buatlah sebuah teks deskripsi yang menceritakan keadaan lingkungan rumahku
1. buatlah sebuah teks deskripsi yang menceritakan keadaan lingkungan rumahku
Jawaban:
Lingkungan Rumahku yang Ramah Anak
Keluargaku tinggal di pinggiran kota yang jauh dari kebisingan jalan raya. Di sekitar tempat tinggalku masih banyak terdapat lahan kosong dan beberapa petak sawah. Lahan kosong digunakan untuk lapangan sepakbola dan taman. Karena masih beberapa sawah, air selalu mengalir di selokan.
Di lingkungan tempat tinggalku hanya terdapat beberapa rumah saja. Rumah-rumah yang ada sudah tua tetapi masih terawat dengan baik. Sebagian penghuninya adalah para pensiunan dan petani yang hidup sendiri tanpa anak-anaknya. Keluargaku menempati rumah peninggalan kakek, sehingga kami pun merawat rumah tua kakek yang masih kokoh berdiri.
Setiap sore banyak anak-anak dari kampung lain yang bermain layangan di lapangan sepakbola. Aku juga ikut bermain sambil menikmati angin sore yang membawa terbang layanganku. Aku berteman dan bermain bersama mereka meski berbeda kampung. Lapangan sepakbola ini hanyalah satu-satunya tempat bermain kami karena lahan lainnya telah dipenuhi rumah
thnxyoukk
Jawaban:rumahmu itu bersih,enak untuk di pandang,dan tidak kumuh
Penjelasan:semoga membantu ya,saya hanya memberi contoh saja
2. Buatlah cerita pengalaman pribadimu tentang perbedaan yg kamu hadapi saat berada fi dalam lingkungan sekolah atau di rumah
Jawaban:
kalau di rumah senang membantu ortu
kalau di sekolah rame rame gotong royong
Penjelasan:
pokoknya the best lahh
Jawaban:
saat saya berada di sekolah,guru menyuruh kami untuk berdiskusi.ada banyak perbedaan pendapat.
maafkalaujelek
3. perhatikan gambar disamping dan tuliskan cerita sesuai gambar!buatlah kalimat mengunaka kata2 berikut!buatlah sebuah cerita tentang keadaan lingkungan di sekitar rumahmu!bantu jawab kkak soalny buat besok
Jawaban:
d v b b v g bb b hb bbbbbbsiasi
4. Jaka Gledek. Mereka sepakat untuk mengusir Jaka Gledek apa bila kenakalannya tidak dapat dikendalikan lagi. Pada suatu malam Jumat, hujan petir kembali melanda desa. Warga takut rumah mereka akan disambar petir. Petir ternyata menyambar beberapa rumah warga, termasuk rumah Pak RT yang akhirnya terbakar. Para warga mengungsi ke tempat yang aman, termasuk Pak RT. Tapi ternyata, anak Pak RT tidak sempat ikut mengungsi karena ia sedang tidur dan pintunya terkunci. Ia tidak sempat menyelamatkan diri.Jaka Gledek yang mengetahui bahwa anak Pak RT yang masih berada di rumah, segera menuju ke rumah Pak RT dan menyelamatkan anak Pak RT. Tanpa takut, ia menerobos rumah yang terbakar dan segera mendobrak kamar anak Pak RT dan menyelamatkannya. Para warga merasa lega dan berterima kasih pada Jaka Gledek terutama Pak RT. Setelah kejadian itu mereka tidak lagi menganggap Jaka Gledek sebagai anak nakal. Mereka bahu-membahu membantu Jaka Gledek dengan menyekolahkannya agar Jaka Gledek mempunyai pendidikan budi pekerti. Setelah sekolah, Jaka Gledek sadar bahwa kekuatannya seharusnya tidak digunakan untuk berbuat nakal kepada temannya. Justru ia dapat menolong banyak orang dengan kekuatan supernya itu.1. Alur teks cerita fantasi di atas menggunakan alur ….A. Pengenalan – klimaks- muncul masalahB. Pengenalan - rangkaian kejadian – klimaks - resolusiC. Mulai munculnya masalah - klimaks-resolusiD. Pengenalan– resolusi- klimaks- 2. masalahBerdasarkan teks cerita fantasi di atas, latar tempatnya adalah ….A. di lingkungan pasarB. di lingkungan sekolahC. di lingkungan desaD. di lingkungan hutan3. Tokoh utama yang ada dalam teks cerita fantasi di atas adalah ….A. PengemisB. Pak RTC. Warga DesaD. Jaka Gledek4. Pada paragraf kedua pada teks cerita fantasi di atas termasuk ….a. orientasib. resolusic. komplikasid. reorientasi
Jawaban:
