bahasa indonesia paket halaman 165 paket kelas 8
1. bahasa indonesia paket halaman 165 paket kelas 8
Penulisan kata yang salah adalah salah satu hal yang dapat mengurangi keefektifan suatu kalimat. Meski terlihat sepele, namun hal semacam ini dapat menghalangi para pembaca dalam memahami sepenuhnya baik isi, konteks, maupun pesan kalimat. Selain penulisan kata yang salah, kita juga harus memperhatikan kesalahan penulisan tanda baca, penyampaian informasi yang bertele-tele, dan kalimat yang terlalu panjang.
PembahasanPada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa kalimat. Kemudian, kita diminta untuk mencari kesalahan dalam kalimat tersebut dan menjelaskannya. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
TEKS RUJUKAN
1. Dari berjam-jam hingga mampu menyelesaikannya di bawah dua puluh detik, bahkan dengan mata tertutup.
PADA KALIMAT INI TERDAPAT KESALAHAN PENULISAN KATA.
PENJELASAN:
KESALAHAN TERJADI PADA PELETAKAN FRASA 'DI BAWAH DUA PULUH DETIK' YANG SEHARUSNYA DILETAKKAN PERSIS SETELAH KATA 'HINGGA'
2. Satu per satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan rubik.
PADA KALIMAT INI TERDAPAT KESALAHAN PENULISAN KATA.
PENJELASAN: PADA KALIMAT INI TIDAK TERDAPAT SUBYEK, SEHINGGA TERKESAN SEOLAH OLAH KOMPETISI LOKAL YANG MENYELESAIKAN RUBIK, BUKAN PESERTANYA.
3. Kejuaraan ini dimenangi oleh seorang pelajar Vietnam berumur 16 tahun, Minh hai, dengan catatan waktu 22,95 detik.
PADA KALIMAT INI TERDAPAT KESALAHAN PENULISAN KATA.
PENJELASAN: KATA 'DIMENANGI' MENGALAMI KESALAHAN PENULISAN, SEHARUSNYA DITULIS 'DIMENANGKAN'.
4. Sebagian lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik yang lebih modern.
PADA KALIMAT INI TERDAPAT KESALAHAN PENULISAN KATA.
PENJELASAN: KATA 'ELEKTRONIK' TIDAK PERLU LAGI DICANTUMKAN KARENA 'VIDEO GAME' SUDAH PASTI ELEKTRONIK.
5. Demam rubik pun melanda untuk ke dua kalinya.
PADA KALIMAT INI TERDAPAT KESALAHAN PENULISAN KATA.
PENJELASAN: FRASA 'KE DUA' MENGALAMI KESALAHAN PENULISAN, SEHARUSNYA DITULIS 'KEDUA'.
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang menyunting kalimat:
https://brainly.co.id/tugas/7304004
Detil jawabanKelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab; Bab 1 - Sastra
Kode kategori: 8.1.1
Kata kunci: kesalahan, penulisan, kata, menyunting kalimat, kalimat efektif, tanda baca, ejaan, kaidah kebahasaan, Bahasa Indonesia
2. jawaban tugas bahasa indonesia halaman 165 untuk kls 8
Jawaban:
pertanyaan nya apa? gambar mana?
3. Jawaban buku paket bahasa inggris kelas 7 halaman 165
Jawaban:
1. What Dayu likes and does not like about her classmates
THINGS SHE LIKES
They are close to each other.They tease each other, but they don’t get angry easilyThey play together.They study together.THINGS SHE DOES NOT LIKE
Some friends are not discipline.They do not do their work seriously.They litter, so the classroom is often messy and dirty.They write bad words on the desks.During the class, they move around and they make a lot of noise.2. What Lina likes and does not like about Pak Bacu, the janitor.
THINGS SHE LIKES
He’s a hard worker.He sweeps the yard every morning and afternoon.He washes the toilets clean.He is friendly.He knows our names.THINGS SHE DOES NOT LIKE
Sometimes he’s annoying.He often teases her.He laughs at her in front of her friends.He’s sometimes fussy too.He tells the students not to litter, again and again.He gets mad when the students do not put their rubbish in the garbage bin.3. What Udin likes and does not like about his brother.
