asbabun nuzul surat al - baqarah ayat 30-32
1. asbabun nuzul surat al - baqarah ayat 30-32
Jawaban:
ahlan.kholifah dimuka bumi
2. asbabun nuzul dari surat al baqarah ayat 153
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
3. Bagaimana asbabun nuzul surat al - baqarah ayat 283?
jika kamu dalam perjalanan (dan bermu'amalah tidak secara tunai) sedang kamu tidak memperoleh seorang penulis maka hendaklah ada barang tanggungan yang dipegang (oleh yang berpiutang) akan tetapi jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain maka hendaklah yang dipercayai itu menunaikan amanatnya (hutangnya) dan hendaklah ia bertakwa kepada allah tuhannya dan janganlah kamu (para saksi) menyembunyikan persaksian dan barangsiapa yang menyembunyikannya maka sesungguhnya ia adalah orang yang berdosa hatinya dan allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan
4. asbabun nuzul surat al-baqarah ayat 262??#tolongg
Jawaban:
Orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang dia infakkan itu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka.Penjelasan:
Semoga bermanfaat5. asbabun nuzul surat al-baqarah ayat 204-205
Jawaban:
Dalam kitab tafsir Ibnu Jarir jilid II meriwayatkan dari As-Suddy, asbabun nuzul dari surat Al-Baqarah ayat 204-205 adalah bahwa ayat tersebut menyinggung perilaku Ubay Al Akhnas bin Syuraiq Ats Tsaqafi yaitu seorang anggota dari kabilah Bani Zukhra yang memusuhi Rosulullah.
Jawaban:
adalah bahwa ayat tersebut menyinggung perilaku Ubay Al Akhnas bin Syuraiq Ats Tsaqafi yaitu seorang anggota dari kabilah Bani Zukhra yang memusuhi Rosulullah.
Penjelasan:
semoga membantu k :)
6. asbabun nuzul surat al-baqarah ayat 204-205
Dalam kitab tafsir Ibnu Jarir jilid II meriwayatkan dari As-Suddy, asbabun nuzul dari surat Al-Baqarah ayat 204-205 adalah bahwa ayat tersebut menyinggung perilaku Ubay Al Akhnas bin Syuraiq Ats Tsaqafi yaitu seorang anggota dari kabilah Bani Zukhra yang memusuhi Rosulullah.
Kala itu dia datang kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengutarakan maksudnya mau masuk islam dengan memperlihatkan keseriusannya sehingga sampai membuat Nabi menjadi kagum karena bahasa tutur katanya yang sangat menarik. Lalu saat dia pulang dari bertemu Nabi, dia melewati kebun dan ternak milik kaum muslim dan dia membakar tanamannya serta membunuh binatang ternaknya.
Maka Allah menurunkan Surat Al-Baqoroh ayat 204-205 untuk mengingatkan kaum muslimin terhadap sifat-sifat orang munafik dan tindakannya yang bebahaya dari tipu daya mulut yang berkata manis.
7. asbabun nuzul dari surat al baqarah ayat 153
Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al-Baqarah: 153) Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya. (QS. Al-Baqarah: 154)
kunjungi blog saya : https://alquranmulia.wordpress.com/2015/04/06/tafsir-ibnu-katsir-surat-al-baqarah-ayat-153-154/
8. Asbabun nuzul surat AL baqarah ayat 267-269
Penjelasan:
Asbabun Nuzul surat al Baqarah ayat 267: Diriwayatkan dari jabir bahwasanya Rasulullah SAW.memerintahkan orang-orang beriman untuk menunaikan zakat fitrah dengan kurma. lalu, datang lah seseorang yang menunaikan zakat nya dengan yang buruk buruk. Maka dari itu turunlah ayat ini. Diriwayatkan pula dari Ibnu Abbas bahwa para sahabat Rasulullah SAW.biasa membeli kurma yang murah kemudian menyedekahkan nya lalu, turunlah ayat ini. (Lubabun Nuqul: 38)
maafkalosalah:)
9. Apa Asbabun nuzul dari surat al-isra ayat 32
menerangkan bahwa jangan lah kita mendekati zina
10. Asbabun nuzul surat al maidah ayat 32
bahwa seorang sahabat yg telah dibunuh, dan sahabat lainnya hendak membalas dan membunuh orang terebut , maka turunlah ayat ini ,
yang menjelaskan/memaksudkan bahwa dalam islam boleh membunuh jika itu qishosh , akan tetapi jika bukan qishosh sama halnya membunuh semua manusia
11. Jelaskan asbabun Nuzul Surat Al Baqarah ayat 155-156! Serta bagaimana kita menyikapinya!
Jawaban:
Dalam masa-masa tidak biasa ini, tagar #dirumahasaja mengingatkan semua orang untuk sejauh mungkin menjaga jarak dengan kerumunan. Tak lain tak, rasa takut dan alasan “demi keselamatan keselamatan” adalah insting pertama umat manusia sebagai respon dalam menghadapi musibah seperti pandemi Corona. Dan, ujian pertama yang menguji dalam QS al-Baqarah [2]: 155-156.