1. B.
2. C.
3. D.
4. (tidak tau)
Penjelasan:
Maaf kalau salah,Semoga membantu5. SOAL 17 Bacalah teks berikut! Pelangi, setiap hari selalu meyiram tanaman yang berada sekitar rumahnya, bahkan ia selalu meyiangi rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar tanamannya, setiap sebulan sekali Pelangi juga memberi pupuk dan nutrisi yang diperlukan oleh tumbuhan. Dengan perbuatan yang dilakukan oleh Pelangi, tanaman menjadi lebih subur, sehingga udara menjadi lebih segar dan bersih. Berdasarkan cerita tersebut, kesimpulan yang tepat adalah . . . .(jawaban lebih dari satu) JAWABAN Pelangi telah mendapatkan lingkungan yang sehat dan segar Pelangi ingin memperlihatkan bahwa ia menyayangi tanaman pelangi melakukan kewibannya supaya mendapat pujian dari orang lain pelangi akan mendapatkan haknya setelah melakukan kewajibannya
Jawaban:
Pelangi telah mendapatkan lingkungan yang sehat dan segar
6. SOAL 17 Bacalah teks berikut! Pelangi, setiap hari selalu meyiram tanaman yang berada sekitar rumahnya, bahkan ia selalu meyiangi rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar tanamannya, setiap sebulan sekali Pelangi juga memberi pupuk dan nutrisi yang diperlukan oleh tumbuhan. Dengan perbuatan yang dilakukan oleh Pelangi, tanaman menjadi lebih subur, sehingga udara menjadi lebih segar dan bersih. Berdasarkan cerita tersebut, kesimpulan yang tepat adalah . . . .(jawaban lebih dari satu) JAWABAN Pelangi telah mendapatkan lingkungan yang sehat dan segar Pelangi ingin memperlihatkan bahwa ia menyayangi tanaman pelangi melakukan kewibannya supaya mendapat pujian dari orang lain pelangi akan mendapatkan haknya setelah melakukan kewajibannya
Jawaban:
pelangi telah mendapatkan lingkungan yg sehat dan segar atau pelangi akan mendapatkan haknya setelah melakukan kewajiban nya
Penjelasan:
semoga bermanfaat ya
7. Penggalan cerita fantasi berikut untuk no.8-11!Jaka Gledek Anak AjaibAlkisah, di sebuah desa di lereng lembah Gianti, pada suatu malam lahirlah seorang bayi dari rahim seorang perempuan miskin. Perempuan miskin itu hidup sendirian dan tidak ada warga yang mengetahui bahwa dia sedang hamil. Ketika bayi itu lahir, hujan lebat beserta petir sedang melanda. Tepat pada tengah malam, sang bayi lahir bersamaan dengan petir yang menyambar rumah perempuan itu dan menyebabkan rumah terbakar. perempuan itu mati terbakar dan secara ajaib, sang bayi berhasil selamat. Ia ditemukan keesokan harinya oleh seorang pengemis tua dan diasuhnya sang bayi tersebut. Bayi itu diberi nama Jaka Gledek untuk mengenang peristwa petir yang menyambar rumahnya.Jaka Gledek tumbuh sebagai bayi yang nakal dan suka mengganggu temannya. Tubuhnya besar, membuat teman-temannya takut padanya. Ia pun memiliki sebuah kelebihan, yaitu kebal terhadap api. Karena kenakalannya, warga desa tidak menyukainya. Pak RT termasuk warga yang sangat membenci Jaka Gledek karena anaknya sering menjadi korban kenakalan Jaka Gledek. Pak RT bersama para warga mengadakan rapat untuk membahas Jaka Gledek. Mereka sepakat untuk mengusir Jaka Gledek apa bila kenakalannya tidak dapat dikendalikan lagi. Pada suatu malam Jumat, hujan petir kembali melanda desa. Warga takut rumah mereka akan disambar petir. Petir ternyata menyambar beberapa rumah warga, termasuk rumah Pak RT yang akhirnya terbakar. Para warga mengungsi ke tempat yang aman, termasuk Pak RT. Tapi ternyata, anak Pak RT tidak sempat ikut mengungsi karena ia sedang tidur dan pintunya terkunci. Ia tidak sempat menyelamatkan diri.Jaka Gledek yang mengetahui bahwa anak Pak RT yang masih berada di rumah, segera menuju ke rumah Pak RT dan menyelamatkan anak Pak RT. Tanpa takut, ia menerobos rumah yang terbakar dan segera mendobrak kamar anak Pak RT dan menyelamatkannya. Para warga merasa lega dan berterima kasih pada Jaka Gledek terutama Pak RT. Setelah kejadian itu mereka tidak lagi menganggap Jaka Gledek sebagai anak nakal. Mereka bahu-membahu membantu Jaka Gledek dengan menyekolahkannya agar Jaka Gledek mempunyai pendidikan budi pekerti. Setelah sekolah, Jaka Gledek sadar bahwa kekuatannya seharusnya tidak digunakan untuk berbuat nakal kepada temannya. Justru ia dapat menolong banyak orang dengan kekuatan supernya itu.Alur teks cerita fantasi di atas menggunakan alur ….