THINGS HE LIKES
His brother is smart.He’s a good football playerHe’s generous.He’s funny.THINGS HE DOES NOT LIKE
His room is always messy.
He puts his things everywhere.Sometimes he’s smelly because he’s sweaty after he plays football and he does not take a bath.He drinks too much soft drinks.He does not like fresh water.4. What Beni likes and does not like about his hometown.
THINGS HE LIKES
It’s cool and greenThere are many new buildings.The streets and markets are clean. There are many plants on the sides of the roads.THINGS HE DOES NOT LIKE
The traffic is rather dangerous.Some people drive too fast.Many young people ride carelessly.They stop in wrong places and often block the ways.5. What Edo likes and does not like about the lake near his hometown.
THINGS HE LIKES
There’s a lake near his hometown.The lake is very large and panoramic.The forest around the lake is very green and cool.THINGS HE DOES NOT LIKE
The lake is very dirty.The foods and drinks are expensive.People litter everywhere because there are not many garbage bins there.The vendors leave their waste everywhere.Some wooden benches are broken so they cannot sit on them.Penjelasan:
Simple Present TenseSimple Present Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang berlangsung sehari-hari (Daily routines).
Kata keterangan yang sering digunakan dalam simple present tense adalah:
• Every day
• Every week
• every month
• every year
• once a week
• twice a day
• three times a month
• three times a year
• always
• often
• usually
• seldom
• rarely
• dan lain lain
Pattern yang digunakan dalam simple present tense adalah:
(+) S + V1 atau S + V1s/es
(-) S + do/ does + V1
(?) Do/ DOes + S + V1?
NB:
V1 dan Do untuk subject I, You, They, We
V1s/es dan Does untuk subject He, She, It
Pelajari Lebih Lanjutbrainly.co.id/tugas/5372051Detil JawabanKelas: SMP
Mapel: B Inggris
Kategori: Simple Present
Kata kunci: Kelas 7 halaman 165
4. hal 165 bahasa indonesia kelas 9
Jawaban:
:) knp ga sekalian di foto teksnya
5. kunci jawaban kelas 5 tema 5 halaman 165tolong jawab
Assalamualaikum wr wb aku akan coba jawab ya kak semoga benar.
Jawaban:
1.manfaat ekosistem buatan yang ada di lingkungan.
Adapun beberapa manfaat atau fungsi lingkungan buatan antara lain adalah sebagai berikut:
Memenuhi kebutuhan masyarakat. ...Sebagai tempat rekreasi. ...Menyimpan cadangan air. ...Sarana edukasi. ...Sarana penelitian dan pengembangan. ...
2.ekosistem buatan yang ada di lingkungan.
ekosistem air tawar. Kadar garam dalam ekosistem ini lebih rendah dibandingkan dengan ekosistem air lainnya. ...Ekosistem laut. ...Ekosistem estuari. ...Ekosistem pantai. ...Ekosistem terumbu karang. ...Hutan hujan tropis. ...Sabana. ...Gurun.
3.cara tidak benar dalam memelihara ekosistem buatan yang tidak benar.
~ Menebang pohon secara liar
~ Tidak melakukan reboisasi
~ Membuang sampah secara sembarangan
~ Menangkap ikan dengan bom dan pukat harimau
4.cara benar merawat ekosistem buatan
Melestarikan dan merawatnya.
5.akibat yang timbul karena kesalahan memelihara ekosistem buatan yang tidak benar.
1.binatang akan menjadi punah.
2.binatang tidak bisa berkembang biak
3.binatang/tumbuhan tidak dapat beradaptasi.
4.hancurnya alam
(2).
1.binatang akan bisa berkembang biak
2.binatang akan dapat beradaptasi
3.alam akan menjadi subur
4.binatang/tumbuhan akan saling memenuhi.
6.manfaat memelihara ekosistem buatan dengan benar.
Tidak merusak terumbu karang.Tidak membuang limbah dan sampah ke sungai.Tidak memburu ikan menggunakan peledak atau pukat harimau.Tidak menebang pohon sembarangan dan melakukan reboisasi.Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor untuk mengurangi polutan.
7.usaha memelihara ekosistem buatan
simak caranya.
