close

Ad Code

Naskah Drama Keluarga 5 Orang


Naskah Drama Keluarga 5 Orang

naskah drama keluarga 5 orang

Daftar Isi

1. naskah drama keluarga 5 orang


Jenis Drama: Drama Singkat
Tema Drama: Sosial
Judul: Arti Seorang Sahabat
Jumlah Pemeran: 5 orang

1. Mimi
2. Ami
3. Linda
4. Jovan
5. Dion

Sinopsis Drama

Ami adalah sahabat dari Mimi, Linda, Jovan, dan Dion. Berbeda dengan keempat sahabatnya, kehidupan Ami sangat sulit. Ami adalah sosok remaja yang hidup dibawah kemiskinan. Ami memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya di SMA lantaran tidak tega melihat kesehatan ibunya yang sering mengalami sakit-sakitan akibat terlalu bekerja keras demi membiayai pendidikan dirinya.

Karena kepedulian seorang sahabat, Ami pun bisa keluar dari kesulitan yang dia hadapi. Ami tetap bisa melanjutkan sekolahnya tanpa harus membebani orangtuanya.

Dialog Drama

Pada suatu hari, Mimi mendapati Ami sedang terlihat sangat gelisan. Mimi tertanya-tanya dalam hatinya, ada apa gerangan dengan si Ami. Tak ingin menyaksikan Ami terus menampilkan raut yang menyedihkan, maka Mimi langsung mencari tahu permasalahannya.

Mimi:
Ami, kamu kenapa? kok wajahmu terlihat sangat gelisah sekali? kamu ada masalah apa?

Ami:
Nggak kok, aku nggak ada apa-apa. Aku cuman nggak cukup tidur aja, makanya mukaku terlihat pucat.

Mimi:
Masalahnya, muka kamu nggak cuman terlihat pucat, tapi kamu seperti orang yang sedang kebingungan.

Ami pun berusaha mengelak.

Ami:
Ah kamu bisa aja sih! aku nggak kenapa-kenapa kok. Bener aku cuman nggak cukup tidur aja.

Mimi pun terdiam, dan tidak lama kemudian datanglah Linda.

Linda:
Hai, kalian lagi pada ngapain disini? Oww... kamu kenapa, Ami? kok kamu kelihatan pucat amat?

Mimi:
Nah, benar kan, kalau kamu tuh terlihat nggak kayak biasanya. Udahlah, kamu ngomgong aja, ada apa sebenarnya?

Linda:
Iya Ami, kita ini kan sahabat. Kalau kamu ada masalah, coba cerita ke kami berdua. Kami pasti akan berusaha untuk membantu.

Ami tetap berusaha menutupi masalah yang dihadapinya, karena tidak ingin merepotkan kedua temannuya itu.

Ami:
Udahlah, aku nggak kenapa-kenapa kok. Kan tadi aku udah bilang, aku nggak cukup tidur.

Linda dan Mimi pun hanya bisa terdiam, dan 5 menit kemudian datanglah Jovan dan Dion.



Mimi:
Hi, guys.. kalian pada darimana?

Jovan:
Emm.. kami abis main daru rumah tante aku.

Dion:
Iya, tadi aku sama Jovan main sebentar kerumah tante si Jovan.

Linda:
Oh.. emang kalian pada ngapain disana?

Jovan:
Nggak papa, cuman silaturrahim aja, cuz udah lama nggak kesana.

Linda:
Oh.. gitu, baguslah!

Sama seperti Linda dan Mimi, Jovan dan Dion pun langsung menanyakan sesuatu kepada Ami yang dilihatnya tidak seperti biasanya.

Jovan:
Eh.. Ami, kamu kenapa?

Ami:
Aku kenapa emang?

Dion:
Yah.. kamu, orang ditanya bener-bener malah jawabnya gitu lagi!

Linda:
Nggak tahu si Ami nih.. aku yakin dia pasti lagi ada masalah, tapi nggak tahu kenapa dia nggak mau ngomong, padahal kita nih kan sahabat. Jadi gimana gitu kalau ada seorang sahabat yang nggak terbuka gini.

Mendengar ucapan Linda, Ami pun akhirnya tak kuasa untuk menutupi apa yang sedang dihadapinya.

Ami:
Sebenarnya aku nggak mau ngomong masalah aku, karena aku nggak mau kalian ikut terlibat dalam masalah aku, tapi karena kalian memaksa aku untuk ngomong, maka aku nggak punya pilihan.

Mimi:
Iya, nggap apa-apa, kamu ngomong aja!

Ami:
Aku akan berhenti sekolah.

Jovan:
Ha... berhenti sekolah? maksud kamu apaan?

Dion:
Iya, maksud kamu berhenti gimana, Ami?

Ami:
Aku nggak bisa menambah beban orangtuaku. Mereka bekerja siang-malam demi bisa menyekolahkan aku. Pas aku lihat ibuku sakit semalam, aku nggak mungkin lagi bergantung pada ibuku.

Keempat sahabat Ami pun terdiam sambil memikirkan jalan terbaik untuk Ami. Jovan kemudian memberikan usulan untuk Ami

Jovan:
Ok Ami, gimana kalau aku coba tanyakan ke tante aku barangkali dia butuh karyawan part time.

Dion:
Iya, tante kamu kan punya supermarket.

Linda:
Kyaknya itu ide bagus deh. Kalau tante Jovan emang butuh karyawan part time, kamu kan bisa simpan uang kamu untuk biaya sekolah. Kamu mau kan, Ami?

Ami menerima penawaran Jovan.

Ami:
Baiklah kalau begitu, aku pasti m

2. naskah drama bhs. inggris 5 orang pemain bertemakan keluarga


fira : hii mom!! and dad!!
mama: hiii firr
ayah: hii firr
fira: when we are go holiday?
ayah:maybe sunday
rena: i hope we can go holiday

3. Contoh naskah drama tentang perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga untuk 5 orang


Andi="kita harus berperilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga"
Nana="iya"
Nano="Contohnya apa ya?"
Lintang="contohnya seperti cuci tangan sebelum dan sesudah makan,menyapu lantai setiap hari,membersihkan selokan setiap seminggu sekali dan masih banyak lagi"
Isa="iya betul itu"



semoga membantu:)dan maaf klo salah:-)

