Edi melempar dua keping uang logam variabel acak X menyatakan banyak hasil Sisi Angka yang diperoleh hasil yang mungkin dari x adalah
1. Edi melempar dua keping uang logam variabel acak X menyatakan banyak hasil Sisi Angka yang diperoleh hasil yang mungkin dari x adalah
Jawab:
Penjelasan dengan langkah-langkah:
x={0,1,2}
0 artinya GG
1 artinya AG maupun GA
2 artinya AA
Angka yang mungkin dari x adalah 0,1, dan 2
2. Variabel acak X menyatakan banyak hasil angka pada pelemparan 4 keping mata uang logam. Nilai P(X = 3) adalah
misalkan :
X = {AAAG, AAGA, AGAA, GAAA}
P(X = 3) = 4/16
ㅤㅤㅤㅤ= ¼
3. Dewi melemparkan lima keping uang logam. Variabel acak x menyatakan banyak hasil sisi angka yang diperoleh. Hasil yang mungkin untuk x adalah
Hasil peluang yang mungkin untuk x adalah 1/32, 5/32, dan 10/32.
Penjelasan dengan Langkah-LangkahDiketahui:
Uang logam = 5 kepingVariabel x = sisi angkaDitanyakan:
Hasil peluang yang mungkin untuk x.
Jawab:
Misal n adalah jumlah kemungkinan dari pelemparan 5 koin, maka [tex] n(S) = 2^5 = 32 [/tex].
Pada pelemparan 5 koin, terdapat kemungkinan:
0 Angka = {(G, G, G, G, G)}1 Angka = {(A, G, G, G, G), (G, A, G, G, G), (G, G, A, G, G), (G, A, G, G, G), (A, G, G, G, G)}2 Angka = {(A, A, G, G, G), (A, G, A, G, G), (A, G, G, A, G), (A, G, G, G, A), (G, A, A, G, G), (G, A, G, A, G), (G, A, G, G, A), (G, G, A, A, G), (G, G, A, G, A), (G, G, G, A)}3 Angka = {(A, A, A, G, G), (A, A, G, A, G), (A, A, G, G, A), (A, G, A, A, G), (A, G, A, G, A), (A, G, G, A, A), (G, A, A, A, G), (G, A, A, G, A), (G, A, G, A, A), (G, G, A, A, A)} 4 Angka = {(A, A, A, A, G), (A, A, A, G, A), (A, A, G, A, A), (A, G, A, A, A), (G, A, A, A, A)}5 Angka = {(A, A, A, A, A})Maka diperoleh:
n(x = 0) = 1n(x = 1) = 5n(x = 2) = 10n(x = 3) = 10n(x = 4) = 5n(x = 5) = 1Karena P(x) = n(A)/n(S), sehingga:
P(x = 0) = 1/32P(x = 1) = 5/32P(x = 2) = 10/32P(x = 3) = 10/32P(x = 4) = 5/32P(x = 5) = 1/32Pelajari Lebih Lanjut,Materi tentang menentukan penyelesaian soal cerita berkaitan dengan peluang: brainly.co.id/tugas/11934210
#BelajarBersamaBrainly
4. Variabel acak X menyatakan banyak hasil sisi angka yang diperoleh dari pelemparan dua keping uang logam bersamaan. Hasil yang mungkin X adalah..A. {0,1,2,3,4}B. {0,1,2,3}C. {0,1,2}D. {0,1}E. {1,2}
hasil nya seharusnya (a,a),(a,g),(g,a)
5. empat keping uang logam dilempar sekali. banyaknya titik sampel adalah
contoh soal
tinggal ganti angkanya atau di pahami tlebih dahulu
4.
lima keping uang logam dilempar bersama sama . banyaknya titik sampel
pada kejadian munculnya dua gambar dan tiga angka adalah A. 3 B. 4
C. 6 D. 10
5 mata uang logam berati
1 = terdiri dari A,A,A,A,A dan A, A,A,A,G
2 = terdiri dari A,G,A,G,A dan G,A,G,A,G
3 = terdiri dari A,A,A,G,G, dan G,G,G,A,A
4 = terdiri dari A,A,G,A,G dan G,G,A,G,A
5= terdiri dari G, G,G,G,G dan G,G,G,G A
berarti ada 10 titik ruang dan sampelnya jawaban D
6. empat keping logam dilempar bersamaan.peluang. muncur 3 angka dan 1 gambar adalah
Jawaban:
peluang nya adalah 4
maaf kalau salah
Jawaban:
MATEMATIKA
Kelas: IX
Kategori: Peluang
Kata Kunci: Koin, Uang Logam
Ruang sampel 4 uang logam
n(S) = 2⁴
n(S) = 16
Kejadian muncul 3 gambar
(GGGA),(GGAG),(GAGG),(AGGG)
n(A) = 4
Cari peluang
P = n(A)/n(S)
P = 4/16
P = 1/4
Semoga klo kalah dan bener!
