rangkuman materi bab 1 IPS kelas 9 semester 1
1. rangkuman materi bab 1 IPS kelas 9 semester 1
Penjelasan:
Benua merupakan massa daratan yang memiliki ciri atau karakteristik tertentu. Benua tidak hanya sekadar menyangkut aspek fisik tetapi juga aspek budaya.
2. Para ahli menyebutkan pembagian benua menjadi lima, yaitu Benua Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia
3. Setiap benua terbagi menjadi beberapa wilayah yang masing-masing memiliki karakteristik tertentu yang membedakan dengan wilayah lainnya.
4. Setiap benua mengalami dinamika penduduk, terjadi perubahan keadaan penduduk karena faktor kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk.
5. Beberapa pengaruh perubahan dan interaksi yang antarnegara terhadap berbagai aspek kelahiran, seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, dan pendidikan.
-SEMOGA MEMBANTU
2. rangkuman materi pjok bab 7 kelas 4 semester 2
Jawaban:
Berikut materi pembelajaran untuk bidang studi / materi pelajaran PJOK kelas IV semester II (genap) SD/MI selengkapnya:
PELAJARAN 7 MELATIH KEBUGARANA. Melatih Daya Tahan dan Kekuatan
B. Melatih Kelentukan
C. Melatih Kecepatan Gerak
RangkumanRefleksi
Uji Kompetesi
PELAJARAN 8 SENAM LANTAIA. Rangkaian Senam
B. Merangkak dan Merayap
RangkumanRefleksi
Uji Kompetesi
PELAJARAN 9 SENAM IRAMASenam Aktivitas Jasmani (SAJ 2008)
RangkumanRefleksi
Uji Kompetesi
PELAJARAN 10 RENANGA. Renang Gaya Bebas
B. Etika di Kolam Renang
RangkumanRefleksi
Uji Kompetesi
PELAJARAN 11 BERKEMAHA. Kegiatan Berkemah
B. Kegiatan di Perkemahan
C. Menjaga Kesehatan Tubuh di Perkemahan
RangkumanRefleksi
Uji Kompetesi
PELAJARAN 12 BUDAYA HIDUP SEHATA. Kebersihan Lingkungan
B. Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk
C. Penyakit Unggas
RangkumanRefleksi
Uji Kompetesi
Daftar Pustaka
Glosarium
3. rangkumlah materi IPS kelas 8 semester 1 tentang faktor faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial
Jawaban:
Faktor Pendorong Mobilitas Sosial
1. Faktor Struktural
Faktor struktural adalah jumlah relatif dari posisi tertentu yang bisa diisi. Ketika status sosial yang dituju oleh individu memang ada tempatnya untuk diisi, maka kondisi tersebut dapat mendorong terjadinya mobilisasi sosial. Contoh, adanya lowongan pekerjaan dapat mendorong pengangguran untuk melalukan mobilitas sosial.
2. Faktor Individu
Faktor individu merujuk pada kualitas seseorang, baik dari pendidikan, penampilan, keterampilan, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk dalam cakupan individu yakni perbedaan kemampuan, orientasi sikap terhadap mobilitas, dan keberuntungan.
3. Status Sosial
Sejak manusia lahir, ia telah berada di status sosial tertentu mengikuti orang tuanya. Apabila seorang individu tidak puas dengan status sosial yang diwariskan oleh orang tuanya, ia dapat mencari kedudukan sendiri dan melakukan mobilisasi sosial. Hal ini hanya mungkin terjadi di struktur sosial masyarakat yang terbuka.
4. Faktor Ekonomi
Keadaan ekonomi dapat menjadi pendorong terjadinya mobilitas sosial. Kenyataan hidup yang serba kekurangan dapat mendorong manusia untuk giat bekerja dan merubah status sosialnya.
5. Situasi Politik
Situasi politik dapat menyebabkan terjadinya mobilitas suatu masyarakat dalam sebuah negara. Keadaan negara yang tidak menentu berpengaruh ke situasi keamanan yang bisa mengakibatkan terjadinya mobilitas masyarakat ke daerah yang lebih aman.
6. Kependudukan (Demografi)
Faktor kependudukan bisa menyebabkan mobilisasi dalam arti geografik. Contoh, pemukiman yang semakin padat dapat mendorong sebagian warga masyarakat mencari tempat kediaman yang lain.
Selain itu, pertambahan penduduk juga bisa mengakibatkan menjamurnya pengangguran. Kondisi ini dapat mengubah status dan stratifikasi sosial dalam masyarakat. Ada yang menjadi kaya atau miskin. Ada yang mendapatkan jabatan tertentu tetapi ada juga yang kehilangan jabatan.
7. Keinginan untuk melihat daerah lain
Keinginan melihat daerah lain mendorong masyarakat untuk melakukan mobilitas geografik dari satu tempat ke tempat yang lain. Keadaan ini dapat menimbulkan terjadinya mobilitas sosial.