4. 1.Berikut ini termasuk persiapan pementasan drama, kecuali.... a. menghafal teks b. memahami cerita c. bloking dan ekspresi d. latihan vokal e. meditasi dan mediasi 2. Kalimat dalam teks drama yang ditulis dalam kurung, tidak didialogkan, melainkan diaktingkan disebut... a. monolog b. pantomim c. prolog d. wawancang e. kramagung 3. Salah satu alasan perlunya berlatih pernapasan dalam memerankan drama adalah.... a. membantu pengaturan dan pertahanan vokal selama pentas berlangsung b. membantu pengaturan dan pertahanan nada selama pentas berlangsung c. memperlancar dialog antarpemain d. memperjelas ekspresi dan gerak anggota tubuh dalam mendukung peran e. mempermudah pembedaan karakter dan sifat dasar pemeranan 4. Watak atau karakter tokoh dalam drama dapat ditampilkan mellaui beberapa hal berikut, kecuali... a. gerak b. bloking c. dialog d. ekspresi e. mimik 5. Sifat dasar yang harus diperankan pemain dalam drama sehingga memungkinkan untuk bertentangan dengan sifat yang dimiliki disebut.... a. akting b. laku c. perwatakan d. ekspresi e. alur 6. Berikut ini termasuk unsur yang harus ada dalam pementasan drama, kecuali... a. panggung b. pemain c. penonton d. naskah e. sutradara 7. Setting sebuah drama mengandung unsur... a. tempat terjadinya peristiwa b. waktu peristiwa bergulir c. suasana cerita d. tempat dan waktu cerita e. tempat, waktu, dan suasana cerita 8. Pada tahap persiapan pementasan drama, seorang sutradra melakukan seleksi untuk memilih pemeran yang sesuai dengan peran aka dimainkan. Tahapan ini disebut... a. akting b. casting c. bloking d. editing e. lighting 9. Agar terlihat bermuka jahat, pemeran antagonis memerlukan jasa.... a. seni tata rias b. seni tata busana c. seni lukis d. seni vokal e. seni tata lampu 10. Romeo : Petunjuk cinta yang gaib telah mempersatukan aku ke hadapanmu. Dan untuk cinta yang kudapatkan akan kutaruhkan segalanya. Tapi......aku seorang Montague..... Juliet : Dan aku seorang Capulet. Mengapa kita punya nama? Biarlah aku menjadi bukan Capulet dan kau bukan Montague, Romeo! Tema yang tersirat dari penggalan drama di atas adalah.... a. kepercayaan b. persahabatan c. permusuhan d. percintaan e. pertentangan keluarga 11. Dahlan: Kamis malam Jumat. Jumat apa? Rosana : Malam Jumat Kliwon, Pak! Bukankah hari kelahiran ibu juga jatuh pada hari Jumat Kliwon? Dahlan : Ya, beutl! Ibumu waktu mau meninggal kurang satu minggu sudah ada tanda-tanda.....nasihat-nasihat berharga. Masa hidupnya banyak meninggalkan kesan teladan. Tetapi....juga ada kelemahannya. Rosana : Kelamahan? Memang manusia tidak ada yang sempurna Dahlan : Ya, jangan sampai menurun pada anak cucu. Ibumu dahulu sakit-sakitan karena banyak pikiran. Ikut-ikutan orang jual-beli perhiasan. Barangnya hilang, ibumu gigit jari menanggung hutang. Siapa lagi kalau bukan Bapak yang turun tangan? Rosana : Bukankah pada diri Bapak juga ada kelemahannya? Dahlan : Apa? Bapak rasa tidak ada! (Tongkat terjatuh, kemudian dipungut lagi) Rosana : Maaf, Pak.. ibu bertambah sakit akibat Bapak dahulu sering mabuk judi, bukan? Ros masih ingat barang-barang rumah dilelang. Habis terjual! Dahlan : Ya...., itu akibat perbuatan ibumu, tahu! (keras). Serakah dan mau menang sendiri. Mudah-mudahan pengalaman pahit, miskin, tidak terulang lagi! Pesan atau amanat yang terkandung dalam penggalan drama di atas adalah.... a. sifat serakah dan suka berjudi membuat orang hancur b. nasib manusia ditentukan oleh Tuhan c. sifat buruk menurun pada anak d. manusia berusaha untuk sempurna e. anak harus patuh pada orang tua 12. Sukro : Sudahlah, Min! Suatu saat pasti berhasil. Jangan mudah putus asa! Jasmin : Tapi, saya sudah keluar modal banyak. Kapan sepeda motorku bisa kembali? Penggalan dialog di atas menggambarkan watak tokoh secara... a. mutlak b. lengkap c. lahir d. batin e. langsung 13. Waktu itu sudah hampir jam satu. Sekolahsudah usai. Bahwa Yanti belum pulang itulah yang menyebabkan Asdiarti terkejut. Asdiarti : Kau masih ada di sini, Yanti. Belum pulang? Yanti : (Tidak menjawab. Ia hanya menggeleng dan terus melanjutkan membaca.) Penggalan drama tersebut memuat latar.... a. tempat b. waktu c. suasana d. alat e. tempat, waktu, suasana, dan alat 14. Fenita : Kamu harus menentukan sikap. Pilih aku atau dia, sekarang juga! Verri : Beri aku kesempatan sekali lagi.... Fenita : Tidak perlu basa-basi, kalau tidak aku yang memutuskan, titik! Penggalan dialog di atas menunjukkan drama sampai pada bagian.... a. pemaparan b. konflik c. klimaks d. resolusi e. penyelesaian 15. Satilawati : Pengecut! Sedikit diserang kritik orang, engkau hendak melarikan diri. Untuk menjaga nama supaya jangan merosot. Aku sudah maklum. Ishak : (Sambil menunjuk ke luar) Pergi daripadaku. Engkau boleh memusuhi aku. Untuk cita-cita aku bersedia mengorbankan segalanya juga cintaku. Watak tokoh Ishak dalam penggalan drama di atas adalah.... a. pemarah b. pembual c. pemberani d. sombong e. tidak bertanggung jawab Tolong dijawab? nnti aku kah nilai yg terbaik ​


Menghafal teks, memahami cerita, bloking dan ekspresi serta latihan vokal merupakan persiapan pementasan drama. Yang bukan adalah meditasi dan mediasi. Jadi jawabannya adalah E.Kramagung merupakan kalimat dalam teks drama yang hanya diaktingkan, yang ditulis di dalam kurung dan tidak didialogkan. Jadi jawabannya idalah E.Berlatih pernapasan sebelum memerankan drama penting sebab membantu pengaturan serta pertahanan vokal selama pentas berlangsung. Jadi jawabannya adalah A.Dalam drama, watak dan karakter tokoh tidak dapat dilihat dari blocking. Jadi jawabannya ialah B.Dalam drama, sifat dasar yang harus diperankan pemain disebut akting. Jadi jawabannya adalah A.Pada dasarnya, seluruh unsur yang ada pada option merupakan unsur yang harus ada pada drama. Akan tetapi jika harus menghilangkan 1 unsur tetapi drama tetap bisa berjalan adalah penonton. Jadi jawabannya adalah C.Setting drama berisi tempat, waktu dan suasana cerita. Jadi jawabannya adalah E.Tahap pemilihan pemain disebut casting. Jadi jawabannya ialah B.Jasa yang dibutuhkan untuk membuat pemeran tampak jahat adalah seni tata rias. Jadi jawabannya adalah A.Penggalan cerita tersebut menyiratkan tema percintaan. Jadi jawabannya adalah D.Pesan yang dapat diambil dari drama tersebut adalah sifat serakah dan suka berjudi membuat orang hancur. Jadi jawabannya adalah A.Watak pada dialog tersebut menggambarkan watak tokoh secara langsung. Jadi jawabannya adalah E.Penggalan drama tersebut menggambarkan tempat, waktu, suasana dan alat. Jadi jawabannya adalah E.Penggalan dialog tersebut menunjukkan bagian konflik. Jadi jawabannya adalah B.Dari penggalan drama tersebut menggambarkan watak ishak yang pemarah. Jadi jawabannya adalah A.