Membuang sampah pada tempatnya. ...Hindari Tebang Liar. ...Membersihkan Lingkungan setiap hari. ...Tidak Merusak Tanaman sekitar. ...Tidak membuang bahan kimia di aliran sungai. ...Menanam kembali hutan yang gundul. ...Melakukan Tebang Pilih. ...Mencari Ikan dengan cara tradisional.
6. kunci jawaban soal matematika buku paket jelajah matematika kelas 5 halaman 165
Jawaban:
mana soalnya?
Penjelasan:
kasi soal nya ya
Jawaban:
Mana soalnya ?? kira kira gimana jawabnya ?? cuma minta kunci jawaban , jadi klo ga punya bukunya ga bisa jawab :v
Penjelasan:
Mana soalnya ?! gmn jawabnya ?!
7. please bantu gimana caaranya yang buku bahasa indonesia halaman 162-165 di buku kurikulum 2013 kelas 7 please, yang tau bantu please
gambarnya mana ?
pertanyaannya apa?kamu disuruh melengkapi berdasarkan teks
8. Kunci jawaban buku matematika kelas 8 halaman 165 tabel 4.5 Bentuk lain persamaan garis lurus.please bantu dong sama jalannya...
Bentuk lain persamaan garis lurus pada tabel 4.5.
[tex]\begin{tabular}{|c|c|c|c|c|}\cline{1-5}No&A&B&Kemiringan (m)&Persamaan Garis Lurus\\ \cline{1-5}1&(1, 2)&(3, 2)&0&y = 2\\ 2&(-1, 3)&(-1, -1)& - &x = -1\\ 3&(1, 3)&(4, 6)&1&y = x + 2\\ 4&(2, 4)&(12, -1)&-1/2&2y = -x + 10\\ 5&(0, 3)&(4, 0)&-3/4&3x + 4y = 12\\ 6&(1, -5)&(-2, 4)&-3&y = -3x - 2\\ 7&(1, 2)&(-2, -2)&4/3&3y = 4x + 2\\ 8&(-1, 0)&(3, -8)&0&y = -2x - 2\\ 9&(2, 6)&(-1, -9)&5&y = 5x - 4 \\ 10&(-2, 5)&(-3, 1)&4&y = 4x + 13\\ 11&(2, -3)&(1, -5)&2& 2x - y - 7 = 0\\ \cline{1-5} \end{tabular}[/tex]
Bentuk lain persamaan garis lurus untuk baris ke:
[tex]\frac{y\:-\:2}{2\:-\:2}=\frac{x\:-\:1}{3\:-\:1}[/tex][tex]\frac{y\:-\:3}{-1\:-\:3}=\frac{x\:-\:(-1)}{-1\:-\:(-1)}[/tex][tex]\frac{y\:-\:3}{6\:-\:3}=\frac{x\:-\:1}{4\:-\:1}[/tex][tex]\frac{y\:-\:4}{-1\:-\:4}=\frac{x\:-\:2}{12\:-\: 2}[/tex][tex]\frac{y\:-\:0}{3\:-\:0}=\frac{x\:-\:4}{0\:-\:4}[/tex][tex]\frac{y\:-\:(-5)}{4\:-\:(-5)}=\frac{x\:-\:1}{-2\:-\:1}[/tex][tex]\frac{y\:-\:2}{-2\:-\: 2}=\frac{x\:-\:1}{-2\:-\:1}[/tex][tex]\frac{y\:-\:0}{-8\:-\:0}=\frac{x\:-\:(-1)}{3\:-\:(-1)}[/tex][tex]\frac{y\:-\:6}{-9\:-\:6}=\frac{x\:-\:2}{-1\:-\:2}[/tex][tex]\frac{y\:-\:5}{1\:-\:5}=\frac{x\:-\:(-2)}{-3\:-\:(-2)}[/tex][tex]\frac{y\:-\:(-3)}{-5\:-\:(-3)}=\frac{x\:-\:2}{1\:-\:2}[/tex]Untuk lebih jelasnya dapat dilihat tabel pada lampiran.
Penjelasan dengan langkah-langkahPersamaan garis yang melalui titik (x₁, y₁) dan bergradien m adalah:
y – y₁ = m(x – x₁)Persamaan garis yang melalui dua titik (x₁, y₁) dan (x₂, y₂) serta gradien m adalah:
[tex]\frac{y\:-\:y_{1}}{y_{2}\:-\:y_{1}}=\frac{x\:-\:x_{1}}{x_{2}\:-\:x_{1}}[/tex][tex]m=\frac{y_{2}\:-\: y_{1}}{x_{2}\:-\:x_{1}}[/tex]Diketahui
Tabel 4.5 tentang bentuk lain persamaan garis lurus yang melalui titik A dan B.