Misalnya, seorang turis ketika di negaranya berstatus sosial rendah, kemudian setelah pindah ke Indonesia ia menekuni beberapa usaha. Saat usahanya sukses, sang turis berhasil berubah status sosialnya menjadi kelas menengah, atau bahkan kelas atas.
Faktor Penghambat Mobilitas Sosial
Pertama, sistem lapisan sosial yang tertutup. Sistem pelapisan sosial tertutup dalam masyarakat dapat menghambat kemungkinan individu melakukan mobilitas sosial naik.
Misalnya, dalam masyarakat feodal, hanya keturunan bangsawan yang dapat mendudukin lapisan sosial kelas atas. Sementara rakyat kecil tetap menempati lapisan sosial kelas bawah.
Kedua, kemiskinan. Sebagian besar masyarakat miskin merasa kesulitan untuk menaikkan kelas sosialnya karena terbentur minimnya biaya. Kemampuan menjalankan usaha dan menyekolahkan anak ke jenjang yang lebih tinggi terbatas karena minimnya dana yang dimiliki.
Ketiga, kebudayaan masyarakat. Adakalanya masyarakat bersikap tertutup pada perubahan yang terjadi karena pengaru dari luar kebudayaannya.
Golongan masyarakat ini biasanya masih memegang teguh adat-adat dan tradisinya. Oleh karena itu, masyarakat sulit melakukan mobilitas sosial karena tidak mau menerima perubahan yang ada.
4. rangkuman ips kelas 8 bab 4
Jawaban:
kedatangan bangsa barat ke indonesia telah menyebabkan kolonialisme dan imperialisme
5. Bantuin ngerangkum dong kak Rangkuman ips bab 3 kelas 9 semester 1
Jawaban:
maksud nya apa nya
Penjelasan:
?............
6. rangkuman materi kerajinan dan pengolahan makanan semester 2 kelas 11 pkwu
Jawaban:
Kreativitas dan keterampilan peserta didik dalam menghasilkan produk kerajinan, produk rekayasa, produk budidaya maupun produk pengolahan sudah dilatih melalu Mata Pelajaran Prakarya sejak di Sekolah Menengah Pertama Kelas VII, VIII dan Kelas IX. Peserta didik telah diperkenalkan pada keragaman teknik untuk menghasilkan produk kerajinan, produk rekayasaan, produk budidaya dan produk pengolahan. Teknik yang dilatihkan dapat dimanfaatkan sesuai dengan potensi dan kearifan lokal yang khas daerah di daerah masing-masing. Peserta didik akan dengan kreatif dan terampil mengembangkan potensi khas daerah. Produk-produk tersebut berpotensi memiliki nilai ekonomi melalui wirausaha.
Pada Sekolah Menengah Atas kelas X, XI dan XII pembelajaran Prakarya disinergikan dengan kompetensi Kewirausahaan, yaitu dalam Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Kewirausahaan merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki untuk dapat berperan di masa depan.
Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan bagi peserta didik pada jenjang Pendidikan Menengah Atas Kelas XI harus mencakup aktivitas dan materi pembelajaran yang secara utuh dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menciptakan karya nyata, menciptakan peluang pasar, dan menciptakan kegiatan bernilai ekonomi dari produk dan pasar tersebut. Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah ranah karya nyata, yaitu karya kerajinan, karya teknologi, karya pengolahan, dan karya budidaya dengan contoh-contoh karya konkret berasal dari tema-tema karya populer yang sesuai untuk peserta didik Kelas XI.
7. rangkuman materi pkn bab 1 kelas 9 semester 1
Materi Pembelajaran PPKn Kelas 9 Bab 1
"Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa | Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa"
Yang pertama, yaitu masa Awal Kemerdekaan Tahun 1945-1959. Pada awal kemerdekaan ini, penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup menghadapi berbagai masalah. Ada upaya-upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dan penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila, sebagai berikut.
Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Madiun pada tanggal 18 September 1948. Pemberontakan ini dipimpin oleh Muso. Tujuan utamanya adalah mendirikan Negara Soviet Indonesia yang berideologi komunis.
Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia dipimpin oleh Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo. Pemberontakan ini ditandai dengan didirikannya Negara Islam Indonesia (NII) oleh Kartosuwiryo pada tanggal 7 Agustus 1949. Tujuan utama didirikannya NII adalah untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dengan syari’at Islam. Tetapi, gerakannya bertentangan dengan ajaran Islam sebenarnya.
Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS). Republik Maluku Selatan (RMS) merupakan sebuah gerakan separatisme dipimpin oleh Christian Robert Steven Soumokil, bertujuan untuk membentuk negara sendiri, yang didirikan tanggal 25 April 1950.
Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) atau Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta) yang dipimpin oleh Sjarifuddin Prawiranegara dan Ventje Sumual tahun 1957-1958 di Sumatra dan Sulawesi. Gerakan ini merupakan bentuk koreksi untuk pemerintahan pusat pada waktu itu yang dipimpin oleh Presiden Soekarno. Soekarno pada saat itu sudah tidak bisa lagi diberikan nasihat dalam menjalankan pemerintahan sehingga terjadi ketimpangan sosial.
APRA (Angkatan Perang Ratu Adil). Angkatan Perang Ratu Adil merupakan milisi yang didirikan oleh Kapten KNIL Raymond Westerling pada tanggal 15 Januari 1949. Westerling memandang dirinya sebagai sang “Ratu Adil” yang diramalkan akan membebaskan Indonesia dari tirani. Gerakan APRA bertujuan untuk mempertahankan bentuk negara federal di Indonesia, serta memiliki tentara sendiri bagi negara-negara RIS. APRA melakukan pemberontakan pada tanggal 23 Januari 1950, dengan melakukan serangan dan menduduki kota Bandung, serta menguasai mar- kas Staf Divisi Siliwangi.
Perubahan bentuk negara dari Republik Indonesia Serikat menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedangkan konstitusi yang berlaku adalah Undang-Undang Dasar Sementara 1950. Dalam perjalanannya berhasil melaksanakan pemilu pertama di Indonesia pada tahun 1955 yang selama itu dianggap paling demokratis. Tetapi anggota Konstituante hasil pemilu tidak dapat menyusun Undang-Undang Dasar seperti yang diharapkan. Hal ini menimbulkan krisis politik, ekonomi, dan keamanan, yang menyebabkan Pemerintah mengeluarkan Dekrit Presiden 1959. Dekrit tersebut dikenal dengan Dekrit 5 Juli 1959 yang berisi: membubarkan Badan Konstituante; Undang-Undang Dasar Tahun 1945 berlaku kembali dan Undang-Undang Dasar Sementara Tahun 1950 tidak berlaku; serta segera akan dibentuk MPRS dan DPAS. Pada periode ini, dasar negara tetap Pancasila. Akan tetapi, dalam penerapannya lebih diarahkan seperti ideologi liberal yang ternyata tidak menjamin stabilitas pemerintahan.
Yang kedua, Masa Orde Lama (1959-1966).
Periode ini dikenal sebagai periode demokrasi terpimpin. Demokrasi terpimpin merupakan sebuah sistem demokrasi yang seluruh keputusan dan pemikiran dalam pemerintahan negara, berpusat pada pemimpin negara. Pemimpin negara saat itu adalah Presiden Soekarno.
Demokrasi terpimpin dicetuskan oleh Presiden Soekarno karena banyaknya gerakan separatis yang menyebabkan ketidakstabilan negara, tersendatnya pembangunan ekonomi karena sering terjadinya pergantian kabinet sehingga program pembangunan yang dirancang oleh kabinet tidak berjalan secara utuh, serta badan konstituante yang gagal menjalankan tugasnya untuk menyusun UUD. Oleh karena itu, Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden pada tanggal 5 Juli 1959.
Walaupun konstitusi negara sudah kembali pada UUD NRI Tahun 1945, namun pelaksanaannya masih terdapat penyimpangan terhadap UUD NRI Tahun 1945. Beberapa penyimpangan terhadap Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945, di antaranya sebagai berikut.
Presiden Soekarno ditetapkan sebagai Presiden seumur hidup berdasarkan TAP MPRS No. XX/1963, yang menyebabkan kekuasaan presiden semakin besar dan tidak terbatas.
Presiden mengeluarkan penetapan Presiden No. 3/1960 tanggal 5 Maret 1960 yang membubarkan DPR hasil Pemilu 1955.
Presiden membentuk MPRS yang anggota-anggotanya terdiri atas anggota DPR-GR, utusan daerah, dan utusan golongan yang semuanya diangkat serta diberhentikan oleh presiden.
Pada periode ini, terjadi Pemberontakan PKI tanggal 30 September 1965 yang dipimpin oleh D.N Aidit. Tujuan pemberontakan ini adalah menjadikan negara Indonesia sebagai negara komunis yang berkiblat ke negara Uni Soviet serta mengganti Pancasila dengan paham komunis.
8. Rangkuman semester 2 ips kelas 7 kurikulum 2013
Jawaban:
Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan
pengertian
Kebutuhan adalah suatu keinginan manusia terhadap suatu barang atau jasa dan menuntut adanya pemenuhan, apabila tidak dipenuhi akan berdampak negatif pada kelangsungan hidupnya.
Kelangkaan adalah ketidakseimbangan antara kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan.
