kata ganti kepemilikan bahasa arab
1. kata ganti kepemilikan bahasa arab
Jawaban:
مدرسةٌ | مدرسيْ مدرستكَ مدرستكِ مدرستهُ مدرستهَا
خادمٌ | خادميْ خادمكَ خادمكِ خادمهُ خادمهَا
فصلٌ | فصليْ فصلكَ فصلكِ فصلهُ فصلهَا
seingatku gini .maaf ,kalau pakai Arab gundul soalnya capek ngetik
2. kata ganti kepemilikan dalam bahasa Arab dinamakan
Jawaban:
ينتمي إلى
Penjelasan:
maaf kalo salah
Jawaban:
Kata ganti kepemilikan = Dhomir.
3. kata ganti milik akhun, akhi....bahasa arab
Jawaban:
Akhun,akhi,akhuka,akhuki,akhuhu,akhuha
Maaf kalo salah
4. kata ganti milik bahasa Arab kls 7 mts tolong jawab
Jawaban:
Kata ganti atau dhomir untuk kepemilikan dalam bahasa Arab dituliskan dengan beberapa huruf berikut ini
ـيـناـكَـكِـكُماـكُمـكُنَّـهُـهُماـهُمـهاـهُنَّPenjelasan:
Kata ganti berfungsi untuk menggantikan kata benda yang sebelumnya telah disebutkan atau telah diketahui sehingga membuat kalimat lebih efisien dan tidak boros kata, kata ganti dalam Grammar bahasa Inggris disebut sebagai possessive pronoun, namun dalam Nahwu bahasa Arab disebut dengan dhomir, kata ganti untuk kepemilikan seperti yang telah dijelaskan pada kolom jawaban di atas dapat diaplikasikan ke dalam contoh kata seperti di bawah ini;
كِتَابي = bukukuكِتَابينا = buku kitaكِتَابكَ = bukumu (laki laki)كِتَابكِ = bukumu (perempuan)كِتَابكُما = bukumu (dua orang)كِتَابكُم = buku kalian (laki laki)كِتَابكُنَّ = buku kalian (perempuan)كِتَابهُ = bukunya (laki laki)كِتَابهُما = buku mereka (berdua)كِتَابهُم = buku mereka (laki laki)كِتَابها = bukunya (perempuan) كِتَابهُنَّ = buku mereka (perempuan)Pembahasan tentang dhomir dapat dilihat lebih jauh pada link berikut ini
https://brainly.co.id/tugas/14655941
5. 3 contoh kata ganti kepemilikan dalam bahasa Arab..yang bisa jawab q jdin yg terbaik mksh
jalasa :telah duduk (lk)menjadi jalasuu :mereka (banyak /lebih dari dua ) telah duduk.qoroa :telah membaca (lk) menjadi qoroat : telah membaca (pr)qooma :tlh berdiri (lk)menjadi qoomaa :tlh berdiri 2 laki2
Penjelasan:
kata ganti ada 2 madhi sama mudhori', ada muttashil dan munfashil, muttashil itu kayak tadi di jawaban karena menyambung.klo munfashil (contoh nya nomor 1)jadinya :huwa jalasa (telah duduk laki laki)dan hum jalasa (mereka telah duduk)
semoga bisa membantu
6. buatlah kalimat bahasa Arab dari kaidah bahasa yang sudah dipelajari!1.buatlah 3 kalimat kata ganti tunggal2.buatlah 3 kalimat kata tunjuk3.buatlah satu tabel/kolom perubahan satu kosakata kepemilikan ( mulai dari milik saya s.d milik dia 'pr')
Jawaban:
1. اَشْرَبُ بوباَ
اَذهب الي المدرسة
اَضرِب صدقي امما الفصل
2. هَذِهِ تِلْمِيْذَةٌ
تِلْكَ تِلْمِيْذَةٌ
ذَلِكَ بَيْتٌ
3.
Buku-nya (L) كِتَابُهُ ه هو
Buku-nya (P) كتابُهَا ها هي
Buku-mu (L) كِتَابُكَ كَ أنْتَ
Buku-mu (P) كِتَابُكِ كِ أنْتِ
Buku-ku كِتَابِيْ ـِ يْ أنَا
Buku-kami كِتَابُنَا نَا نَحْنُ
Buku mereka ber-2 (L/P) كِتَابُهُمَا هما هُمَا
Buku mereka (L) كتابُهُمْ هم هُمْ
Buku mereka (P) كِتَابُهُنَّ هنَّ هُنَّ
Buku kalian ber-2 (L/P) كِتَابُكُمَا كُمَا أنْتُمَا
Buku kalian (L) كِتَابُكُمْ كُم أنَتُمْ
Buku kalian (P) كِتَابُكُنَّ كُنَّ أنْتُنَّ
Penjelasan:
7. Penjelasan mengenai Kata Ganti : •Dia lk/pr guru•Kata milikmu/milikku________________________________________Mapel : Bahasa ArabTolong dikasih penjelasan mengenai kata ganti
Jawaban:
Kata ganti dalam bhs arab, di sebut ad dlamaa-ir, yang artinya kata ganti mufrad, sedangkan bentuk jamaknya yaitu ad dlamiir, jadi pengertian kata gantinya adalah, isim (nama), yang berfungsi untuk menggantikan atau mewakili penyebutan sesuatu dari seseorang, maupun kelompok benda ataupun orang.
Penjelasan:
hanya itu aja yg sy bisa. moga2 bermanfaat.