(10 Poin)a. Pengenalan – klimaks- muncul masalahb. Pengenalan - rangkaian kejadian – klimaks - resolusic. Mulai munculnya masalah - klimaks-resolusid. Pengenalan– resolusi- klimaks- masalah9.Berdasarkan teks cerita fantasi di atas, latar tempatnya adalah ….(10 Poin)a. di lingkungan pasarb. di lingkungan sekolahc. di lingkungan desad. di lingkungan hutan10.Tokoh utama yang ada dalam teks cerita fantasi di atas adalah ….(10 Poin)a. Pengemisb. Pak RTc. Warga Desad. Jaka Gledek11.Pada paragraf kedua pada teks cerita fantasi di atas termasuk ….(10 Poin)a. orientasib. resolusic. komplikasid. reorientasi
Jawaban:b,d,d,c
Penjelasan:
8. tanggal berapa rumah nenek semaAnAyo BerlatihА AsKerjakan soal-soal berikut!1. Buatlah kalimat tanya berdasarkangambar di samping!2. Tuliskan manfaat sikap bersatupada kegiatan berikut!b3. Kerjakan soal-soal berikut!a. Seminggu yang lalu diadakan kerja bakti di lingkungan rumahku.Tanggal berapakah kerja bakti tersebutjika sekarang tanggal 9 November?b. Sekarang hari Rabu tanggal 14 November.Hari apa dan tanggal berapakah 2 minggu kemudian?Apakah aku bisa menulis kalimat tanya berdasarkan ceritadengan tanda tanya dan kata tanya yang tepat?nyebutkan contoh dan menceritakanan?
Jawaban:
tatatatata jadi nggak papa banyak duitnya duitnya
9. Peduli terhadap Lingkungai Peduli terhadap kelestarian lingkungan bisa dimulai lewat banyak hal, termasuk lewat hal sederhana seperti merawat taman bunga di halaman rumah. Pasalnya, taman bunga yang indah dan terawat secara psikologis akan membawa kebahagiaan, tak hanya untuk pemilik rumah tapi juga pada mereka yang melihatnya. "Taman yang indah, terawat, colorful pasti akan membuat hati kita terhibur. "Hal itu diungkapkan oleh salah satu juri International Flower Competition (IFC), Zsa Zsa Yusharyahya. Zsa Zsa menambahkan, memiliki taman bunga juga idealnya tak sekadar mengisi tanah kosong. Proses yang dilakukan hingga bunga-bunga tumbuh subur menurutnya bisa memberikan pengalaman tersendiri. Mulai dari menata, membersihkan hingga memelihara bunga-bunga yang telah tumbuh. Kalau terwujud pasti bisa menikmatinya," kata dia. Mulai menanam bunga di pekarangan juga bukanlah hal yang sulit. Bagi yang ingin memulainya, Zsa Zsa menyarankan untuk memilih bunga yang paling mudah diperoleh di daerah tempat tinggal kita dan menanamnya menjadi sebuah taman bunga mungil. "Lihat lingkungan sekitar kita. Di Indonesia kan setiap pulau, kota, wilayah punya bunga khasnya masing-masing," kata Zsa Zsa. Memahami karakter atau arti dari setiap bunga bisa menjadi nilai berikutnya yang dicari. Zsa Zsa sendiri menyukai bunga anggrek karena eksotismenya. Menumbuhkan kesadaran terhadap lingkungan menjadi gagasan awal mengapa International Flower Competition (IFC) diadakan. Kompetisi yang diadakan oleh Hanging Garden of Ball bersama salah satu media nasional tersebut juga diawali dari keprihatinan mereka terhadap tingginya angka sampah plastik di Bali. Kondisi itu dikhawatirkan semakin memprihatinkan jika penggunaan plastik tidak dibatasi dan kepedulian terhadap lingkungan tidak ditumbuhkan. Menanam bunga hingga menjadi taman yang asri adalah salah satu langkah kecil untuk ikut menumbuhkan kesadaran terhadap lingkungan. IFC meminta kepada para peserta untuk menanam bunga di halaman depan rumahnya sehingga semua orang yang melewati halaman rumah mereka akan melihat taman tersebut. "Ini bukan kompetisi yang sekadar cantik-cantikan Ini adalah gerakan agar masyarakat peduli terhadap lingkungannya. Taman itu bisa dinikmati oleh semua yang melewati depan rumahnya," katanya. TEMUKAN KALIMAT UTAMA DAN CERITA MENGGUNAKAN BAHASA MU SENDIRI
Jawaban:
kalimat utamanya :
Peduli terhadap Lingkungai Peduli terhadap kelestarian lingkungan bisa dimulai lewat banyak hal, termasuk lewat hal sederhana seperti merawat taman bunga di halaman rumah.