Kelangkaan merupakan masalah ekonomi, karena menyebabkan kurangnya atau tidak terpenuhinya kebutuhan sebagian atau seluruh kebutuhan manusia.
Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memenuhi untuk mencapai kemakmuran.
Kebutuhan menurut intensitasnya/tingkatannya yaitu :
Primer (pokok) : Kebutuhan yang harus dipenuhi, jika tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup, contoh : makanan, pakaian, rumahSekunder (tambahan) : Kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi, contoh : peralatan rumah tangga, lemari, televisiTersier (barang mewah) : Kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi, kebutuhan tersier berbeda untuk setiap orang.Kebutuhan menurut Sifatnya yaitu
Jasmani : kebutuhan yang bersifat materi, contoh : makan, minum, olahragaRohani : kebutuhan untuk kepentingan jiwa manusia, contoh : agama, rekreasi, pendidikan.Kebutuhan menurut Waktu pemenuhan yaitu
Sekarang : kebutuhan yang haru segera dipenuhi saat ini dan sangat dibutuhkan, contoh : makan, minum, obat untuk orang sakitYang akan datang : kebutuhan yang dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang, contoh : seseorang menabung untuk biaya pendidikan anaknya kelakKebutuhan menurut Subjeknya yaitu :
1. Kebutuhan individu : kebutuhan yang dirasakan oleh seseorang dan pemenuhannya dilakukan secara individu, contoh : makan, minum, motor, mobil2. Kebutuhan kelompok/kolektif : kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang dan pemenuhannya dilakukan secara bersama-sama, contoh : jembatan, sekolah, pasar, lapanganMacam-macam alat pemuas kebutuhan berdasar kelangkaan atau cara memperolehnya :
Barang ekonomis : barang yang keberadaannya terbatas, contoh: sepatu, air kemasan, dll.Barang bebas : barang yang keberadaannya sangat banyak, contoh : sinar matahari dan udaraBerdasar Hubungan dengan barang lain :
1. Barang Subtitusi : barang yang dapat menggantikan barang lain dengan syarat kegunaannya sama, contoh : gula merah bisa diganti dengan gula putih2. Barang Komplementer : barang yang penggunaannya dapat melengkapi barang lain, contoh : motor tidak akan jalan jika tidak ada bensinBerdasar Tujuan penggunaannya :
1. Barang Produksi (Modal) : barang yang dapat menghasilkan barang lain, contoh : lahan, mesin, gedung2. Barang Konsumsi : barang yang dapat digunakan secara langsung atau barang hasil produksi, contoh : alat tulis, buku, meja, kursi.Berdasar Proses pembuatannya :
1. Barang mentah : barang yang harus diproduksi terlebih dahulu, contoh : padi, kayu, plastik2. Barang setengah jadi : barang yang masih dalam proses produksi, contoh : benang sebelum dibuat kain3. Barang jadi : barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan, contoh : nasi, baju, sandalPengertian
Tindakan ekonomi adalah tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran. Tindakan ekonomi manusia tersebut didorong oleh motif ekonomi.
Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang/jasa, kegiatan menambah kegunaan barang/jasa. Tujuan produksi untuk : menghasilkan barang/jasa, memperolah keuntungan, dan memenuhi kebutuhan konsumen.
Faktor – faktor produksi :
Alam : bahan baku yang disediakan oleh alam, contoh : tanah, hutan, hasil tambang, airTenaga kerja : sumber daya manusia, ada 3 macam yaitu tenaga terdidik, terlatih dan tidak punya ketrampilanModal : segala hasil produksi yang dibuat manusia dengan tujuan menghasilkan barang/jasa lainKewirausahaan : kemampuan seseorang atau beberapa orang untuk menyatukan faktor produksi untuk menghasilkan barang tertentuDistribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. Sistem distribusi : langsung, semi langsung dan tidak langsung.
Tujuan distribusi :
Menyalurkan barang dari produsen ke konsumen
Hasil produksi lebih berguna bagi masyarakat
Kebutuhan masyarakat terpenuhi
Kontinuitas produksi terjamin
Konsumsi adalah kegiatan memakai, menggunakan atau menghabiskan kegunaan barang/jasa secara berangsur – angsur atau sekaligus. Tujuan konsumsi : memenuhi kebutuhan. Jenis – jenis konsumsi : konsumsi produktif dan konsumsi akhir.
Permintaan (demand) adalah jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan tingkat harga tertentu.
Faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan : harga barang, pendapatan masyarakat, selera masyarakat, kualitas barang, harga barang lain, jumlah penduduk, dan ramalan masa depan.
Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Faktor yang mempengaruhi penawaran : biaya produksi, teknologi, harapan akan mendapatkan laba, faktor – faktor non ekonomi
Penjelasan:
semoga bermanfaat : )
9. rangkuman materi matematika kelas 8 bab 9 semester 2
Jawaban:
Diagram batang,lingakaran,garis,persamaan garis maaaf kalau salah
10. rangkuman materi pkn bab 2 kelas 9 semester 1
Rangkuman materi PPKn bab 2 berkaitan dengan “Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”. Pembukaan UUD 1945 terdiri dari empat alinea yang masing-masing mengandung makna tersendiri.
PembahasanPembukaan UUD 1945 merupakan perwujudan dari tekad bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan nasional. Adapun makna pembukaan UUD 1945 yaitu:
Sebagai sumber motivasi dan aspirasi dari perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kehidupan yang merdeka.Sebagai sumber cita-cita, tujuan, visi dan misi bangsa dalam lingkup nasional dan internasional.Mengandung nilai universal yang dijunjung tinggi oleh bangsa-bangsa di seluruh dunia.Mengandung nilai lestari yang mampu menampung dinamika masyarakat.Berikut makna setiap alinea dalam Pembukaan UUD 1945:
Alinea 1. Menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak bagi semua bangsa, dan penjajahan merupakan tindakan yang tidak berperikemanusiaan dan perikeadilan.Alinea 2. Menunjukkan adanya ketepatan dan ketajaman dalam penilaian bangsa Indonesia bahwa kemerdekaan adalah cita-cita bangsa yang harus diperjuangkan.Alinea 3. Menyatakan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini menjadi perwujudan motivasi spiritual terhadap keyakinan bangsa Indonesia pada Tuhan Yang Maha Esa.Alinea 4. Mengandung prinsip-prinsip negara Indonesia yang meliputi tujuan negara, ketentuan undang-undang, bentuk negara, serta dasar negara Pancasila. Pelajari lebih lanjutMateri tentang pembukaan UUD 1945 sebagai kaidah negara yang fundamental https://brainly.co.id/tugas/47372965Materi tentang isi Pembukaan UUD 1945 alinea 1 – 4 https://brainly.co.id/tugas/755652Materi tentang Pembukaan UUD 1945 sebagai dasar hukum demokrasi Pancasila https://brainly.co.id/tugas/45868737Detail jawabanKelas: 9
Mapel: PPKn
Bab: Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Kode: 9.9.2
#TingkatkanPrestasimu
11. rangkuman ips bab 4 kelas 8
Kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
a. Daya Tarik Indonesia bagi Bangsa Barat
Bangsa-bangsa Barat sangat membutuhkan rempah-rempah, contoh: Cengkeh, Merica, Kemiri & Pala karena persediaan di Eropa pada saat itu masih sangat terbatas. Rempah-rempah bagi bangsa-bangsa Eropa bisa berbagai macam makanan dan digunakan untuk mengawetkan makanan, bumbu masakan, dan obat-obatan.b. Motivasi 3G
Gold - KekayaanGlory - KejayaanGospel - Penyebaran Agamac. Revolusi Industri
Revolusi industri yaitu merupakan salah satu dari pendorong Imperialisme modern.Berkembangnya era revolusi industri sehingga menyebabkan bangsa-bangsa Barat memerlukan bahan baku yang lebih banyak lagi.Salah satu dari pengaruh Revolusi Industri yang sangat terasa yaitu dalam kegiatan transportasi. Penemuan dari Mesin Uap yang bisa dijadikan sebagai mesin penggerak perahu yang merupakan teknologi baru pada masa itu.Revolusi Industri yang didukung berbagai macam penemuan yang lain, contohnya kompas, mesin pemintal, dan sebagainya. Penemuan-penemuan tersebut akhirnya memicu bangsa-bangsa Barat untuk melakukan berbagai cara agar bisa melaukan penjelajahan ke wilayah lain.Kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia
a. Armada Portugis ke Maluku mencari sumber rempah-rempah yang dipimpin oleh Antonio de Abreu dan Francisco Serrao yaitu pada tahun 1512
b. Inggris-EIC terdesak oleh Belanda yang ada di Nusantara sehingga menyingkir ke wilayah India dan Asia Timur.
c. Belanda di wilayah Jayakarta.
d. Tahun 1596, armada dari Cornelis de Houtman tiba di Pelabuhan Banten yang melalui Selat Sunda kemudian muncul ekspedisi yang lainnya termasuk EIC atau Kongsi dagang Inggris ke wilayah Indonesia.
e. Untuk mencegah persaingan yang tidak sehat tersebut, maka pada tahun 1602 didirikan Vereenigde Oost Indische Compagnie atau yang disingkat VOC.
PembahasanSejarah sudah mencatat, bahwa bangsa Barat yang ikut menjelajah ke belahan bumi yang lain sejak abad ke-15 Masehi, termasuk sampai ke wilayah Nusantara atau ke wilayah Indonesia. Penjelajahan samudera tersebut oleh bangsa-bangsa Eropa ini kemudian menjadi salah satu bentuk dari penaklukan dan penjajahan atau kolonialisme bahkan juga imperialisme.