Pembahasan

Drama merupakan pementasan suatu cerita. Dalam drama ada unsur-unsur yang harus ada yakni pemain, sutradara, naskah drama, panggung dan sebagainya. Tokoh dalam drama juga akan memerankan perannya berdasarkan naskah.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian drama https://brainly.co.id/tugas/4691360Materi tentang unsur drama https://brainly.co.id/tugas/122581Materi tentang naskah drama https://brainly.co.id/tugas/424883

Detail jawaban

Kelas: XI

Mapel: Bahasa Indonesia

BAB: 8

Kode: 11.1.8

#AyoBelajar


5. 14. Bacalah kutipan drama berikut!ljah1 Sudah saatnya makan malam kok, anak kita belum juga pulang, ya kangPardiEntahlah, Jah. Tadi pamitnya sepulang sekolah mau belajar bersama di rumahtemannya. Katanya di rumah Yanto, anaknya Pak Jiman, begitu ...jah Susullah ke rumah Pak Jiman. Kang. Aku khawatir terjadi apa-apa padaJono.Pardi ; Baik, akan kucari. Sekarang kamu masuksaja. Tunggu di dalam rumahSetting yang tepat untuk menggambarkan latar drama tersebut adalah ..X panggung menggambarkan suasanasebuah ruang keluarga,B. panggung menggambarkan suasanasebuah ruang kelas.C. panggung menggambarkan suasana dipingir jalan raya.D. panggung menggambarkan suasanasebuah teras rumah15. Bacalah kutipan drama berikut!1. Putri : Angling ....! Kau jangan bersikap tidak sopan kepada orang tual2. Angling : Biarin aja, toh mereka tidak peduli.3. Putri : Bukannya tidak peduli, tapi mereka sibuk mencari uang buat kita anak-anaknya4. Angling Itu hanya alasan saja! (mondar mandir seperti orang kebingungan)5. Putri Angling, jika dinasihati itu, cobalah dituruti jangan menuruti kemauanmusaja!Perbaikan petunjuk lakuan nomor 4 pada naskah drama tersebut adalah ....X (Angling tertawa geli, kemudian ia ngeloyor pergi dari rumah)B. (Sambil menggerutu, dari teras Angling masuk ke dalam rumah)C. (Sambil melotot matanya, dari teras Putri masuk ke dalam rumah.)D. (Putri terkekeh, kemudian ia pergi dari rumah)Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!1. Buatlah 2 buah tanggapan terhadap unsur pemain dan unsur tata busana dalam pementasandrama yang pernah kalian saksikan!Jawab: Judul pementasan:...Tanggapan :2. Sebutkanlah dan jelaskan unsur-unsur pementasan drama!Jawab:​


Jawaban:

1.hmm bagus sih,tinggal di dominan in aja waktak tokoh nya,kedua,,, busana nya bagus

2.busana,tokoh,ekspresi,tata letak,tata panggung


6. 15. Kalimat berupa opis redaktur pada kutipan editonal tersebut terdapat pada kalimatA .(1)B. (2) C. (3) D .(4)E.(5)Film Negeri Menara berkisah tentang Alif. pemuda yang menghabiskan hidupnya di tengahkeluarga roligus di Tanah Cadang (2) la bermimpi menjejakkan kaki di pulau jawa danmasuk dalam barisan mahasiswa sebuah kampus tersohor di Bandung (3) Sayang oranghanya menganggap siasa kalau sudah sampai di Jawa, Alif tidak menuntut ilmu agama(4) Jadilah Allt seorang muri Pondok Madani (6) Untungnya ada kelima sahabatnyayang sukses membuat Ak sedara kerasan di tengah peraturan yang mengakat dan kadangterkesan konyol16. Kalimat yang menggunakan EYD salah adalah kalimat keA 1B.2C.3D.4E.517. Kalimat yang menggunakan konjungs korelatif yang tepat adalahA. Fiben ini bukan yang pertama kali menceritakan dunia persahabatan tetapi kedua kallB. Tidak hanya tokoh utama yang menghibur masyarakat, melainkan tokoh sampinganpun jugaC. Entah masyarakat menolak ataupun tidak film ini tetap akan ditayangkan karenabersejarahD. Fim ini diceritakan sedemikian alamiah sehingga mendapat hati masyarakatE.Jangankan amanat, latar dan konfik tidak digarap dalam film iniTidak ada tanda atau simbol apa pun yang mengantar pukulan itu. Biasanya pukulanitu datang melalui sebuah proses yang bisa dilihat pada konstruksi konteks yangmelatannya. Dalam dunia tealer Putu Wijaya, kelaziman seperti ini tidak ada Demikianlahmenurut Maina mengenai naskah Putu Wijaya18. Kalimat yang cocok untuk menjadi gagasan utama paragraf teks ulasan drama di atasadalahA. Pukulan pukulan datang dengan bertubi-tubi tanpa alasan yang berartiB. Gaya bahasa dalam feater Putu Wijaya membuat teks bisa pergi begitu saja dandatang secara mendadak seperti sebuah pukulan yang tidak terdugaC.Teks bagi Putu Wijaya bukan sebuah produk bahasa, melainkan pukulan yangdatangD.Ini adalah strategi Putu dalam mendesain teks.E. intonasi yang cepat layaknya pukulan menjadi satu ciri khas tersendiriPerhatikan langkah membuat teks eksplanasi berikut1. Menentukan topik2. Menyusun tulisan3. Membuat kerangka karangan4 Menyunting tulisan19. Langkah-langkah yang tepat untuk membuat teks eksplanasi adalahA. 1-2-3-4 B. 4-3-1-2 C.1-3-24 D. 2-3-4-1 E. 2-3-1-420 Ragam baku terdapat pada kalimat....A. Bagi yang tidak dapat memenuhi syarat akan dinyatakan gugur.B. Orang yang telah membaca pasti akan telah lebih memahami cerita itu.C. Di dalam musyawarah itu membahas rencana pembangunan jalanD.Ayahku seorang gubernur di Kota SukasenangE.pesawat tempur israel itu dilengkapi Rudal yang sangat canggih​


Jawaban:

15. b. (2).

