimal pada siswa di kelasnya. Berikut adalah gambaran pembelajaran yang terjadi pada kelas Pak Agus. Guru meminta siswa untuk menuliskan sebanyak-banyaknya bilangan desimal yang mereka temukan di sekitar. Siswa juga menjelaskan penggunaan bilangan desimal dalam kehidupan sehari-hari. Siswa bereksplorasi untuk mengubah bilangan pecahan ke bilangan desimal atau sebaliknya. Pada saat bereskplorasi, siswa akan duduk secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari 2 siswa. Dalam kelompoknya siswa bereksplorasi dengan lembar kerja yang ada di buku siswa. Setiap kelompok menyampaikan kesimpulannya. Guru memberikan penguatan. Nilai tempat desimal. Setiap siswa membuat nilai tempat desimal di kertas bekas. Guru menjelaskan nilai tempatnya. Satuan Persepuluh Perseratus Perseribu Guru menyiapkan kartu 1 sampai 9 dan dibagikan kepada tiap kelompok. (siswa bisa diminta membuat sendiri dari potongan kertas bekas dan menuliskan bilangan 1 sampai 9) Siswa dalam kelompok mengambil kartu tersebut, meletakkan dinilai tempat dan menuliskan bilanganya. Hal ini dilakukan berkali-kali. Setiap siswa minimal 3 kali. Satu siswa akan menuliskan 2 bilangan desimal. Siswa pasangannya akan mengerjakan mana yang lebih besar dengan bantuan nilai empat. Misalkan : Mana yang lebih besar 0,125 atau 0, 34? Untuk mengetahui kita bisa memasukkan ke dalam nilai tempat. Satuan Persepuluh Perseratus Perseribu 0 3 4 0 1 2 5 Jadi 0,34 lebih besar dari 0,125 . Kegiatan ini dilakukan sebanyak 4 kali. Siswa mengerjakan soal-soal latihan di buku siswa.
1. Teori belajar Bruner :
Tahap enaktif : guru meminta siswa menuliskan sebanyak-banyaknya bilangan desimal yang mereka temukan disekitar. Tahap ikonik : siswa mengubah bilangan pecahan ke bilangan desimal atau sebaiknya, kemudian duduk secara berkelompok dan membuat tabel untuk mengelompokkannya.Tahap simbolik : siswa dalam kelompok mengambil kartu yang disediakan dan meletakkan dinilai tempat dan menuliskan bilangannya. Setiap siswa melakukannya berkali-kali hingga minimal 3 kali.2. Jadi mereka akan bertemu kembali untuk yang kedua kalinya di detik ke 168.
Penjelasan dengan langkah-langkah:Karena pertanyaan yang diajukan kurang lengkap, maka saya mencari soal serupa di internet dan menemukan lanjutan dari pertanyaan yang serupa.
1. Jika pembelajaran matematika dilakukan dengan teori belajar bruner, manakah yang masuk kedalam tahapan enaktif, ikonik, dan simbolik?
Tahap enaktif : guru meminta siswa menuliskan sebanyak-banyaknya bilangan desimal yang mereka temukan disekitar. Tahap ikonik : siswa mengubah bilangan pecahan ke bilangan desimal atau sebaiknya, kemudian duduk secara berkelompok dan membuat tabel untuk mengelompokkannya.Tahap simbolik : siswa dalam kelompok mengambil kartu yang disediakan dan meletakkan dinilai tempat dan menuliskan bilangannya. Setiap siswa melakukannya berkali-kali hingga minimal 3 kali.2. Diketahui :
2 siswa berlari dengan kecepatan konstansiswa pertama menyelesaikan dengan waktu 28 detiksiswa kedua menyelesaikan dengan waktu 42 detikDitanya : pada detik ke berapa mereka mulai bertemu kembali dititik start untuk kedua kalinya?
Dijawab :
siswa pertama [tex]\frac{28}{7} = 4[/tex]
siswa kedua [tex]\frac{42}{7} = 6[/tex]
→ 7 x 4 x 6 = 168
Jadi mereka akan bertemu kembali untuk yang kedua kalinya di detik ke 168.
Pelajari lebih lanjutPelajari lebih lanjut tentang teori belajar bruner brainly.co.id/tugas/7991522
#BelajarBersamaBrainly #SPJ1
0 Komentar