Pelajari lebih lanjutMateri penjelasan tentang kedatangan bangsa eropa ke Indonesia pada link
https://brainly.co.id/tugas/23394371
Materi penjelasan tentang kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia pada link
https://brainly.co.id/tugas/28658638
Detil JawabanKelas : 11
Mapel : IPS
Bab : Bab 1 - Bangsa Eropa di Indonesia
Kode : 11.3.1
#AyoBelajar
12. rangkuman ips kelas 8 bab 3 semester 2
Jawaban:
Penjelasan:
tes
13. rangkuman materi IPS kelas 5
Jawaban:
kayak proklamasi,sumpah pemuda,terus aktor penulis apa merumus proklamasi gitu deh sama perang kalok di kels ku
14. rangkuman materi IPS bab 1 kelas 7
Jawaban:
Materi IPS Kelas 7 Bab 1 Manusia, Tempat dan Lingkungannya
Ruang adalah tempat di permukaan bumi, secara keseluruhan ataupun yang digunakan oleh mahkluk hidup untuk tinggal. Ruang meliputi perairan, daratan dan lapisan bumi. Perairan mencakup laut, sungai, danau dan air tanah. Lapisan bumi mencakup tanah, bebatuan dan lapisan atmosfer.
Batas ruang adalah tempat dan unsur – unsur lain yang mempengaruhi kehidupan di bumi.
Ruang di permukaan bumi memiliki karakteristik yang khas yaitu berupa tanah, bebatuan, tumbuhan, dan lain – lain yang berbeda dengan tempat lainnya. Contohnya, jenis batuan di suatu tempat ditemukan di tempat lainnya tetapi dengan jenis tumbuhan yang berbeda.
Perbedaaan karakteristik ruang menyebabkan interaksi antarruang. Interaksi antarruang dapat berupa pergerakan orang (mobilitas penduduk), pergerakan barang atau energi (transportasi), perpindahan gagasan atau informasi (komunikasi).
Kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keruangan yaitu:
1). Saling melengkapi (complementary), terjadi jika ada wilayah yang berbeda komoditas yang dihasilkan. Contohnya :
2). Kesempatan antara (intervening opportunity) : lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan. Contohnya :
3). Keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability).
Peta adalah gambaran permukaan bumi dari suatu bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan skala. Peta terdiri dari 8 komponen yaitu judul peta, orientasi utara, simbol peta, garis astronomis, Insert, Legenda, Garis Koordinat, Sumber peta.
Indonesia terletak antara 9°BT – 141°BT dan 6°LU – 11°LS. Batas darat Indonesia yaitu Malaysia, Papua New Guinea dan Timor Leste. Batas lautnya yaitu India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filiphina, Palau, Papua New Guinea dan Timor Leste.
Baca Juga: Materi Prakarya Kelas 7 Kerajinan Bab 1 Kerajinan Serat
Secara geografis, Indonesia berada diantara dua benua, yaitu Benua Asia yang terletak di sebelah utara Indonesia dan Benua Australia yang terletak di sebelah selatan Indonesia. Indonesia memiliki iklim tropis, dengan ciri suhu udara yang tinggi sepanjang tahun.
Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, misalnya hasil hutan. Hasil hutan di indonesia dikenal dengan sumber kayu, ada sekitar 4000 jenis kayu hasil hutan Indonesia, contohnya kayu keruing, jati, meranti, rotan, cendana, rosmala, dan sebagainya.
Fungsi hutan : menyimpan air hujan, tempat tinggal flora dan fauna, mencegah erosi, menghasilkan oksigen dan menyerap CO2, sumber kehidupan manusia.
Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan umur, jenis kelamin, mata pencaharian, agama, bahasa pendidikan, tempat tinggal, jenis pekerjaan, dan sebagainya.
Pertumbuhan penduduk adalah keseimbangan dinamis antara kekuatan menambah dan kekuatan mengurangi jumlah penduduk.
Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat menyebabkan : persebaran penduduk tidak merata, banyaknya angka pengangguran, banyaknya penduduk kurang produktif sehingga angka ketergantungan tinggi, arus urbanisasi tinggi, menurunnya kualitas dan berkurangnya kesejahteraan penduduk.
Dinamika penduduk adalah perubahan jumlah penduduk pada suatu wilayah yang disebabkan oleh tiga faktor yaitu kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan (migrasi). Jumlah penduduk Indonesia sekiitar 256 juta jiwa dan menduduki peringkat ke 4 di dunia.
Kondisi kependudukan di Indonesia adalah tingkat pertumbuhan termasuk ketegori sedang, sebarannya tidak merata, dan kualitasnya masih rendah. Mayoritas penduduk Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki suku bangsa dan budaya yang beragam. Di indonesia terdapat 1128 suku bangsa.