7. Tiga keping uang logam dilambunjkan bersama-sama sekali. Jika X menyatakan jumlah angka yang muncul setelah uang logam jatuh ke lantai, tunjukkan bahwa X merupakan variabel acak diskret.
Tiga keping uang logam dilambungkan bersama-sama sekali. X menyatakan jumlah angka yang muncul setelah uang logam jatuh ke lantai, pembuktian bahwa X merupakan variabel acak diskret dapat dilihat pada pembahasan di bawah.
ã…¤
ã…¤
PEMBAHASANVariabel acak diskret adalah variabel acak yang nilainya berupa bilangan bulat yang sekurang-kurangnya bernilai 0. Sebagai contoh 20 siswa, maka variabel acak diskretnya 0, 1, 2, 3, …, 19, 20. Misalkan f(x) adalah fungsi peluang suatu variabel acak X, maka:
[tex]\sf i)~f(x)\ge0[/tex]
[tex]\sf ii)~\Sigma f(x)=1[/tex]
Catatan:
Fungsi peluang f(x) dapat juga dinotasikan dengan P(X = x).
ã…¤
ã…¤
Diketahui:
Tiga keping uang logam dilambungkan bersama-sama sekali.
X menyatakan jumlah angka yang muncul setelah uang logam jatuh ke lantai.
ã…¤
Ditanyakan:
Buktikan bahwa X merupakan variabel acak diskret!
ã…¤
Jawab:
X menyatakan jumlah angka yang muncul setelah uang logam jatuh ke lantai, berarti X = 0, 1, 2, 3.
Jika X = 0, berarti tidak ada koin dengan sisi angka yang muncul.Jika X = 1, berarti ada 1 koin yang muncul dengan sisi angka.Jika X = 2, berarti ada 2 koin yang muncul dengan sisi angka.Jika X = 3, berarti semua koin yang muncul adalah sisi angka.ã…¤
Banyaknya ruang sampel untuk 3 koin adalah:
[tex]\begin{aligned}\sf n(S)&=\sf2^3\\&=\sf2 \times2 \times2\\&=\sf8\end{aligned}[/tex]
ã…¤
Carilah terlebih dahulu semua peluang yang mungkin terjadiuntuk3buahkoin.
• Peluang tidak ada koin dengan sisi angka yang muncul:
ã…¤[tex]\begin{aligned}\sf f(0)&=\sf\dfrac{{}_3C_0}{n(S)}\\&=\sf\dfrac{\dfrac{3!}{(3-0)!0!}}{8}\\&=\sf\dfrac{1}{8}\end{aligned}[/tex]
• Peluang ada 1 koin yang muncul dengan sisi angka:
ã…¤[tex]\begin{aligned}\sf f(1)&=\sf\dfrac{{}_3C_1}{n(S)}\\&=\sf\dfrac{\dfrac{3!}{(3-1)!1!}}{8}\\&=\sf\dfrac{3}{8}\end{aligned}[/tex]
• Peluang ada 2 koin yang muncul dengan sisi angka:
ã…¤[tex]\begin{aligned}\sf f(2)&=\sf\dfrac{{}_3C_2}{n(S)}\\&=\sf\dfrac{\dfrac{3!}{(3-2)!2!}}{8}\\&=\sf\dfrac{3}{8}\end{aligned}[/tex]
• Peluang tidak ada koin dengan sisi angka yang muncul:
ã…¤[tex]\begin{aligned}\sf f(3)&=\sf\dfrac{{}_3C_3}{n(S)}\\&=\sf\dfrac{\dfrac{3!}{(3-3)!3!}}{8}\\&=\sf\dfrac{1}{8}\end{aligned}[/tex]
ã…¤
Terakhir buktikan semuanya syarat yang sudah disebutkan di atas.
Syarat i:
[tex]\sf f(x)\ge0[/tex]
[tex]\sf f(0)=\dfrac{1}{8}\:\:\:\{positif\}[/tex]
[tex]\sf f(1)=\dfrac{3}{8}\:\:\:\{positif\}[/tex]
[tex]\sf f(2)=\dfrac{3}{8}\:\:\:\{positif\}[/tex]
[tex]\sf f(3)=\dfrac{1}{8}\:\:\:\{positif\}[/tex]
Ternyata semuanya bernilai positif, maka dari itu syarat 1 terpenuhi.