10. Penggalan cerita fantasi berikut untuk nomor 3,4,5 dan 6!Jaka Gledek Anak AjaibAlkisah, di sebuah desa di lereng lembah Gianti, pada suatu malam lahirlah seorang bayi dari rahim seorang perempuan miskin. Perempuan miskin itu hidup sendirian dan tidak ada warga yang mengetahui bahwa dia sedang hamil. Ketika bayi itu lahir, hujan lebat beserta petir sedang melanda. Tepat pada tengah malam, sang bayi lahir bersamaan dengan petir yang menyambar rumah perempuan itu dan menyebabkan rumah terbakar. perempuan itu mati terbakar dan secara ajaib, sang bayi berhasil selamat. Ia ditemukan keesokan harinya oleh seorang pengemis tua dan diasuhnya sang bayi tersebut. Bayi itu diberi nama Jaka Gledek untuk mengenang peristwa petir yang menyambar rumahnya.Jaka Gledek tumbuh sebagai bayi yang nakal dan suka mengganggu temannya. Tubuhnya besar, membuat teman-temannya takut padanya. Ia pun memiliki sebuah kelebihan, yaitu kebal terhadap api. Karena kenakalannya, warga desa tidak menyukainya. Pak RT termasuk warga yang sangat membenci Jaka Gledek karena anaknya sering menjadi korban kenakalan Jaka Gledek. Pak RT bersama para warga mengadakan rapat untuk membahas Jaka Gledek. Mereka sepakat untuk mengusir Jaka Gledek apa bila kenakalannya tidak dapat dikendalikan lagi. Pada suatu malam Jumat, hujan petir kembali melanda desa. Warga takut rumah mereka akan disambar petir. Petir ternyata menyambar beberapa rumah warga, termasuk rumah Pak RT yang akhirnya terbakar. Para warga mengungsi ke tempat yang aman, termasuk Pak RT. Tapi ternyata, anak Pak RT tidak sempat ikut mengungsi karena ia sedang tidur dan pintunya terkunci. Ia tidak sempat menyelamatkan diri.Jaka Gledek yang mengetahui bahwa anak Pak RT yang masih berada di rumah, segera menuju ke rumah Pak RT dan menyelamatkan anak Pak RT. Tanpa takut, ia menerobos rumah yang terbakar dan segera mendobrak kamar anak Pak RT dan menyelamatkannya. Para warga merasa lega dan berterima kasih pada Jaka Gledek terutama Pak RT. Setelah kejadian itu mereka tidak lagi menganggap Jaka Gledek sebagai anak nakal. Mereka bahu-membahu membantu Jaka Gledek dengan menyekolahkannya agar Jaka Gledek mempunyai pendidikan budi pekerti. Setelah sekolah, Jaka Gledek sadar bahwa kekuatannya seharusnya tidak digunakan untuk berbuat nakal kepada temannya. Justru ia dapat menolong banyak orang dengan kekuatan supernya itu.3. Alur teks cerita fantasi di atas menggunakan alur …. *20 poina. Pengenalan – klimaks- muncul masalahb. Pengenalan - rangkaian kejadian – klimaks - resolusic. Mulai munculnya masalah - klimaks-resolusid. Pengenalan– resolusi- klimaks- masalah4. Berdasarkan teks cerita fantasi di atas, latar tempatnya adalah …. *20 poina. di lingkungan pasarb. di lingkungan sekolahc. di lingkungan desad. di lingkungan hutan5. Tokoh utama yang ada dalam teks cerita fantasi di atas adalah …. *15 poina. Pengemisb. Pak RTc. Warga Desad. Jaka Gledek6. Pada paragraf kedua pada teks cerita fantasi di atas termasuk …. *15 poina. orientasib. resolusic. komplikasid. reorientasiPelase bentar lagi mau dikimpul
Jawaban:
Jawab aja sendiri dengan membaca teksnya terlebih dahulu
Jawaban:
3. D
4. C
5. D
6. C
Penjelasan:
seoga membatu tetapi mungkin ada yang salah
11. 1. Setiap warga negara di Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang tidakterpisahkan Tuliskan 3 contoh hak warga negara yang sesuai dengan UUD 1945!2. Perhatikan teks di bawah ini!Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua.Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri denganalam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alamsekitarnya. Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalahdengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harusmenyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuhdengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengankeadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yangbanyak.Tuliskan 2 informasi penting yang terdapat pada teks di atas !3. Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya. Termos memang seringdiguankan untuk menyimpan air panas. Apa fungsi bagian dalam termos yangdilapisi permukaan yang mengkilap ?4. Semakin meningkatnya jumlah penduduk maka akan semakin banyak pulakebutuhan yang ahrus dipenuhi. Seringkali usaha manusia untuk memenuhikebutuhan tidak memperhatikan keadaan lingkungan. Tuliskan 3 akibatpembangunan pabrik-pabrik dan gedung-gedung bertingkat!5. Menggambar dengan menggunakan keterangan yang dapat dibaca merupakansalah satu kegiatan menggambar cerita. Tuliskan 4 fungsi gambar cerita !