Suku bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran budaya tersebut. Kesadaran budaya dikuatkan oleh kesatuan bahasa. Ciri – ciri yang membedakan suku bangsa yaitu bahasa, adat istiadat, sistem kekerabatan, kesenian daerah dan tempat asal.
Baca Juga: Rangkuman Materi Matematika Kelas 7 Bab 7 Garis dan Sudut
Keadaan alam Indonesia terdiri dari 2 bagian yaitu keadaan fisik wilayah dan keadaan flora fauna seperti gambar berikut :
SEMOGA MEMBANTU
15. tolong rangkumkan materi ipa kelas 9 semester 1 dengan lengkap dan jelas
Penjelasan:
apa perbedaan antara kelelawar dan siput alat gerak saja
16. rangkuman ips kelas 8 bab 4
Jawaban:
perubahan masyarakat indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangant kebangsaan
17. rangkuman materi IPA kelas 7 semester 2 interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan merupakan contoh gerakan yang terjadi antara manusia,hewan,dan tumbuhan disebuah lingkungan yang disebut alam.
Dengan lingkungan makhluk hidup dapat berinteraksi dengan baik menurut lingkungan yang sehat dan bersih.
SEMOGA MEMBANTU,MAAF KALO SALAH
18. Merangkum materi IPS ada yang bisa bantu?
Jawaban:
1.
a.Nilai guna bentuk (form utility) yaitu suatu barang akan memiliki nilai guna apabila telah mengalami perubahan bentuk. Contoh perubahan tersebut antara lain, kacang kedelai, akan memiliki nilai guna lebih tinggi apabila dirubah atau diolah menjadi tahu atau tempe.
b.Nilai guna tempat (place utility) berarti barang dan jasa dibuat tersedia dimana konsumen ingin membelinya.
c.Nilai guna waktu (time utility) berarti saluran distribusi memungkinkan barang dan jasa tersedia ketika konsumen ingin membelinya.
d.Nilai guna kepemilikan (possesion utility) berarti saluran distribusi memfasilitasi pemindahan kepemilikan barang ke konsumen.
2.
a.What atau apa adalah produsen harus menentukan apa yang akan dia jual.
b.How atau bagaimana adalah produsen harus berpikir bagaimana barang tersebut dapat bekerja. Apakah dengan teknik manual atau mesin.
c.Whom atau untuk siapa adalah produsen harus memperhatikan untuk usia berapa yang cocok untuk barangnya.
Semogamembantu.
19. rangkuman materi bahasa Indonesia kelas 8 semester 1
Materi Bahasa Indonesia kelas VIII terdiri dari 9 bab pelajaran, yang terdiri dari 4 bab di semester 1 dan 4 bab di semester 2. Sedangkan bab ke-9 merupakan pendalaman literasi mengenai buku fiksi dan nonfiksi. Materi yang dipelajari pada semester 1 adalah teks berita, iklan, teks eksposisi, dan puisi. Sedangkan materi yang dipelajari pada semester 2 adalah teks eksplanasi, teks ulasan, teks persuasif, dan drama.
PembahasanMateri Bahasa Indonesia kelas VIII semester 1 adalah
1. Teks Berita
Unsur-unsur berita: Adiksima.Struktur berita: Judul, kepala berita, isi berita, ekor berita.Kaidah-kaidah kebahasaanConto berita dengan unsur-unsur berita dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/30394228
2. Iklan
Pengertian dan fungsi iklan, slogan, dan posterUnsur-unsur iklan, slogan, dan poster.Unsur-unsur pembentuk iklan.Pola-pola penyajian iklan.Struktur teks iklan.Kaidah kebahasaan teks iklan.Fungsi iklan dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/11565081
3. Teks eksposisi
Unsur-unsur teks eksposisi: gagasan dan fakta.Pola pengembangan teks eskposisi.Gagasan umum dan gagasan khusus.Jenis-jenis paragraf berdasarkan gagasan umumnya.Struktur teks eksposisi.Kaidah kebahasaan teks eskposisi.Menyajikan teks eksposisi.Contoh teks eksposisi beserta kerangka karangan dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/12139674
4. Puisi
Pengertian puisi.Unsur-unsur puisi.Jenis-jenis puisi.Unsur-unsur pembangun puisi.jenis-jenis puisi dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/18963502
Pelajari lebih lanjutKegiatan 4.5 kelas VIII pada https://brainly.co.id/tugas/24910244
Struktur teks eksposisi pada https://brainly.co.id/tugas/285875
Unsur-unsur pembentuk iklan pada https://brainly.co.id/tugas/12337897
----------------------------------
Detail JawabanKelas: VIII
Mapel: Bahasa Indonesia
Bab: Materi Semester 1
Kode: 8.1.-
#AyoBelajar
20. rangkuman materi seni budaya kelas 9 semester 1 bab 3
Jawaban
RINGKASAN MATERI SENI BUDAYA KELAS 9 SEMESTER 1 (BAB 3)
BAB 3 : MENGGUBAH LAGU MODERN SECARA UNISONO
A. Lagu Modern Indonesia
Musik modern seringkali diartikan sebagai musik yang berkembang dan populer di kalangan masyarakat luar saat ini.