Syarat ii:
[tex]\begin{aligned}\sf \Sigma f(x)&=\sf1\\\sf f(0)+f(1)+f(2)+f(3)&=\sf1\\\sf\dfrac{1}{8}+\dfrac{3}{8}+\dfrac{3}{8}+\dfrac{1}{8}&=\sf1\\\sf\dfrac{1 +3 +3 +1}{8}&=\sf1\\\sf\dfrac{8}{8}&=\sf1\\\sf1&=\sf1 \: \: \: \{terpenuhi\}\end{aligned}[/tex]
ã…¤
Karena syarat i dan ii terpenuhi, maka terbukti bahwa X merupakan sebuah variabel acak deskret.
ã…¤
ã…¤
PELAJARI LEBIH LANJUTDistribusi Normal : brainly.co.id/tugas/23166258Distribusi Multinomial : brainly.co.id/tugas/22591263Fungsi Peluang : brainly.co.id/tugas/10762507ã…¤
ã…¤
DETAIL JAWABANKelas : 12
Mapel : Matematika
Materi : Statistika
Kode Kategorisasi : 12.2.3
Kata Kunci : Statistik Inferensial, Variabel Acak Diskret, Peubah Acak, Fungsi Peluang
8. Variabel acak X menyatakan banyak gambar pada pelemparan dua keping mata uang logam. Tentukan nilai dari: a. P(X = 0) b. P(X = 1) c. P(X = 2)
Variabel acak x menyatakan banyak gambar pada pelemparan dua keping mata uang logam. Tentukan nilai dari:
a. P (x = 0)
b. P (x = 1)
c. P (x = 2)
Jawaban: a. P (x = 0) = [tex]\frac{1}{4}[/tex]; b. P (x = 1) = [tex]\frac{1}{2}[/tex]; c. P (x = 2) = [tex]\frac{1}{4}[/tex].
Soal di atas melibatkan materi Peluang. Perhitungan dan penjelasan lebih detil, dapat teman-teman pelajari pada pembahasan berikut.
PEMBAHASANRuang SampelRuang sampel dari suatu percobaan adalah himpunan semua kejadian (hasil) yang mungkin terjadi. Ruang sampel dilambangkan dengan S.
Titik SampelTitik sampel adalah anggota-anggota dari ruang sampel.
Peluang KejadianPeluang kejadian A dengan ruang sampel S dinyatakan dengan rumus berikut:
[tex]P(A)=\frac{n(A)}{n(S)}[/tex]
di mana:
n(A) = banyak anggota A.
n(S) = banyak anggota ruang sampel.
Diketahui:
x menyatakan banyak gambar pada pelemparan dua keping mata uang logam.
Ditanyakan:
Tentukan nilai dari:
a. P (x = 0)
b. P (x = 1)
c. P (x = 2)
Jawab:
Pada pelemparan dua uang logam, ruang sampelnya adalah: (AA), (AG), (GA), (GG), ruang sampelnya beranggotakan 4 titik sampel.
a. P (x = 0)
x = 0, artinya tidak muncul gambar sama sekali, bayak kejadian x = 0 adalah 1, yaitu (AA).
P (x = 0) = [tex]\frac{1}{4}[/tex]
b. P (x = 1)
x = 1, artinya muncul 1 gambar, bayak kejadian x = 1 adalah 2, yaitu (GA) dan (AG).
P (x = 1) = [tex]\frac{2}{4}=\frac{1}{2}[/tex]
c. P (x = 2)
x = 2, artinya muncul 2 gambar, bayak kejadian x = 2 adalah 1, yaitu (GG).
P (x = 2) = [tex]\frac{1}{4}[/tex].
PELAJARI LEBIH LANJUT:Teman-teman dapat menemukan soal-soal yang sejenis dengan soal di atas, dengan tetap mengakses Brainly.co.id. Banyak sekali soal-soal yang ditanyakan, dan telah mendapatkan jawaban yang detail dan jelas dari kakak-kakak yang telah ahli di bidangnya masing-masing.
Beberapa contoh soal dapat dilihat pada link di bawah ini:
Peluang: brainly.co.id/tugas/4763989 Peluang: brainly.co.id/tugas/2665629 Peluang: brainly.co.id/tugas/9444353 DETAIL JAWABAN:Kelas: XI
Pelajaran: Matematika
Bab: 2- Peluang
Kode: 11.2.2
#AyoBelajar
9. variabel acak x menyatakan banyak hasil sisi gambar yang muncul pada pelemparan tiga keping uang logam. p(x=2) = ...