Jawaban:
1.
berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layakHak untuk membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sahHak untuk mengembangkan diri dan melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya dan berhakmendapat pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya demi kesejahteraan hidup manusia2. manusia dalam hidup harus menyesuaikan dalam lingkungan dimana dia tinggal.
dengan menyesuaikan hidup terhadap alam disekitarnya, maka manusia bisa dapat hidup sesuai alam disekitarnya.
3. mempertahankan suhu di dalam termos agar tetap panas
4. daya serap air berkurang sehingga sering kali terjadi banjir, kekurangan lahan untuk bertani atau berkebun mengakibatkan kekurangan pangan dalam negeri, merusak lingkungan sekitar yang merupakan habitat flora dan fauna dan mengakibatkan banyak flora dan fauna yang punah.
5. bisa lebih mengerti apa yang dijelaskan oleh penulis
agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam menyampain arti dalam penulisan
memberikan informasi yang akurat
menambah wawasan akan sesuatu hal
12. MenuAyo BerlatihKerjakan soal-soal berikut!1. Perhatikan gambar di samping!Tuliskan cerita sesuai gambar!2. Buatlah kalimat menggunakankata-kata berikut!a. kebunb. desaC. sungaid. gunung3. Buatlah sebuah cerita tentangkeadaan lingkungan di sekitarrumahmu!
Jawaban:
dimana gambarnya kalo ada gambarnya baru saya jawab
Penjelasan:
mohon maaf tolong dijelaskan dimana ya gambarnya
Jawaban:
kebun ini luas sekali
desa ini sangat indah
sungai ini airnya sangat jernih
gunungnya sangat sejuk
rumahku sangatlah sejuk dan indah
karena rumahku tidak ada sampah
aku sangat menjaga rumahku
agar tetap bersih dan sejuk
13. 1. Ide utama yang dibahas dalam sebuah bacaan dinamakan .... A. Judul B. Tema C. Gagasan pokok D. Gagasan pendukung Rumah Ahmad berada di depan rumahku, di mana di halaman rumah terdapat pohon rambutan yang membuat suasana terasa segar. Bunga-bunga menghiasi depan rumah Ahmad 2. Gagasan pokok pada teks di atas adalah .... A. Keadaan rumah Ahmad B. Keadaan rumah penulis C. Ahmad adalah teman penulis D. Ahmad berada di depan rumah penulis 3. Gagasan pendukung pada teks di atas yaitu... A. Rumah Rahmat berada di samping rumah penulis B. Bunga-bunga menghiasi depan rumah Ahmad C. Rumah Ahmad sangat kotor D. Ahmad suka menginap di rumah penulis Ayah Intan mengajarkan tentang gotong royong sejak Intan masih kecil. Beliau mengajarkan sikap tolong-menolong kepada sesama. Pelajaran tersebut diterapkan Intan di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitarnya. 4. Paragraf tersebut bercerita tentang.... A. Ayah Intan adalah seorang guru B. Intan adalah murid yang baik C. Intan patuh pada perintah ayahnya D. Intan yang mengamalkan ajaran ayahnya 5. Seseorang dapat membuat ringkasan suatu bacaan setelah mengetahui... setiap paragraf A. Kalimat pendukung B. Gagasan pendukung C. Gagasan pokok D. Kesimpulan Tolong di jawab ya plis
1. C
2. A
3. B
4. D
5. D
Maaf jika salah
semoga membantu ;)
14. reakdh soal-soal berikut!1. Perhatikan gambar di samping!Tuliskan cerita sesuai gambar!2. Buatlah kalimat menggunakankata-kata berikut!a. kebunC. sungaib. desad. gunung3. Buatlah sebuah cerita tentangkeadaan lingkungan di sekitarrumahmu!