Ditanyakan
Lengkapi tabel yang disajikan!
Jawab
Baris 1
Bentuk lain persamaan garis lurusnya adalah:
[tex]\frac{y\:- \:y_{A}}{y_{B}\:-\:y_{A}}=\frac{x\:-\:x_{A}}{x_{B}\:-\:x_{A}}[/tex]
[tex]\frac{y \: - \: 2}{2 \: - \: 2} = \frac{x \: - \: 1}{3 \: - \: 1}[/tex]
Baris 2
Bentuk lain persamaan garis lurusnya adalah:
[tex]\frac{y\:- \:y_{A}}{y_{B}\:-\:y_{A}}=\frac{x\:-\:x_{A}}{x_{B}\:-\:x_{A}}[/tex]
[tex]\frac{y \: - \: 3}{-1 \: - \: 3} = \frac{x \: - \: (-1)}{-1 \: - \: (-1)}[/tex]
Baris 3
Isiannya sudah lengkap.Baris 4
Isiannya sudah lengkap.Baris 5
Isiannya sudah lengkap.Baris 6
Kemiringan (m) dari garis ini adalah:
[tex]m = \frac{y_{B} \:-\: y_{A}}{x_{B} \:-\: x_{A}}[/tex]
[tex]m = \frac{4 \:-\: (-5)}{-2 \:-\: 1}[/tex]
[tex]m = \frac{9}{-3}[/tex]
[tex]m = -3[/tex]
Bentuk lain persamaan garis lurusnya adalah:
[tex]\frac{y\:-\:y_{A}}{y_{B}\:-\:y_{A}}=\frac{x\:-\:x_{A}}{x_{B}\:-\:x_{A}}[/tex]
[tex]\frac{y\:-\:(-5)}{4\:-\:(-5)}=\frac{x\:-\:1}{-2\:-\:1}[/tex]
Baris 7
Bentuk lain persamaan garis lurusnya adalah:
[tex]\frac{y\:-\:y_{A}}{y_{B}\:-\:y_{A}}=\frac{x\:-\:x_{A}}{x_{B}\:-\:x_{A}}[/tex]
[tex]\frac{y\:-\:2}{-2\:-\:2}=\frac{x\:-\:1}{-2\:-\:1}[/tex]
Baris 8
Kemiringan (m) dari garis ini adalah:
[tex]m=\frac{y_{B}\:-\:y_{A}}{x_{B}\:-\:x_{A}}[/tex]
[tex]m=\frac{-8\:-\:0}{3\:-\:(-1)}[/tex]
[tex]m=\frac{-8}{4}[/tex]
[tex]m=-2[/tex]
Baris 9
Bentuk lain persamaan garis lurusnya adalah:
[tex]\frac{y\:-\:6}{-9\:-\:6}=\frac{x\:-\:2}{-1\:-\:2}[/tex]
[tex]\frac{y\:-\:y_{A}}{y_{B}\:-\:y_{A}}=\frac{x\:-\:x_{A}}{x_{B}\:-\:x_{A}}[/tex]
Artinya:
Koordinat titik A adalah (2, 6).Koordinat titik B adalah (–1, –9).Persamaan garisnya adalah garis yang melalui (2, 6) dan m = 5 yaitu:
y – y₁ = m(x – x₁)
y – 6 = 5(x – 2)
y – 6 = 5x – 10
y = 5x – 10 + 6
y = 5x – 4
Baris 10
Kemiringan (m) dari garis ini adalah:
[tex]m=\frac{y_{B}\:-\:y_{A}}{x_{B}\:-\:x_{A}}[/tex]
[tex]m=\frac{1\:-\:5}{-3\:-\:(-2)}[/tex]
[tex]m=\frac{-4}{-1}[/tex]
[tex]m=4[/tex]
Persamaan garisnya adalah garis yang melalui titik (–2, 5) dan m = 4, yaitu:
y – y₁ = m(x – x₁)
y – 5 = 4(x – (–2))
y – 5 = 4x + 8
y = 4x + 8 + 5
y = 4x + 13
Baris 11
Untuk mencari titik B, kita misalkan x = 1, maka untuk menentukan nilai y, kita substitusikan ke persamaan garis.