Alat musik modern yang sering digunakan adalah keyboard, karena memiliki efek suara dan iringan yang beragam.
1. Jenis jenis musik modern yang berkembang di Indonesia
a. Pop
Lagu lagu pop yang berkembang di Indonesia memiliki ciri yaitu penggunaan ritmik yang bebas dengan penggunaan alat musik yang sederhana. Lagu lagu pop mudah dicerna karena tema yang disajikan seputar kehidupan yang terjadi sehari hari.
b. Rock
Ciri dari musik rock adalah digunakannya alat musik yang dominan seperti gitar dan amplifier yang menghasilkan suara yang variatif dan menimbulkan suara yang keras.
c. Jazz
Musik jazz biasanya ditampilkan di tempat yang sering dikunjungi masyarakat menengah ke atas, misalnya kafe atau lounge. Dalam musik ini, lagu yang aslinya masih datar, kemudian diubah menjadi lebih ekspresif sesuai keinginan penyanyinya.
d. Dangdut
Masyarakat di daerah daerah sangat biasa mendengarkan musik dangdut sebagai salah satu kegemaran dalam mengekspresikan perasaannya. Penggunaan alat musik tambahan seperti kendang dan seruling dengan pola irama yang juga mudah dipahami.
2. Musisi, penyanyi dan hasil karya lagu modern di Indonesia
Ada beberapa musisi dan penyanyi yang rutin mengeluarkan album atau single lagu setiap tahunnya bahkan lebih cepat dari itu. Tetapi, ada juga yang jarang mengeluarkan album atau single. Para musisi atau penyanyi tersebut lebih banyak bergelut di belakang layar, misalnya sebagai produser atau pencipta lagu. Nama mereka kadangkala justru tidak lebih dikenal dibandingkan penyanyi atau musisi yang membawakan dan mempopulerkan lagu tersebut.
B. Lagu Unisono
Unisono merupakan kegiatan bernyanyi dengan menggunakan satu suara. Lagu unisono ini dapat disajikan secara kelompok.
Terdapat dua hal yang dapat dipelajari untuk dapat memberikan gambaran tentang ciri lagu unisono :
1. Melodi utama
Melodi merupakan rangkaian nada nada yang telah dipilih untuk mewakili keinginan pencipta lagunya agar sesuai dengan tema dan makna lagu tersebut. Solminasi tangga nada terdiri dari
Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do yang dalam tangga nada natural dituliskan sebagai berikut:
Solminasi tangga nada Do=C
2. Lirik
Lirik dan melodi lagu harus berkaitan dengan tema dan suasana lagu yang ingin dibuat oleh penciptanya. Lirik lagu biasanya terdiri dari satu nada untuk satu suku kata, ada juga yang satu suku kata dituliskan di beberapa not.
Contoh penulisan lirik lagu pada melodi lagu
C. Latihan Menggubah Lagu Modern secara Unisono
Dapat dilakukan dengan tahapan berikut :
1. Tema lagu (garis besar dari isi lagu)
Tema dapat disesuaikan dengan keinginan atau suasana hati kita agar lebih mudah mengembangkannya nanti ke dalam tahapan selanjutnya.
2. Menentukan birama (patokan dari irama lagu untuk tiap barnya)
Mulailah dengan birama 4/4, birama ini memiliki makna bahwa dalam setiap birama terdiri dari 4 ketuk dan 1 ketuknya not seperempat.
Dalam birama 4/4 nilai notnya sebagai berikut :
Bentuk dan nilai not pada birama 4/4
Penulisan birama dan gambaran nilai notnya :
Contoh penulisan tanda birama dan gambaran nilai not di setiap barnya
3. Membuat ritmik lagu (pondasi penempatan notasinya)
Bisa dilakukan dengan bertepuk tangan sesuai dengan irama yang diinginkan kemudian tuliskan dalam garis paranada sesuai nilai not yang digunakan.
Contoh penulisan ritmik sesuai dengan biramanya dalam 2 kalimat berbeda
4. Melodi lagu
Dapat dimulai dengan memilih nada yang diinginkan sesuai dengan tema dan suasana yang diinginkan. Dapat dibantu dengan alat musik piano, pianika atau alat musik melodis lainnya. Untuk pencipta lagu pemula cukup menggunakan nada dasar natural yaitu Do=C.
0 Komentar