No.2
a.kebun:kebun kakek ada banyak sayuran
b.sungai:disungai banyak sekali ikan
c.desa:didesa sangat indah
d.gunung: digunung pemandangannya sangat luas
No.3
keadaan lingkungan rumah ku aman,tentram,nyaman
Penjelasan:
#maaf kalau salah
No.1gambarnya tidak ada
15. Bacalah kutipan cerita fantasi berikut.Jaka Gledek Anak AjaibAlkisah, di sebuah desa di lereng lembah Gianti, pada suatu malam lahirlah seorang bayi dari rahim seorang perempuan miskin. Perempuan miskin itu hidup sendirian dan tidak ada warga yang mengetahui bahwa dia sedang hamil. Ketika bayi itu lahir, hujan lebat beserta petir sedang melanda. Tepat pada tengah malam, sang bayi lahir bersamaan dengan petir yang menyambar rumah perempuan itu dan menyebabkan rumah terbakar. perempuan itu mati terbakar dan secara ajaib, sang bayi berhasil selamat. Ia ditemukan keesokan harinya oleh seorang pengemis tua dan diasuhnya sang bayi tersebut. Bayi itu diberi nama Jaka Gledek untuk mengenang peristwa petir yang menyambar rumahnya Jaka Gledek tumbuh sebagai bayi yang nakal dan suka mengganggu temannya. Tubunnya besar, membuat teman-temannya takut padanya. Ia pun memiliki sebuah kelebihan, yaitu kebal terhadap api. Karena kenakalannya, warga desa tidak menyukainya. Pak RT termasuk warga yang sangat membenci Jaka Gledek karena anaknya sering menjadi korban kenakalan Jaka Gledek. Pak RT bersama para warga mengadakan rapat untuk membahas Jaka Gledek. Mereka sepakat untuk mengusir Jaka Gledek apa bila kenakalannya tidak dapat di kendalikan lagi. Pada suatu malam Jumat, hujan petir kembali melanda desa. Para warga ketakutan rumah mereka akan di sambar petir. Petir ternyata menyambar beberapa rumah warga, termasuk rumah Pak RT yang akhirnya terbakar. Para warga mengungsi ke tempat yang aman, termasuk Pak RT. Tapi ternyata, anak Pak RT tidak sempat ikut mengungsi karena ia sedang tidur dan pintunya terkunci. Ia tidak sempat menyelamatkan diri.Jaka Gledek yang mengetahui bahwa anak Pak RT yang masih berada di rumah, segera menuju ke rumah Pak RT dan menyelamatkan anak Pak RT. Tanpa takut, ia menerobos rumah yang terbakar dan segera mendobrak kamar anak Pak RT dan menyelamatkannya. Para warga merasa lega dan berterima kasih pada Jaka Gledek terutama Pak RT. Setelah kejadian itu mereka tidak lagi menganggap Jaka Gledek sebagai anak nakal. Mereka bahu membahu membantu Jaka Gledek dengan menyekolahkannya agar Jaka Gledek mempunyai pendidikan budi pekerti. Setelah sekolah, Jaka Gledek sadar bahwa kekuatannya seharusnya tidak digunakan untuk nakal pada temannya. Justru ia dapat menolong banyak orang dengan kekuatan supernya itu.Berdasarkan teks cerita fantasi di atas, latar tempatnya adalah ….A.di lingkungan sekolah B.di lingkungan hutanC.di lingkungan desaD.di lingkungan pasar
Jawaban:
C. di lingkungan desa
maaf ya kalo salah
16. Jaka Gledek Anak Ajaib Alkisah, di sebuah desa di lereng lembah Gianti, pada suatu malam lahirlah seorang bayi dari rahim seorang perempuan miskin. Perempuan miskin itu hidup sendirian dan tidak ada warga yang mengetahui bahwa dia sedang hamil. Ketika bayi itu lahir, hujan lebat beserta petir sedang melanda. Tepat pada tengah malam, sang bayi lahir bersamaan dengan petir yang menyambar rumah perempuan itu dan menyebabkan rumah terbakar. perempuan itu mati terbakar dan secara ajaib, sang bayi berhasil selamat. Ia ditemukan keesokan harinya oleh seorang pengemis tua dan diasuhnya sang bayi tersebut. Bayi itu diberi nama Jaka Gledek untuk mengenang peristwa petir yang menyambar rumahnya Jaka Gledek tumbuh sebagai bayi yang nakal dan suka mengganggu temannya. Tubunnya besar, membuat teman-temannya takut padanya. Ia pun memiliki sebuah kelebihan, yaitu kebal terhadap api. Karena kenakalannya, warga desa tidak menyukainya. Pak RT termasuk warga yang sangat membenci Jaka Gledek karena anaknya sering menjadi korban kenakalan Jaka Gledek. Pak RT bersama para warga mengadakan rapat untuk membahas Jaka Gledek. Mereka sepakat untuk mengusir Jaka Gledek apa bila kenakalannya tidak dapat di kendalikan lagi. Pada suatu malam Jumat, hujan petir kembali melanda desa. Para warga ketakutan rumah mereka akan di sambar petir. Petir ternyata menyambar beberapa rumah warga, termasuk rumah Pak RT yang akhirnya terbakar. Para warga mengungsi ke tempat yang aman, termasuk Pak RT. Tapi ternyata, anak Pak RT tidak sempat ikut mengungsi karena ia sedang tidur dan pintunya terkunci. Ia tidak sempat menyelamatkan diri. Jaka Gledek yang mengetahui bahwa anak Pak RT yang masih berada di rumah, segera menuju ke rumah Pak RT dan menyelamatkan anak Pak RT. Tanpa takut, ia menerobos rumah yang terbakar dan segera mendobrak kamar anak Pak RT dan menyelamatkannya. Para warga merasa lega dan berterima kasih pada Jaka Gledek terutama Pak RT. Setelah kejadian itu mereka tidak lagi menganggap Jaka Gledek sebagai anak nakal. Mereka bahu membahu membantu Jaka Gledek dengan menyekolahkannya agar Jaka Gledek mempunyai pendidikan budi pekerti. Setelah sekolah, Jaka Gledek sadar bahwa kekuatannya seharusnya tidak digunakan untuk nakal pada temannya. Justru ia dapat menolong banyak orang dengan kekuatan supernya itu. Berdasarkan teks cerita fantasi di atas, latar tempatnya adalah di lingkungan pasar di lingkungan sekolah di lingkungan desa di lingkungan hutan Ragu - Ragu
Jawaban:
Di lingkungan desa
Penjelasan:
Pada paragraf awal terdapat kalimat "Alkisah, disebuahdesa.."