8. saya dalam bahasa Arab memiliki kata ganti kepemilikan Bagaimana isin ghonurnya
Jawaban:
maksudnya ISIM DHOMIR kan?
jadi gini, kata ganti dalam bahasa arab ada 2 macem.. ada yang bisa tersambung dengan kata lain dan ada yang tidak
kalo yang bisa tersambung itu dhomirnya terletak di akhir kalimat yang berati makna kata tersebut menunjukan kepemilikan misalnya; قلمي (qolamii) yang artinya bolpenku.
kalo yang tak bisa tersambung dhomir berada di awal kalimat yang berati makna tersebut menunjukan informasi diri saja misalnya: انا طالب (ana tolibun) yang arinya saya adalah murid.
semoga membantu yaa, jangan lupa jadikan jawaban yang terbaik.
9. ________________________________________A. PILIHAN GANDA!1. Argumentasi W. F. Stutterheim yang mendukunG teori Gujarat didasari oleh . . . . a. pengamatan terhadap nisan makam Islam di Indonesia dan Gujarat b. pengamatan terhadap gaya arsitektur masjid di Indonesia dengan masjid di Gujarat c. penelitian terhadap ajaran Wihdatul Wujud dari Syekh Siti Jenar dan ajaran sufi di Gujarat d. penelitian mazhab Maliki yang berkembang di Indonesia yang diduga berasal dari Gujarat e. pengamatan terhadap karakter tokoh wayang di Indonesia dengan tokoh Islam di Gujarat2. Pada abad XVII–XIX Islam berkembang pesat di Papua. Salah satu bukti pesatnya perkembangan Islam di Papua pada periode tersebut adalah . . . . a. penggunaan mazhab Syafii oleh keluarga kerajaan b. penggunaan arsitektur Persia pada bangunan masjid di seluruh Papua c. peninggalan Kerajaan Islam di Papua berupa kalung emas bertuliskan lafal Allah d. penemuan buku catatan kuno dengan tulisan Arab milik salah seorang raja di Papua e. penemuan mushaf Alquran yang ditulis tangan di atas kulit kayu di masjid Patimburak3. Metode bandongan dalam pengajaran Islam di pesantren dilakukan dengan cara . . . . a. kiai menjelaskan materi kitab di depan para santri b. kiai membaca kitab dan salah satu santri diminta mengartikan c. santri membaca kitab secara bersama-sama dan kiai membenarkan bacaan yang salah d. santri mengikuti pelajaran dengan duduk di sekeliling guru/kiai yang memberi pengajaran e. santri menghadap guru/kiai seorang demi seorang dengan membawa kitab yang akan dipelajari4. Pengaruh unsur Islam dalam karya sastra di Indonesia ditandai dengan . . . . a. pemakaian bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari b. pemakaian kaligrafi Arab pada sampul kitab primbon c. penggunaan aksara Arab pegon pada seni sastra d. penggunaan nama Islam sebagai nama tokoh dalam babad e. pengambilan karakter tokoh pahlawan Islam sebagai karakter tokoh pewayangan5. Pada istana Kesultanan Yogyakarta dapat ditemui hasil akulturasi budaya Islam dan Buddha. Hasil akulturasi tersebut ditunjukkan oleh adanya. . . . a. patung Dwarapala b. patung Nyi Roro Kidul c. patung Dewi Kuan Im d. patung Dewa Siwa e. bangunan menyerupai candi6. Pada makam-makam Islam kuno dapat ditemui hasil akulturasi budaya Islam dan Hindu. Salah satu bentuk akulturasi tersebut tampak pada bagian gapura. Gapura pintu masuk ke makam yang tidak beratap dan tidak berpintu disebut. . . . a. kori agung b. kepala kala c. dwarapala d. kalamakara e. candi bentar7. Salah satu pengaruh Islam dalam bidang seni adalah terciptanya tari Seudati di Aceh. Tari Seudati berasal dari kata syaidati yang artinya . . . . a. permainan orang-orang baik b. kesenian bagi para pemenang c. kesaksian tiada Tuhan selain Allah d. tarian wanita-wanita cantik e. permainan orang-orang besar8. Kalender Jawa yang diciptakan oleh Sultan Agung pada dasarnya merupakan gabungan antara tahun Saka (Hindu) dan Hijriah (Islam). Pada kalender ini Sultan Agung mengganti bulan Muharam menjadi . . . . a. Sura b. Ruwah c. Pasa c. Mulud e. Besar9. Perhatikan pernyataan berikut! 1) Penduduk Samudera Pasai penganut aliran Syiah. 2) Samudera Pasai merupakan pelabuhan penting. 3) Raja Samudera Pasai merupakan keturunan Raja Persia. 4) Penguasa Samudera Pasai, Sultan Malik as-Zahir penganut mazhab Syafii. Pernyataan yang merujuk pada laporan Ibnu Batutah saat berkunjung ke Samudera Pasai ditunjukkan oleh nomor . . . . a. 1) dan 2) d. 2) dan 4) b. 1) dan 3) e. 3) dan 4) c. 2) dan 3)10. Kerajaan Mataram mengalami masa kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Agung. Bukti kejayaan Mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung ditunjukkan oleh tindakannya yaitu . . . . a. menaklukkan seluruh Indonesia b. mendirikan masjid terbesar di Pulau Jawa c. menguasai seluruh wilayah Jawa, kecuali Banten d. menyingkirkan VOC dari wilayah Kerajaan Mataram e. membangun sistem irigasi di seluruh wilayah kekuasaannyaTOLONG DIBANTU ...YAHH
Jawaban:
4.c penggunaan aksara arab
0 Komentar