Penjelasan dengan langkah-langkah:diagram berikut menunjukkan jumlah sepeda motor yang telah dijual oleh PT Makmur Sentosa adalah dengan jalannya
10. empat keping uang logam dilempar secara bersamaan .banyaknya ruang sampel adalah
jawab
banyak titik sampel dari 4 keping uang
= 2^4 = 16
11. variabel acak x menyatakan banyak gambar pada pelemparan empat keping mata uang logam. Tentukan nilai: a.) P(x=1) b.) P(x=2) c.) P(x=4)
Jawab:
Variabel acak adalah variabel yang nilainya tergantung pada peristiwa yang tidak diketahui
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Variabel acak x menyatakan banyak gambar pada pelemparan empat keping mata uang logam. Tentukan nilai:
S = {AAAA, AAAG, AAGA, AGAA, GAAA, AAGG, AGAG, AGGA, GAGA, GAAG, GGAA, AGGG, GAGG, GGAG, GGGA, GGGG}
[tex]n(S) = 16[/tex]
[tex]X =[/tex] banyak hasil gambar
[tex]X = {0,1,2,3,4}[/tex]
a.) [tex]P(X=1) = f(1) = \frac{4}{16} = \frac{1}{4}[/tex]
b.) [tex]P(X=2) = f(2) = \frac{6}{16} = \frac{3}{8}[/tex]
c.) [tex]P(X=4) = f(4) = \frac{1}{16}[/tex]
Pelajari lebih lanjut tentang materi pancasila https://brainly.co.id/tugas/30448157
#BelajarBersamaBrainly
12. banyaknya ruang sampel pada pelemparan empat keping mata dadu logam adalah
Delapan
ruang sampel
13. Empat keping mata uang logam dilempar secara bersamaan. Peluang muncul keempatnya angka adalah.... *
⏺Materi : Peluang
⏺Kode Kategorisasi : 9.2.7
Jawaban:
1/16Penjelasan dengan langkah-langkah:
4 keping mata uang logam
n (S) = 2^4 = 16
muncul keempatnya angka
n (A) = {(AAAA)} = 1
peluang
p (A) = n (A) / n (S)
p (A) = 1/16
14. Dewi melambungkan lima keping uang logam. Variabel acak X menyatakan banyak hasil sisi angka yang diperoleh. Hasil yang mungkin untuk X adalah ⋯⋅ *
Jawab: {0,1,2,3,4,5}
15. 1. Variabel acak X menyatakan banyak gambar pada pelemparan 2 keping mata uang logam. Tentukan nilai dari : a. P(X=2 2) b. P(X<2
Jawaban:
Variabel acak x menyatakan banyak gambar pada pelemparan dua keping mata uang logam. Tentukan nilai dari:
a. P (x = 0)
b. P (x = 1)
c. P (x = 2)
Jawaban: a. P (x = 0) = \frac{1}{4}
4
1
; b. P (x = 1) = \frac{1}{2}
2
1
; c. P (x = 2) = \frac{1}{4}
4
1
.
Soal di atas melibatkan materi Peluang. Perhitungan dan penjelasan lebih detil, dapat teman-teman pelajari pada pembahasan berikut.
16. variabel acak X menyatakan banyak hasil gambar pada pelemparan 3 keping mata uang logam. Nilai P(X=2) adalah
2! = 1 x 2
= 2
itu bab permutasi.
17. Empat keping uang logam dilempar bersamaan. Peluang muncul paling sedikit 3 angka adalah
Penjelasan dengan langkah-langkah:
n (S) = 2⁴
= 16
Paling sedikit 3 angka = AAAG, AAGA, AGAA, GAAA, AAAA
n (A) = 5
P = n (A) / n (S)
= 5/16
18. pada percobaan pelemparan tiga keping uang logam, x menyatakan banyaknya sisi gambar yang muncul.nilai P(X=2) adalah
n(S)=8
Kajadian muncul 2 gambar {AGG,GAG,GGA}
P(X=2)=3/8
19. empat keping uang logam dilempar sekali peluang munculnya 3 angka adalah...
ruang sampel = 16
3 angka = 3
3/16
20. Banyaknya kejadian acak yang mungkin muncul pada pelemparan 6 keping uang logam adalah
Banyak kejadian acak pada pelemparan 6 keping uang logam = 2^6 = 64
0 Komentar