2x – y – 7 = 0
2(1) – y – 7 = 0
2 – y – 7 = 0
–5 = y
Jadi koordinat titik B adalah (1, –5).
Bentuk lain persamaan garis lurusnya adalah:
[tex]\frac{y\:-\:y_{A}}{y_{B}\:-\:y_{A}}=\frac{x\:-\:x_{A}}{x_{B}\:-\:x_{A}}[/tex]
[tex]\frac{y\:-\:(-3)}{-5\:-\:(-3)}=\frac{x\:-\:2}{1\:-\:2}[/tex]
Baris 12
Kemiringan (m) dari garis ini adalah:
[tex]m=\frac{y_{2}\:-\:y_{1}}{x_{2}\:-\:x_{1}}[/tex]
Bentuk lain persamaan garis lurusnya adalah:
[tex]\frac{y\:-\:y_{1}}{y_{2}\:-\:y_{1}}=\frac{x\:-\:x_{1}}{x_{2}\:-\:x_{1}}[/tex]
Pelajari lebih lanjut Materi tentang persamaan garis yang melalui titik tertentu dan memiliki koefisien kemiringan a brainly.co.id/tugas/12835576Materi tentang persamaan garis yang sejajar dengan garis lain brainly.co.id/tugas/35683234Materi tentang persamaan garis yang tegak lurus dengan garis lain brainly.co.id/tugas/26711871Detil JawabanKelas: 8
Mapel: Matematika
Kategori: Persamaan Garis
Kode: 8.2.3
#AyoBelajar #SPJ2
9. tematik tema 3 kelas 6 halaman 165
Jawaban:
gaada apa apa nya. soal nya aku jh kelas 6
Jawaban:
mana soalnyaa
Penjelasan:
gimana mau jawab gk ada soal
10. Kak tolong di jawab yg tugas individu Besok harus dikumpulkan Please ya kak(: Halaman 165 bahasa Indonesia "tugas individu"
Jawaban:
itu pertanyaan nya apa ya
11. Bahasa inggris task2 krlas 10 halaman 165.??? Plissss tolong aku mohon
soal nya mana gk ada foto how to answer .....................................................................................................................................................................................
12. kegiatan kegiatan positif dalam mengisi kemerdekaan halaman 165 tema 7 kelas 5
Jawaban:
mengikuti lomba lomba hari raya kemerdekaan
menjadi panitia hari raya kemerdekaan Dll
Penjelasan:
SEMOGA MEMBANTU
13. tolong ini buku paket kelas 11 Yudhistira halaman 165 mau dikumpulkan
1. If he asked you to
2. If we didn't have the computers
3. Would you leave your job
4. If she wasn't beautiful, he wouldn't be
5. If people were more tolerant, there would
6. If you wouldn't speak, we couldn't
14. kunci jawaban buku bahasa indonesia revisi edisi 2017 kelas 8 semester dua hal 165 kegiatan 6.4C
Penyuntingan kalimat adalah sebuah langkah yang jamak dilakukan untuk menghadirkan kalimat dalam bentuk efektif. Dengan demikian, sebuah kalimat terlepas dari segala kesalahan baik tanda baca, ejaan, maupun kesalahan lain yang menjadikannya sulit dipahami oleh masyarakat.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa kalimat. Kemudian, kita diminta untuk mencari kesalahan pada kalimat-kalimat tersebut dan memperbaikinya. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.
KALIMAT DAN PERBAIKAN
1. Dari berjam-jam hingga mampu menyelesaikannya di bawah dua puluh detik, bahkan dengan mata tertutup.
PADA KALIMAT INI TERDAPAT KESALAHAN.
PENJELASAN:
A. TIDAK TERDAPAT SUBYEK KALIMAT
B. PELETAKAN FRASA 'MAMPU MENYELESAIKANNYA' KURANG TEPAT.
2. Satu per satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan rubik.
PADA KALIMAT INI TERDAPAT KESALAHAN.