16. d. (4).

17. c. Entah masyarakat menolak atau pun tidak film ini tetap akan ditayangkan karena bersejarah.

18. e. intonasi yang cepat layaknya pukulan menjadi satu ciri khas tersendiri.

19. c. 1-3-2-4.

20. a. bagi yang tidak dapat memenuhi syarat akan dinyatakan gugur.

Penjelasan:

Maaf Kalau Salah!!!!

Semoga Bermanfaat!!!


7. yo1. peristiwa mengubah tuturan dari satu bentuk ke bentuk yang lain dinamakan? A. Pertanyaan B. Pernyataan C. Anase D. Refrese E. Parafrasa 2. Prasa biasa digunakan dalam bentuk? a. Lisan dan tulisan b. dialog dan monolog c. pertanyaan dan pernyataan d. Percakapan dan Drama e. Cerita 3. Prasa tertulis dimaksudkan untuk... A. menghindari kesinambungan tulisan B. menulis hal-hal pokok C. Menghindari wacana yang membosankan D. Meringkas Tema yang luas E. Menjalin Komunikasi 4. Parafrasa tertulis bermanfaat untuk A. Digunakan Sesuai kemampuan penulis B. Memilih Ragam bahasa C.Menyampaikan keinginan penulis D. Mengulangi pernyataan yg sama E. Menyusun Pidato Khusus 5. Ragam tulis tang memungkinkanborg menggunakan parafrasa trdpt dlm situasi kebahasaan A. Pidato tertulis B. Tanyajawab C. Artikel D. Teks/naskah drama E. Makalah 6. Naskah drama yang sulit ditafsirkan maknanya dapat diubah bentuknya. proses mengubah bentuk puisi menjadi bentuk prosa disebut juga A. parafrasa b. para-para c. resensi d. paradigma e. Referensi 7. kegunaan lain dari parafrasa tertulis, Kecuali A. untuk memperjelas maksud dalam sebuah tulisan B. untuk mengatasi kebosanan dalam memilih kata C. untuk mempermudah penafsiran tuturan D. untuk mempersantun ungkapan E. untuk menghindari kaidah kebahasaan Prof mol mol : Kurasa aku tahu sebabnyam akhir-akhir ini dia sering sms ke aku kalau keluarganya agak berantakan. itu gara-gara... yah, kamu tahulah (tersenyum) dan kemudian ia mendapatkan ide untuk mencuri larutan milikku yang memungkinkan kita untuk menerima rangsangan dua kali lipat dari biasanya. dan itulah larutan ini dibuat. Harry: Lho...Bukankah Larutan itu untuk menyelamatkan orang? Parafrasa yang tepat untuk menggantikan dialog tersebut adalah... a.kekacauan keluarga menimbulkan aksi negatif b.dialog tentang keluarga yang berantakan c.sbab adanya sms D. tidak tahu penyebab hilangnya larutan E. tidak ada pengganti larutan


1.b
2.b
3.a
4.b
5.d
6.c
7.a

8. tuliskan naskah drama (tema =musyawarah keluarga mengenai tempat liburan )6 atau.5 orang


Vania : “(Datang mengampiri teman – teman yang sedang bermain). Temen – temen, aku punya kabar nih.”

Syifa : “Kabar apaan Van?

Ana : “Pasti mau ngajak kita jalan – jalan deh.”

Vania : “Kok tau?”

Ana : “Aku asal nebak aja kok.”

Vania : “Tapi tebakan kamu bener, An. Jadi aku bakal ngajakin kalian semua jalan – jalan.”

Chelsea : “Emang mau jalan – jalan kemana sih Van?”

Vania : “Kali ini aku mau ngajak kalian jalan – jalan ke kebun binatang. Ya, mungkin kedengarannya biasa dan nggak seru. Tapi kali ini aku jamin seru deh. Soalnya kita perginya rame – rame.”

Ana : “Wah, mau banget dong. Aku kan belum pernah ke kebun binatang.”

Syifa : “Kalo liburan gratis kayak gini, jelas ikut lah. Rejeki itu jangan ditolak bro.”

Ana : “Betul itu, Syif.”

Chelsea : “Tapi, kalo kamu ajak – ajak kita tapi ternyata nggak boleh gimana?”

Vania : “Tenang Chel, yang nyuruh ngajakin temen – temen malah mama papaku.”

Putri : “Ehm… maaf Van. Kali ini aku nggak bisa ikut.”

Vania : “Lho, kenapa Put?”

Putri : “Bukannya aku nggak mau ikut, tapi aku ada urusan lain. Sorry banget ya…”

Vania : “Kalo emang nggak bisa, nggak apa deh. Kita liburan bareng lain kali.”

Putri : “Makasih ya Van…”

Vania : “Kalian semua ikut kan?”

Ana : “Pasti lah Van.”

Syifa : “Woles bro, aku juga ikut kok.”

Chelsea : “Ya walaupun aku udah sering ke kebun binatang, tapi masak iya mau nolak liburan gratis. Gue ikut broo…”

Tasya : “Ehmm…hehehehe…aku nggak bisa ikut nih. Karena, aku mau ke rumah saudaraku di Medan. Hehehe sorry ya…”

Chelsea : “Yah Tasya…nggak ada kamu, nggak seru tau…”

Tasya : “Hehehe…lain kali aja ya…”

Vania : “Ya udah, nggak apa kok. Aku nggak mau maksa kamu.”

Ana : “Liburannya kapan?”

Vania : “Hari Minggu. Minggu pagi kalian datang ke rumahku sekitar jam 7 lah.”

Ana : “Ok deh…”

Chelsea : “Ehh, mendung nih. Aku pulang duluan ya…”

Tasya : “Sekali lagi, sorry ya Van.”

Putri : “Aku juga minta maaf Van.”

Vania : “Iya…”

Tasya dan Putri : “Kita pulang dulu ya Van…”

Syifa : “Aku juga pulang dulu ya Van.”

Vania : “Ehh tunggu…”

Pada hari Minggu, mereka berkumpul di rumah Vania. Lalu mereka berangkat tepat pukul setengah 8 pagi. Disepanjang perjalanan, mereka sangat menikmati indahnya pemandangan alam. Hingga akhirnya, mereka pun sampai di kebun binatang.

Syifa : “Asiikk…akhirnya sampai juga.”

Ana : “Aku nggak sabar nih pengen cepet – cepet masuk.”

Vania : “Tunggu apa lagi, ayo masuk.”