Maka, jelas jawabannya Di lingkungan desa.
Semoga bermanfaat :)
17. Kerjakan soal-soal berikut!1. Perhatikan gambar di samping!Tuliskan cerita sesuai gambar!2. Buatlah kalimat menggunakankata-kata berikut!a. kebun C. sungaib. desad. gunung3. Buatlah sebuah cerita tentangkeadaan lingkungan di sekitarrumahmu!
Jawaban:
.... desaku...
desaku terletak di kaki bawah gunung. di sana keadaannya sangat tenteram. setiap pagi selalu ada burung yang bernyanyi indah. suara jangkrik terdengar khas di perairan sawah.
di desa ku nenek dan kakek tinggal di sana. setiap aku ada libur panjang, pasti akan pergi ke desa ini mengunjungi nenek dan kakek.
setiap pulang dari desa selalu ada cerita unik yang bisa ku ceritakan pada ayah dan ibu. kini saat pandemic, kami tidak bisa pulang ke desa. semoga pandemic ini cepat berlalu.
2. a. kebun:kebun itu sangat banyak ditumbuhi sayuran hijau
b. desa:desa ku sangat kekurangan air
c. sungai:sungai itu bermuara di sana
d. gunung:gunung itu sedang erupsi
3. . ...... keadaan rumahku.....
rumahku terletak di jalan proyek, kampung mengkapan. rumahku tak terlalu besar, sederhana saja, tetap i rumah itu penuh dgn pepohonan.
di dalam rumahku ada 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, ¹ ruang tamu, 1 ruang keluarga, dan, 1 dapur. di pekarangannya ditumbuhi bunga bunga, pohon jambu, pohon rambutan, alpukat, pisang, dan banyak lagi. ayah ku juga punya kebun kelapa sawit.
suasana rumahku sangat tenteram jika pagi, karena itu sepupuku yang ada di kota sangat ingin liburan disini. tetapi intinya, aku cinta rumahku.
semoga bermanfaat dan membantu
please like and follow Ok
18. Anak Indonesia tengah memperingati hari anak Nasional pada momentum ini, sejumlah anak dari berbagai daerah di tanah air menceritakan kegiatan produktif di lakukan selama pandemi covid 19 di rumah Cut Shafira Alifa risky misalnya, gadis berusia 11 tahun dari kota Banda Aceh ini menceritakan,selain belajar dia mengisi hari hatinya dengan menggambar,membaca buku,menulis dan membuat konten YouTube Cut Shafira mengaku mematuhi protokol kesehatan covid 19 yang di sampaikan pemerintah,yakni teteap berada di rumah, menjaga jarak jika terpaksa keluar rumah menjaga kebersihan rumah dan rajin minum air putih Anak anak Indonesia harus berguna bagi nusa, bangsa dan agama meski di tengah pandemi covid 19 ujarnya dalam acara sapa Indonesia yang di siarkan melalui YouTube BNPB Indonesia,Kamis,23/7 Cerita menarik juga datang dari putra Balikpapan Kalimantan timur, Arkana, selain belajar daring, dia mengisi waktu luang di rumah dengan melukis bahkan, hari ini lukisan nya sudah terjual banyak dan hasil nya di bagikan untuk warga yang terdampak covid Alhamdulillah sudah terjual dan hasil nya untuk membeli 100 paket beras ujarnya Tak hanya melukis, Arka juga membuat konten YouTube berkaitan dengan pendidikan misalnya,tips belajar dan cara menjaga kebersihan lingkungan Arka juga kerap mengikuti webinar yang di gelar kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Ada banyak judul ( webinar) yang menarik mengenai internet aman,public speaking, lingkungan dan pendidikan yang paling aku suka yaitu sharing dari kakak' kakak yang berhasil mendapatkan beasiswa di luar negeri" ucapnya Bila bosan dengan kegiatan tersebut, Arka belajar membuat robot sederhana menggambar atau bermain dengan kucing Sementara devara alfirlany dari selatan mengaku mengisi waktu luang selama pandemi covid 19 dengan menari menurut dia aktivitas menari sangat menyenangkan Dengan menari, kita senang dan imun kita tetap terjaga" kata dia" Kata sulit dari teks Cerita anak Indonesia di tengah pandemi covid 19 Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks," cerita anak Indonesia di tengah pandemi covid
Pandemi
Vaksin Hib ditemukan di Indonesia ada
19. Buatlah cerita yang menggunakan kata-kata hemat lebih lingkungan,energi kewajiban,energi alternatif,pemborosan listrik yang berada didalam rumahmu...