PENJELASAN:
ANAK KALIMAT PADA KALIMAT TERSEBUT TIDAK MENGANDUNG SUBYEK, TEPATNYA SEBELUM KATA 'BERLOMBA'.
3. Kejuaraan ini dimenangi oleh seorang pelajar Vietnam berumur 16 tahun, Minh hai, dengan catatan waktu 22,95 detik.
PADA KALIMAT INI TERDAPAT KESALAHAN.
PENJELASAN:
PENGGUNAAN KATA 'DIMENANGI' KURANG TEPAT.
4. Sebagian lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik yang lebih modern.
PADA KALIMAT INI TERADAPAT KESALAHAN.
PENJELASAN:
TERJADI PENGGUNAAN KATA BERLEBIHAN YAITU ELEKTRONIK.
5. Demam rubik pun melanda untuk ke dua kalinya.
PADA KALIMAT INI TERDAPAT KESALAHAN.
PENJELASAN:
TERJADI KESALAHAN PENULISAN KATA 'KE DUA' YANG SEHARUSNYA DIGABUNG.
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang menyunting kalimat:
https://brainly.co.id/tugas/7304004
Detil jawaban
Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 1 - Sastra
Kode kategoroi: 8.1.1
Kata kunci: kalimat, kesalahan, perbaikan, penyuntingan
15. Bantu dijawab.... Bahasa indonesia halaman 165 Kegiatan 6.4 Bagian C Dan tugas individu hal 165 Terimakasih sebelumnya
Mohon maaf kalau salah
16. Jawaban bahasa inggris hal 165 kelas 8
Jawaban:
Jawaban bahasa inggris hal 165 kelas 8 yaitu
a. We use the past form of the verbs.
b. A state or an event in the past can be related to our past experiences.
Penjelasan:
I have learned many new words, too, for example taught, caught, thought, brought. They are in my real life.
Pada bahasa Inggris kelas 8 halaman 165, siswa diminta untuk menuliskan apa yang telah dipelajari dari Chapter When I was a child mengenai past verb.
We will work in groups to reflect on our learning. We will discuss what we have learned.
Pelajari lebih lanjut materi past verb pada https://brainly.co.id/tugas/18238965
#BelajarBersamaBrainly
17. tugas 3 mengerjakan soal kebahasaan halaman 165 kelas 7 kurikulum 2013tolong dibantu! :)
Kelas : VII
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kategori : Memahami Unsur Kebahasan Teks Eksplanasi
Kata kunci : Teks eksplanasi, unsur kebahasaan, teks gempa bumi, kohesi, konjungsi, kalimat tunggal, kalimat simpleks
pembahasan:
pada hal 165 buku bahasa Indonesia kelas 7 kur 2013 tentang soal kebahasaan pada tugas 2 tentang teks gempa bumi.
Gempa bumi adalah getaran atau goncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. (1) Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas. (2)
Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang dahsyat. (3) Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu hebat. (4) Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar biasa. (5) Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.(6)
Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. (7)
Gempa tektonik tejadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. (8) Teori “tektonik Plate” menjelaskan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan batuan. (9) Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti halnya salju. (10) Lapisan ini begerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya. (11) Itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. (12)
Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. (13) Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan gempa tektonik.(14)
Gempa dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. (15) Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti pada batas Plat Pasifik. (16) Tempat ini dikenal dengan Lingkaran Api karena banyaknya gunung berapi. (17)
1) Dalam teks eksplanasi “Gempa Bumi” terdapat berbagai kohesi. Di dalamnya terdapat penggunaan kohesi dengan memakai kata yang maknanya berbeda dengan makna kata yang diacunya. Temukan kohesi yang ada di dalam teks tersebut, lalu isilah tabel berikut! Tentukan juga kata yang diacu oleh kohesi tersebut! Perhatikan contoh nomor 1!