Syifa : “Tunggu dulu. Chelsea mana?”

Ana : “Di mobil kali.”

Vania : “(melihat ke dalam mobil). Itu dia Chelsea.”

Syifa : “Anak itu kejaannya molor melulu.”

Ana : “Biasa, cap pelor.”

Syifa : “Apaan tuh?”

Ana : “Nempel langsung molor. Hahahahaha…”

Vania : “Ehh, gimana kalau kita gelitikin dia?”

Ana dan Syifa : “Ide bagus tuh.”

Vania : “Dalam hitungan ketiga, kita gelitikin dia. 1,2,3…”

Vania, Ana, Syifa : “Chelsea bangun! (sambil menggelitiki badan Chelsea)”

Chelsea : “Apaan sihh! Ehh, udah sampai ya? Hehehe, aku ketiduran.”

Vania : “Udah ahh, ayo masuk!”

Chelsea : “Wait me…”

Mereka segera masuk ke kebun binatang. Tapi, mereka harus membeli tiket terlebih dahulu. Setelah mereka mendapat tiket, mereka pun segera masuk.

Ana : “Wah, Gajah itu ternyata bener – bener besar ya? (sambil melihat dengan heran kea rah gajah)”

Syifa : “Astaga, masak kamu nggak pernah lihat gajah sih?”

Ana : “Pernah kok. Tapi, Cuma gambarnya doang.”

Vania : “Ehh Ana, aku kasih tau saudara kembar kamu.”

Ana : “Mana?”

Vania : “Itu…(menunjuk kearah orang utan)”

Chelsea : “Hahaha, mirip banget sama kamu tuh An.”

Ana : “Ihh, enak aja kamu bilang.”

Syifa : “Ehh, udah. Kita lihat Jerapah aja yukk.”

Sesampainya di kandang Jerapah.

Ana : “Wow, tinggi banget. (memandang kearah Jerapah)”

Chelsea : “Syif, tolong foto aku ya…”

Syifa : “Ok Chel. (cekrik). Udah nih Chel.”

Vania : “Kita lihat yang lain yuk.”

Mereka berkeliling melihat – lihat binatang yang ada di sana. Mereka juga melihat hewan – hewan air yang ada di sana.

Chelsea : “Ihh, kura – kuranya lucu dehh. Tolong foto aku dong.”

Syifa : “Chelsea kebiasaan deh!”

Ana : “Ohh, ternyata seperti ini to ikan piranha itu. Dari samping kelihatan biasa aja. Giginya aja tuh yang menyeramkan.”

Vania : “Awas lho An, nanti kamu digigit ikan piranha lho.”

Ana : “Nggak mungkin lah. Kan ikan piranhanya di dalam akuarium. Kalo kamu tuh digigit hiu.”

Vania : “Nggak mungkin lah.”

Ana : “Tetep mungkin. Soalnya Hiu kan besar jadi mungkin aja bisa ngejebol akuarium.”

Vania : “Nggak mungkin. Aku kan cantik. Nggak mungkin Hiu mau melukai gadis cantik.”

Syifa : “Vania genit deh!”

Setelah berkeliling sekian lama, mereka pun harus segera pulang. Akhirnya mereka pun pulang. Setelah sampai dirumah Vania, mereka mengucapkan terimakasih kepada Vania dan keluarga.

Syifa : “Makasih ya Van, atas jalan – jalan gratisnya.”

Chelsea : “Thanks Vania.”

Ana : “Makasih banget Van. Ini kali pertama aku pergi ke kebun binatang dan lihat binatang yang asing bagi aku secara langsung.”

Vania : “Ok bro…”