Penjelasan:
follow latter follow back ok
20. Penggalan cerita fantasi berikut untuk no. 2-5!2.Jaka Gledek Anak Ajaib Alkisah, di sebuah desa di lereng lembah Gianti, pada suatu malam lahirlah seorang bayi dari rahim seorang perempuan miskin. Perempuan miskin itu hidup sendirian dan tidak ada warga yang mengetahui bahwa dia sedang hamil. Ketika bayi itu lahir, hujan lebat beserta petir sedang melanda. Tepat pada tengah malam, sang bayi lahir bersamaan dengan petir yang menyambar rumah perempuan itu dan menyebabkan rumah terbakar. perempuan itu mati terbakar dan secara ajaib, sang bayi berhasil selamat. Ia ditemukan keesokan harinya oleh seorang pengemis tua dan diasuhnya sang bayi tersebut. Bayi itu diberi nama Jaka Gledek untuk mengenang peristwa petir yang menyambar rumahnya. Jaka Gledek tumbuh sebagai bayi yang nakal dan suka mengganggu temannya. Tubunnya besar, membuat teman-temannya takut padanya. Ia pun memiliki sebuah kelebihan, yaitu kebal terhadap api. Karena kenakalannya, warga desa tidak menyukainya. Pak RT termasuk warga yang sangat membenci Jaka Gledek karena anaknya sering menjadi korban kenakalan Jaka Gledek. Pak RT bersama para warga mengadakan rapat untuk membahas Jaka Gledek. Mereka sepakat untuk mengusir Jaka Gledek apa bila kenakalannya tidak dapat dikendalikan lagi. Pada suatu malam Jumat, hujan petir kembali melanda desa. Warga takut rumah mereka akan disambar petir. Petir ternyata menyambar beberapa rumah warga, termasuk rumah Pak RT yang akhirnya terbakar. Para warga mengungsi ke tempat yang aman, termasuk Pak RT. Tapi ternyata, anak Pak RT tidak sempat ikut mengungsi karena ia sedang tidur dan pintunya terkunci. Ia tidak sempat menyelamatkan diri. Jaka Gledek yang mengetahui bahwa anak Pak RT yang masih berada di rumah, segera menuju ke rumah Pak RT dan menyelamatkan anak Pak RT. Tanpa takut, ia menerobos rumah yang terbakar dan segera mendobrak kamar anak Pak RT dan menyelamatkannya. Para warga merasa lega dan berterima kasih pada Jaka Gledek terutama Pak RT. Setelah kejadian itu mereka tidak lagi menganggap Jaka Gledek sebagai anak nakal. Mereka bahu-membahu membantu Jaka Gledek dengan menyekolahkannya agar Jaka Gledek mempunyai pendidikan budi pekerti. Setelah sekolah, Jaka Gledek sadar bahwa kekuatannya seharusnya tidak digunakan untuk nakal pada temannya. Justru ia dapat menolong banyak orang dengan kekuatan supernya itu. Alur teks cerita fantasi di atas menggunakan alur a. Pengenalan – klimaks- muncul masalahb. Pengenalan - rangkaian kejadian – klimaks - resolusic. Mulai munculnya masalah - klimaks-resolusid. Pengenalan– resolusi- klimaks- masalah3.Berdasarkan teks cerita fantasi di atas, latar tempatnya adalah ….a. di lingkungan pasarb. di lingkungan sekolahc. di lingkungan desad. di lingkungan hutan4.Tokoh utama yang ada dalam teks cerita fantasi di atas adalah ….a. Pengemisb. Pak RTc. Warga Desad. Jaka Gledek5.Pada paragraf kedua pada teks cerita fantasi di atas termasuk ….a. orientasib. resolusic. komplikasid. reorientasi
Jawaban:
2.d
3.c
4.d
5.-
Penjelasan:
maaf klo salah:)
0 Komentar