1. (kohesi) peristiwa alam itu - (kata/frasa yang diacu) gempa bumi
2. (kohesi) lapisan kerak ini - (kata/frasa yang diacu) beberapa lapisan batu (par 3 kal 3)
3. (kohesi) lapisan ini - (kata/frasa yang diacu) lapisan kerak (par 3 kal 4)
4. (kohesi) gempa vulkanik ini - (kata/ftasa yang diacu) gemap vulkanik (par 4 kal 2)
5. (kohesi ) tempat ini) - (kata/frasa yang diacu) batas Plat Pasifik (par 5 kal 1)
2) Cermati lagi teks “Gempa Bumi”! Sebutkan konjungsi intrakalimat seperti dan, karena, dan konjungsi antarkalimat seperti selain itu, oleh karena itu dan pernyataan atau kalimat yang dihubungkannya! Kemudian, tulislah apa yang kamu sebutkan tadi pada tabel berikut! Nomor 1 dan 2 yang sudah diisi dapat membantumu untuk mengerjakan tugas tersebut.
3. dan - kalimat 2, 6 dan 11 - intrakalimat
4. selain itu - kalimat 3 - antarkalimat
5. oleh karena itu - kalimat 5 - antarkalimat
6. Meskipun demikian - kalimat 16 - antarkalimat
7. sehingga - kalimat 6, 8, dan 10 - intrakalimat
3) Sekarang, coba kamu buat kalimat dengan menggunakan konjungsi karena, dengan demikian, selain itu, dan sementara itu.
1. Rita tidak masuk sekolah karena ibunya sedang sakit.
2. Besok adalah hari libur nasional. Dengan demikian murid-murid belajar di rumah.
3. Tugas seorang pelajar adalah belajar. Selain itu, menjaga nama baik sekolah dan orang tua.
4. Ayah sedang mencuci mobil. Sementara itu, kakak menyirami tanaman.
4) Teks eksplanasi yang sudah kamu pelajari itu disusun dalam kalimat simpleks yang sederhana. Kalimat-kalimat tersebut ada yang berisi pernyataan umum, deretan penjelasan, dan interpretasi.
sekarang, coba kamu cermati lagi teks eksplanasi itu. Kemudian, lengkapilah tabel berikut dengan kalimat tunggal dan tentukan juga aspek pembentuknya!
1. Peristiwa alam itu (S) sering terjadi (P) di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas. (O)
2. Selain itu, gempa bumi (S) terjadi (P) begitu cepat dengan dampak yang begitu hebat (K)
3. Sementara itu, gempa bumi vulkanik (S) terjadi (P) karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat (K)
4. Tempat ini (S) dikenal dengan (P) Lingkaran Api (O) karena banyaknya gunung berapi (K)
5. Gempa bumi (S) terjadi (P) karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang dahsyat (O)
18. Membuat soal berserta jawaban 5 buah soal di BAB 5 halaman 165. kelas: 7mapel: IPS bagi yang punya buku bahasa Indonesia kelas 7,bagi yang tidak punya gak usah Jawab,plis jawab ; )
Jawaban:
1.apa yang dimaksud dengan pantun?
Pantun adalah salah satu jenis puisi lama warisan nenek moyang kita yang kaya muatan moral,agama,dan budi pekerti.
2.tuliskan ciri" pantun?
_Tiap bait terdiri atas empat baik
_Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata
_Rima akhir setiap baris adalah a-b-a-b
_Baris pertama dan kedua merupakan sampingan
_Baris ketiga dan keempat merupakan isi.
3.Tuliskan ciri" syair?
1.setiap bait terdiri dari empat baris
2.setiap baris terdiri atas 8-14 suka kata
3.bersajak a-a-a-a
4.semua baris adalah isi
5.bahasa yang digunakan biasanya berupa kiasan
4.Kalimat majemuk bertingkat adalah?
kalimat yang terjadi beberapa kalimat tunggal yang kedudukannya tidak setara atau sederajat.
5.Tuliskan contoh kalimat perintah?
Contoh:Buanglah sampah pada tempatnya.
19. Apa nama tarian dan asal daerah yang ada di buku seni budaya kelas 7 halaman 165
Bukunya yang mana bro?