mungkin ini untuk 5/6 orang

9. Lakon RemajaArlojiKarya P HariyantoKisah ini terjadi di sebuah kamar depan keluarga yang cukup terpandangTerdapat berbagai perlengkapan yang lazim di kamar samu semacam itu, namunyang terpenting ialah seperangkat meja dan kursi tamu. Pada kira-kira pukul 09.00drama ini terjadi.Dengan penuh kenangan Judul membersihkan membersihkan meja dankursi-kurssi Kepalanya melengyur-lenggut, pantatnya bergidal-gidul seinama denganmusik dangutur angewengar meriah Jidul terkejut ketika musik mendadak berhenti.(1) Pak Pikun : (muncul, langsung menuju Jidul "Ayo! Mana! Berikan kem-bali padaku! Ayo! Mana!"(2) Jidul : (berah-uh, sambil memberikan isyarat yang menyatakan keri-dakmengertiannya)(3) Pak Pikun : "Jangan berlagak lupa! Siapa lagi kalau bukan kamu yangmengabilnya? Ayo, Jidul, kamu sembunyikan di manaheh?"(4) Jidul : (ber-ah-uh, semakin bingung dan takut)(5) Pak Pikun : "Dasar tangan panjang! Belum sampai sebulan di sini kamusudah kambuh lagi, ya? Dasar nggak tahu diri! Ayo, kemba-likan kepadaku! Mana, heh?"(6) Jidul : (meringkuk diam)(7) Pak Pikun : (semakin keras suaranya) "Jidul! Kamu mau kembalikan apatidak? Mau insaf apa tidak? Apa mau kupanggilkan orang-orang sekampung untuk mengadilimumu, heh? Kamu maudipukuli seperti dulu lagi atau mau aku bawa ke meja hijau?Ayo, mana?"(8) Ibu : (Muncul tergesa-gesa) "Eh, ada apa Pak Pikun? Ada apa de-**.ngan Jidul(9) Pak Pikun : "Anak ini memang tidak pantas dikasihani, Bu. Dia mencurilagi, Bu!"(10) Ibu: "Mencuri?" (tertegun). "Kamu mengambil hak orang lainlagi. Jidul?"(11) Jidul: ( ber-ah-uh sambil menggoyang - goyangkan kepala dan tangannya)(12) Pak Pikun: "Mungkir,ya? Padahal jelas,Bu! Tadi saya mandi.Setelah itu arloji saya tertinggal di kamar mandi.Lalu dia masuk,entah mengapa.Lalu tidak ada lagi arloji saya,Bu."(13) Ibu: "O. arloji Pak Pikun hilang, begitu"(14) Pak Pikun: "Bukan hilang,Bu! Jelas dicurinya! Ayo ngaku saja. Jidul!"(15) Jidul= (ber-ah-uh mencoba menjelaskan ketidaktahuannya)(16) Pak Pikun : "Masih mungkir? Minta ku pukul?": sabar, Pak Pikun! Sabar, kendalikan diri!": (Meloncat, lari ke luar dikejar oleh Pak Pikun)gitu, keras kepala pula."- (ber-ah-ah sambil menggoyang-goyangkan kepala dan tangan(17) Ibu:"Sabar,Pak Pikun! Sabar,kendalikan diri!"(18) Pak Pikun : Maaf, Bu. Ini biar saya urus sendiri! Kamu baru mau ngakukalau dipukul, ya? Sini!" (Mau memukul si Jidul).(19) Jidul:(Meloncat,lari ke luar dikejar oleh Pak Pikun)(20) Ibu: "Sabar dulu Pak Pikun! Diperiksa dulu! (mendesah sendiri)Ya, ampun. Orang sudah tua kok gegabah, tidak sabaran begitu,keras kepala pula."(21) Tritis:( Muncul membawa buku dan alat tulis) "Uh! Pagi-pagi sudah mencuri. Nganggu orang belajar saja!"(22) Ibu: "Belum jelas, Tritis!"(23) Tritis: "Ah, ibu sih suka membela si Jidul! Siapa lagi kalau bukandiayang mengambil arloji Pak Pikun? Apa ibu lupa? Diakan dulu ketahuan mencuri ayam kita, ketahuan, mau dipu-kuli orang malah kemudian dibela ayah dan ditampung dirumah kita. Keenakan dia, maka kini mencuri lagi!"(24) Ibu: "Ya, memang, dulu pernah mencuri. Itu karena ia kelaparan.Tetapi, belum tentu sekarang dia mengambil arloji Pak Pi-kun, Tritis!"(25) Tritis: "Kalau bukan si Jidul, apaIbu atau aku yang mengambilarloji itu, Ibu?” (Tertawa).(26) Ibu : (Menemukan ide). "Ah! Mungkin masih ada di kamar man-di, Tritis! Atau mungkin di dekat jemuran. Pak Pikun kanpelupa. Mari kita coba mencarinya! (Bersama Tritis melang-kah ke kiri akan ke luar, tetapi kemudian terhenti) Terdengarsuara rusuh. Si Jidul kembali meloncat masuk dari kanan.Maunya berlari, tetapi tersandung sesuatu.la jatuh tergulingmengejutkan Ibu dan Tritis. Dan sebelum sempat bangkit,Pak Pikun sudah keburu masuk pula dan menangkapnyadengan geram."(27) Pak Pikun: (sambil mengacung-acungkan penggada besar, tangan kirinyatetap mencengkeram leher kaus si Jidul). ”Mau, lari ke manalagi, heh? Ku pukul kamu sekarang!"(28) Ibu : "Sabar, Pak! Tunggu dulu!"(29) Pak Pikun : "Tunggu apa lagi, Bu! Anak nggak benar ini harus saya ajarbiar kapok. (Akan memukulkan penggadanya).”(30) Ibu: "Tunggu dulu! Siapa tahu, Jidul benar tidak mencuri danPak Pikunyangtidak benar menaruh arlojinya!”(31) Pak Pikun : "Tak mungkin, Bu! Saya yakin, si bocah ini pencurinya.Kamu harus menanggung akibatnya.” (akan memukulkanpenggadanya).(32) Tritis : (Melihat tangan Pak Pikun) "Eh, lihat! Arlojinya kan itu! Dipergelangan tangan kananmu, Pak Pikun. Lihat! (Tertawangakak).(33) Ibu: "O, iya! Betul! Dasar Pak Pikun ya Pikun!" (Tertawa geli).Pak Pikun tertegun memandang pergelangan tangannya yang kanan. Dilepas-kannya si Jidul. Diamat-amatinya arloji itu. Penggadanya sudah dijatuhkan.Dengan sangat malu, ia berjalan ke luar tertegun-tegun, diiringi gelak tawa Ibudan Titis. Sementara itu, si Jidul pun tertawa-tawa pula dengan caranya sendiriyang spesifik.Sumber: Kumpulan Naskah Remaja (dengan pengubahan)​


still have to do it again I don't know how to do it again and


10. yo1. peristiwa mengubah tuturan dari satu bentuk ke bentuk yang lain dinamakan? A. Pertanyaan B. Pernyataan C. Anase D. Refrese E. Parafrasa 2. Prasa biasa digunakan dalam bentuk? a. Lisan dan tulisan b. dialog dan monolog c. pertanyaan dan pernyataan d. Percakapan dan Drama e. Cerita 3. Prasa tertulis dimaksudkan untuk... A. menghindari kesinambungan tulisan B. menulis hal-hal pokok C. Menghindari wacana yang membosankan D. Meringkas Tema yang luas E. Menjalin Komunikasi 4. Parafrasa tertulis bermanfaat untuk A. Digunakan Sesuai kemampuan penulis B. Memilih Ragam bahasa C.Menyampaikan keinginan penulis D. Mengulangi pernyataan yg sama E. Menyusun Pidato Khusus 5. Ragam tulis tang memungkinkanborg menggunakan parafrasa trdpt dlm situasi kebahasaan A. Pidato tertulis B. Tanyajawab C. Artikel D. Teks/naskah drama E. Makalah 6. Naskah drama yang sulit ditafsirkan maknanya dapat diubah bentuknya. proses mengubah bentuk puisi menjadi bentuk prosa disebut juga A. parafrasa b. para-para c. resensi d. paradigma e. Referensi 7. kegunaan lain dari parafrasa tertulis, Kecuali A. untuk memperjelas maksud dalam sebuah tulisan B. untuk mengatasi kebosanan dalam memilih kata C. untuk mempermudah penafsiran tuturan D. untuk mempersantun ungkapan E. untuk menghindari kaidah kebahasaan Prof mol mol : Kurasa aku tahu sebabnyam akhir-akhir ini dia sering sms ke aku kalau keluarganya agak berantakan. itu gara-gara... yah, kamu tahulah (tersenyum) dan kemudian ia mendapatkan ide untuk mencuri larutan milikku yang memungkinkan kita untuk menerima rangsangan dua kali lipat dari biasanya. dan itulah larutan ini dibuat. Harry: Lho...Bukankah Larutan itu untuk menyelamatkan orang? Parafrasa yang tepat untuk menggantikan dialog tersebut adalah... a.kekacauan keluarga menimbulkan aksi negatif b.dialog tentang keluarga yang berantakan c.sbab adanya sms D. tidak tahu penyebab hilangnya larutan E. tidak ada pengganti larutan


b.dialog tentang keluarga yang diberantakan1:pernyataan................