20. tolong bantu kakak" !;)bahasa indonesia kelas 8 Tugas Individu hal.165jgn ngasal!lagi perlu bgtt
Jawaban:
Teks ulasan adalah sebuah teks yang menyajikan penilaian terhadap kualitas dari sebuah karya, baik berupa karya sastra, musik, pertunjukan atau yang lainnya. Sebuah karya ulasan yang baik mampu menyajikan penilaian yang diambil dengan jujur, obyektif, berimbang, menyeluruh, mendetil, serta mencakup baik kekurangan maupun kelebihan karya yang diulas.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk mencari satu teks ulasan dari sumber manapun. Kemudian, kita diminta untuk menganalisis teks tersebut baik dari segi struktur maupun kaidah kebahasaannya. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
ANALISIS
TEKS ULASAN TERSEBUT TIDAK DISERTAI DENGAN BAGIAN IDENTITAS KARYA. HAL INI MENJADIKAN TEKS TERSEBUT AGAK SULIT DIPAHAMI DARI ASPEK KARYA YANG DIULAS. PEMBACA BARU AKAN MENGETAHUI KARYA YANG DIULAS PADA BAGIAN AWAL TULISAN, ITUPUN JIKA KARYA YANG DIULAS TIDAK MEMILIKI NAMA ATAU UNSUR YANG SAMA DENGAN KARYA LAIN YANG SERUPA. OLEH KARENA ITU, SEBUAH TEKS ULASAN HARUS SELALU DISERTAI DENGAN IDENTITAS KARYA.
Teks rujukan:
“Aku, Ibu, dan Takdir” merupakan sebuah cerpen yang ditulis oleh Bahtari Anugerah. Tepatnya sejak tahun 2015, cerpen ini menggambarkan betapa kerasnya kehidupan seorang gadis bernama Bella. Di dalam cerpen ini, dikisahkan Bella terpisah sangat lama dengan Ibu kandungnya. Diceritakan pula segala penderitaan yang ia alami selama ini.
Bella merupakan seorang gadis belia yang kini sudah duduk di bangku SMA. Bella mempunyai paras yang cantik, senyumnya menawan dan termasuk anak yang pandai. Bella hidup bersama seorang nenek. Diceritakan dalam cerpen ini, Bella sejak bayi sudah dititipkan kepada nenek tua ini. Ibunya pamit untuk bekerja dan ayahnya entah pergi kemana. Berjalan dua tahun, Bella tak kunjung dijemput ibunnya hingga malam tiba, entah apa yang terjadi.
Sang nenek merawat Bella sebatang kara tetapi dengan penuh kasih sayang. Usia Bella menginjak umur empat tahun saat ditinggalkan sang Ibu, hingga saat ini usia Bella tepat lima belas tahun. Sangat disayangkan, ketika Bella mulai mengerti arti kehidupan, sang nenek sudah mulai menua. Sehingga sang nenek lupa dengan siapa sosok Ibu Bella. Hingga pada suatu hari Bella berniat untuk mencaritahu keberadaan sang Ibu. Pencarian ini dimulai melalui tetangga sekitar rumah Nenek tersebut.
Dengan segala usahanya mencari sang ibu, akhirnya Bella menemukan titik terang dimana keberadaan ibunya. Tetapi, seketika perasaan Bella sangat perih karena yang ditemui oleh Bella bukanlah sosok Ibunya tetapi, jasad sang Ibu yang telah terbaring lemah. Bella menangis dan tidak menyangka jika takdirnya akan seburuk ini.
Cerpen ini berakhir dengan sangat menyedihkan. Bahasa yang digunakan sangat mudah di pahami dan alurnya juga jelas. Tetapi, dalam cerpen ini terdapat kekurangan yaitu kisah masa lalu sang Ibu yang tidak dijelaskan. Kejadian alasan kenapa sang Ibu meninggalkan Bella. Sehingga, membuat pembaca merasa kesulitan dalam memahami apa yang sebenarnya terjadi pada ibunya Bella.
Dengan kekurangan yang ada, adanya kelebihan yang dimiliki cerpen ini sangat bisa menutupi kekurangan itu. Cerpen ini sangat memotivasi kita agar pembaca selalu bisa bersyukur dengan apa yang telah dimiliki saat ini. Terutama bagi pembaca yang masih bisa melihat dan hidup bersama ibunya dalam keseharian. Selain itu, cerpen ini juga memberikan pelajaran agar kita selalu sabar dan tidak marah kepada takdir yang telah digariskan oleh Tuhan.
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks ulasan:
brainly.co.id/tugas/14215924
Detil jawaban
KelIas: IX
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 5 - Kritik
Kode kategori: 9.1.5
Kata kunci: teks ulasan, struktur, kaidah kebahasaan
Penjelasan:
0 Komentar