11. 1. Jelaskan pengertian drama menggunakan bahasamu sendiri!2. Sebutkan dan jelaskan macam-macam drama!3. Sebutkan Unsur Intrinsik dalam sebuah naskah drama!4.sebutkan dan jelaskan unsur kebahasaan yang terdapat dalam naskah drama!5. perhatikan ilustrasi berikut.Toni adalah seorang siswa yg terlahir dari keluarga yg kurang mampu. Pada suatu ketika Toni harus membayar uang sekolah,tetapi orangtuanya tidak bisa membayarnya. alhasil dg cara bekerja mengumpulkan smpah bekaslah,ia dapat membayar uang sekolah.*Dari cerita tersebut,buatlah naskah dengan ketentuan masing-masing tokoh mendapatkan 6 dialog,jumlah tokoh adalah 3 orang*​


Jawaban:

1. Drama adalah suatu percakapan antara dua orang atau lebih.

2.-

3. Unsur instrinsik drama yaitu tema, alur, latar/setting, bahasa, amanat, tokoh/penokohan

4. Orang ketiga sering dipakai untuk kata ganti orang

5.-

Penjelasan:


12. 1. Buah duku buah kedondong Dimakan orang sambil berdiri Baru berharta jadi sombong Seperti badan tak akan mati Jelaskan isi pantun di atas! 2. Pendapat keluarga Pak Hadi setiap bulan tidak cukup untuk makan secara layak. Apa sinonim kata pendapat? 3. Cinderamata itu diperoleh dari sahabatnya. Cinderamata artinya.... 4. Naskah drama berbentuk.... 5. Puisi biasanya ditulis dengan berbentuk.... 6. Livie membaca biografi tokoh terkenal. Kata biografi artinya.... 7. Ia gugur mempertahankan Ibu Pertiwi. Apa maksud Ibu Pertiwi?


1. Pantun itu menceritakan orang yang baru saja punya harta berlebih, langsung sombong seolah hartanya kekal.
2. Pendapatan = gaji
3. Buah tangan atau oleh-oleh
4. Dialog
5. Bait
6. Riwayat hidup seseorang yg dibuat oleh orang lain
7. Tanah air Indonesia

13. 11. Cermati teks drama berikut!Bondan : Bertahanlah, Butet, bertahanlah! Akuakan membawamu ke markas. Di sanakamu akan mendapatkan perawatan.Butet : Tinggalkan saja aku di sini! Mundurlah sebelum musuh menangkapmu! Biarkan aku di sini! Pergilah, selamatkanlah dirimu!Gerakan pemeran tokoh Butet pada dialog di atas yang tepat adalah . . . .A. menodongkan senjata kepada BondanB. menunjukkan tangan ke suatu arahC. menadahkan tangan ke atasD. mengangkat kedua tangan ke atasBacalah kutipan teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!Pak Mamat : Begini, Bu! Dadang ini kan bilang sama saya kalau dia ingin kerja. Dia butuh uang untuk ikut karyawisata ke Bali.Bu Mamat : Oh. Tapi, kamu kan harus sekolah, Dang.Dadang : Ya, maksud saya saya akan bekerja sepulang dari sekolah, Bu.Pak Mamat : Begini saja, Dang. Kamu tidak usah bingung. Mulai besok kamu datang ke bengkel saya. Nanti saya akan mengajarimu. Saya akan bantu kamu biar kamu dapat ikut karyawisata ke Bali.Dadang : Benarkah, Terima kasih, Tuhan. (Dadang merasa senang, mencium tangan Pak Mamat, lalu memeluknya). terima kasih pak!12. Suasana yang tergambar dalam kutipan naskah drama tersebut adalah …. A. MengecewakanB. Menegangkanc. MengecewakanD. Mengharukan13. Perwatakan tokoh Pak Mamat dalam kutipan teks drama adalah….A. Ramah, bijaksanaB. Baik hati, pemaksaC. Baik hati, peduliD. Pamer, Baik hati14. Bacalah cuplikan drama berikut!Ijah : Sudah saatnya makan malam, kok, anak kita belum juga pulang, ya Kang.Pardi : Entahlah, Jah. Tadi pamitnya sepulangsekolah mau belajar bersama di rumah temannya. Katanya di rumah Yanto, anaknya Pak Jiman, begitu ….Ijah : Susullah ke rumah Pak Jiman, Kang. Aku khawatir terjadi apa-apa pada Jono.Pardi : Baik, akan kucari. Sekarang kamu masuksaja. Tunggu di dalam rumah. Setting yang tepat untuk menggambarkan latar drama tersebut, yaitu . . . . A. panggung menggambarkan suasanasebuah ruang keluarga.B. panggung menggambarkan suasanasebuah ruang kelas.C. panggung menggambarkan suasana dipingir jalan raya.D. panggung menggambarkan suasanasebuah teras rumah.15. Bacalah kutipan drama berikut!1. Putri : Angling,...! Kau jangan bersikap tidak sopan kepada orang tua!2. Angling : Biarin aja, toh mereka tidak peduli.3. Putri : Bukannya tidak peduli, tapi mereka sibuk mencari uang buat kita anak-anaknya.4. Angling : Itu hanya alasan saja! [mondar mandir seperti orang kebingungan]5. Putri : Angling, jika dinasihati itu, cobalah dituruti jangan menuruti kemauanmu saja!Perbaikan kesalahan petunjuk lakuan nomor 4 pada naskah drama tersebut adalah .... A. (Angling tertawa geli, kemudian ia ngeloyor pergi dari rumah)B. (Sambil menggerutu, dari teras Angling masuk ke dalam rumah.)C. (Sambil melotot matanya, dari teras Putri masuk ke dalam rumah.)D. (Putri terkekeh, kemudian ia pergi dari rumah)16.Bacalah kutipan drama berikut untuk menjawab soal nomor 16,17,18! Ayah : Kau sepertinya tidak suka melihat ayah di sini, Dam. (1 )Adam : Ya. Aku tidak suka. Kecuali Ayah bilang pada Zuz den Qon, bahwa cerita¬-cerita itu bohong. (2)Ayah : (menggeleng) Aku tidak bohong! (3)Adam : Kalau begitu Ayah tahu resikonya. Ayah harus pergi dari sin. (4)Taani : Dam! (Taani berseru kencang. sambil menages) Jangan lakukan, aku mohon, jangan lakukan itu. Itu ayah Dam. Ayah kau! yang menggendong kau saat bayi. Itu ayah Dam. (5)Ayah : Baik.. Baiklah. (ayah berdiri matanya redup) (6)Taani : Jangan pergi! (berlari menahan lengan ayah) Aku mohon, Ayah jangan pergi. (7)Ayah : Ayah tidak kemana-mana bukan? (rertawa kecil) Kau dan anak-anak bebas mengunjungiku kapan saja di sini (menunjuk kuburan). (8)Taani : Apa? Ayah mau tingal di sini? (9)41. Bukti Latar kutipan drama tersebut ditunjukkan dengan nomor A. (1) dan (3)B. (6) dan (7)C. (4) dan (5)D. (8) dan (9)17. Kata ganti orang kedua dalam kutipan drama tersebut ditunjukkan dengan nomor A. (1), (3) dan (7)B. (6), (7) dan (9)C. (1), (5) dan (8)D. (2), (4) dan (9)18. Kalimat perintah yang terdapat dalam kutipan drama tersebut adalah …. A. Kau sepertinya tidak suka melihat ayah di sini, Dam.B. Ayah kau! yang menggendong kau saat bayi.C. Aku mohon, Ayah jangan pergiD. Ayah harus pergi dari sini.​


11. B. menunjukkan tangan ke suatu arah

12. D. Mengharukan

13. C. Baik hati, peduli

14. D. panggung menggambarkan suasanasebuah teras rumah

15. B. (Sambil menggerutu, dari teras Angling masuk ke dalam rumah.)

16. B. (6) dan (7)

17. C. (1), (5) dan (8)

18. D. Ayah harus pergi dari sini.


14. yo1. peristiwa mengubah tuturan dari satu bentuk ke bentuk yang lain dinamakan? A. Pertanyaan B. Pernyataan C. Anase D. Refrese E. Parafrasa 2. Prasa biasa digunakan dalam bentuk? a. Lisan dan tulisan b. dialog dan monolog c. pertanyaan dan pernyataan d. Percakapan dan Drama e. Cerita 3. Prasa tertulis dimaksudkan untuk... A. menghindari kesinambungan tulisan B. menulis hal-hal pokok C. Menghindari wacana yang membosankan D. Meringkas Tema yang luas E. Menjalin Komunikasi 4. Parafrasa tertulis bermanfaat untuk A. Digunakan Sesuai kemampuan penulis B. Memilih Ragam bahasa C.Menyampaikan keinginan penulis D. Mengulangi pernyataan yg sama E. Menyusun Pidato Khusus 5. Ragam tulis tang memungkinkanborg menggunakan parafrasa trdpt dlm situasi kebahasaan A. Pidato tertulis B. Tanyajawab C. Artikel D. Teks/naskah drama E. Makalah 6. Naskah drama yang sulit ditafsirkan maknanya dapat diubah bentuknya. proses mengubah bentuk puisi menjadi bentuk prosa disebut juga A. parafrasa b. para-para c. resensi d. paradigma e. Referensi 7. kegunaan lain dari parafrasa tertulis, Kecuali A. untuk memperjelas maksud dalam sebuah tulisan B. untuk mengatasi kebosanan dalam memilih kata C. untuk mempermudah penafsiran tuturan D. untuk mempersantun ungkapan E. untuk menghindari kaidah kebahasaan Prof mol mol : Kurasa aku tahu sebabnyam akhir-akhir ini dia sering sms ke aku kalau keluarganya agak berantakan. itu gara-gara... yah, kamu tahulah (tersenyum) dan kemudian ia mendapatkan ide untuk mencuri larutan milikku yang memungkinkan kita untuk menerima rangsangan dua kali lipat dari biasanya. dan itulah larutan ini dibuat. Harry: Lho...Bukankah Larutan itu untuk menyelamatkan orang? Parafrasa yang tepat untuk menggantikan dialog tersebut adalah... a.kekacauan keluarga menimbulkan aksi negatif b.dialog tentang keluarga yang berantakan c.sbab adanya sms D. tidak tahu penyebab hilangnya larutan E. tidak ada pengganti larutan


1. e. Prafrasa
2. a. Lisan dan tulisan
3. a. menghindari kesinambungan tulisan
4. d.mengulangi pernyataan yang sama
5. b. tanya jawab
6. c. resensi
7. a. untuk memperjelas maksud dalam sebuah tulisan

15. Film "Negeri 5 Menara" berkisah tentang Alif, pemuda yang menghabiskan hidupnya di tengankeluarga religius di Tanah Gadang. (2) la bermimpi menjejakkan kaki di pulau jawa danmasuk dalam barisan mahasiswa sebuah kampus tersohor di Bandung (3) Sayang. Ongtuanya menganggap sia-sia kalau sudah sampai di Jawa, Alif tidak menuntut ilmu agama(4) Jadilah Alif seorang murid Pondok Madani. (5) Untungnya, ada kelima sahabatnyayang sukses membuat Alif sedikit kerasan di tengah peraturan yang mengikat dan kadangterkesan konyol.16. Kalimat yang menggunakan EYD salah adalah kalimat ke...A 1B 2C. 3 . D. 4 E 517. Kalimat yang menggunakan konjungsi korelatif yang tepat adalahA Film ini bukan yang pertama kali menceritakan dunia persahabatan tetapi kedua kaliB. Tidak hanya tokoh utama yang menghibur masyarakat, melainkan tokoh sampinganpun jugaC. Entah masyarakat menolak ataupun tidak, film ini tetap akan ditayangkan karenabersejarahD. Film ini diceritakan sedemikian alamiah sehingga mendapat hati masyarakatE. Jangankan amanat, latar dan konfik tidak digarap dalam film iniTidak ada tanda atau simbol apa pun yang mengantar pukulan itu. Biasanya pukulanitu datang melalui sebuah proses yang bisa dilihat pada konstruksi konteks yangmelatarinya. Dalam dunia teater Putu Wijaya, kelaziman seperti ini tidak ada Demikianlahmenurut Malna mengenai naskah Putu Wijaya.18. Kalimat yang cocok untuk menjadi gagasan utama paragraf teks ulasan drama di atasadalah...A. Pukulan-pukulan datang dengan bertubi-tubi tanpa alasan yang berartiB. Gaya bahasa dalam teater Putu Wijaya membuat teks bisa pergi begitu saja dandatang secara mendadak seperti sebuah pukulan yang tidak terdugaTeks bagi Putu Wijaya bukan sebuah produk bahasa, melainkan pukulan yangdatang.D. Ini adalah strategi Putu dalam mendesain teks.E. Intonasi yang cepat layaknya pukulan menjadi satu ciri khas tersendiri.20. Ragam baku terdapat pada kalimat....F. Bagi yang tidak dapat memenuhi syarat akan dinyatakan gugurG. Orang yang telah membaca pasti akan telah lebih memahami cerita itu.H. Di dalam musyawarah itu membahas rencana pembangunan jalan.I. Ayahku seorang gubernur di Kota Sukasenang.J.pesawat tempur Israel itu dilengkapi rudal yg sangat canggih​


Jawaban:

16. D. 4.

17. C. entah masyarakat menolak atau pun tidak, film ini tetap akan ditayangkan karena bersejarah.

18. E. intonasi yang cepat layaknya pukulan menjadi satu ciri khas tersendiri.

20. F. bagi yang tidak dapat memenuhi syarat akan dinyatakan gugur.

Penjelasan:

Maaf Kalau Salah!!!!!

Semoga Bermanfaat!!!!!


Video Terkait Dengan Topik Diatas


Posting Komentar

0 Komentar