ولنبلونكم بشيء من الخوف والجوع ونقص من الأموال والأنفس والثمرات وبشر الصابرين # الذين إذاصابتهم مليبل قوابتهم مليبل و
Dan sungguh Kami akan memberikan cobaan kepadamu, dengan ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang ramah ditimpa musibah, mereka mengucapkan “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun” (QS al-Baqarah [2]: 155-156).
Ibn Asyur, seperti dikutip Prof. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah, menyebutkan bahwa istilah syay ' merupakan sebuah bagian kecil dari entitas yang lebih besar. Syay ', dengan kata lain, bisa disebut sebagai “ujian yang sedikit” saat seseorang dihadapkan dengan rahmat Tuhan yang begitu luasnya (Quraish Shihab, 2005: 364-367).
Ini juga berkaitan dengan konteks ayat 153 yang meminta orang-orang mukmin untuk memohon pertolongan kepada Tuhan dengan cara menyatakan sabar dan melaksanakan shalat. Konsekuensi dari pengertian di atas, apapun jenis cobaan yang merujuk sebagai uraian dari kata syay ' adalah bentuk tahqir (pengecilan) dari hikmah yang terdapat dalam QS al-Baqarah [2]: 153, yakni isti'anah (keterkaitan permintaan pertolongan) antara Allah dan hambanya. Lebih jauh, bentuk tahqir tersebut merupakan respon al-Quran sebagai koreksi atas sikap umum manusia yang menumpahkan seluruh reaksi emosionalnya terhadap cobaan itu sendiri.Dalam pengertian ini, demikian kata Prof. Quraish, maka ujian yang sebenarnya adalah bagaimana respons manusia itu sendiri. Bagi beliau, ujian terbesarnya adalah kegagalan manusia dalam kesalahan atas percobaan tersebut (Quraish Shihab, 2005: 365).
Salah satu ujian yang coba di- tahqir (perkecil) adalah khauf . Istilah ini ketakutan pada makna ketakutan. Ibn Asyur melukiskan rasa takut ini dengan respon umat islam manakala terlibat konfrontasi dengan orang-orang Makah di masa awal hijrah (ibn Asyur, Juz 2, 1984: 54).
Sementara, as-Samarqandi dalam Bahr al-ulum menyebutkan rasa takut ini adalah histeria yang menimpa umat Islam dalam perang Khandaq (as-Samarqandi, Juz 1, 1993: 169). Lha gimana, menyadari jumlah umat Islam yang tidak ada, lalu politik dan militer yang sangat singkat, serta sumber daya ekonomi yang masih rendah dibandingkan dengan yang dimiliki saingan di Makah tentu saja menimbulkan histeria ketakutan yang berlebihan (Fakhruddin ar-Razi, Juz 4, 1981: 165).
Dari as-Samarqandi, sekurang-kurang kita bisa melihat bahwasanya yang disebut sebagai bentuk ujian kecilnya jumlah umat Islam atau kamar persediaan senjata dan makanan akibat embargo dalam perang Khandaq, melainkan rasa takut. Dan, rasa takut inilah yang justru akan menghalangi relasi antara manusia dengan Tuhannya.
Wabah corona tentu membawa kita pada histeria yang kurang lebih sama. Rasa takut ini terbukti menciptakan gejolak dan respons sosial yang sangat tidak teduh. Bayangkan saja, para otak kapitalis memborong potensi secara membabi buta; masker, pembersih tangan , bahan pokok dan lain semacamnya. Demikian juga dengan sejumlah politisi yang memanfaatkan pandemi ini untuk mencari panggung. Tak mau kalah, sebagian agamawan dan pendakwah justru memanfaatkan ketakutan masyarakat untuk menggaet jamaah.
Maka, sebagai hamba yang daif, tidak ada salahnya untuk kita menguatkan kembali hikmah yang didengungkan QS al-Baqarah [2]: 153, yakni al-isti'anah . Ringkasnya, agar rakyat tidak menjadi umat yang pasif-fatalis atau aktif-gegabah dalam menghadapi pandemi Corona, maka mari bersama meminta pertolongan kepada Tuhan dengan cara yang elegan cum kaffah , yakni tidak saja menggalakkan upaya lahiriah, tetapi juga pintu langit lewat doa.
Atau, seperti pesan Angela Merkel : yang ahli silakan bicara dan bertindak dari sisi teknis, sedangkan yang tidak ahli, lebih baik bicara dan bertindak dengan bahasa kemanusiaan. Virus Corona bukan lagi mainan kanak-kanak.
12. asbabun nuzul al baqarah ayat 153
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ (١٥٣) وَلا تَقُولُوا لِمَنْ يُقْتَلُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتٌ بَلْ أَحْيَاءٌ وَلَكِنْ لا تَشْعُرُونَ (١٥٤) وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأمْوَالِ وَالأنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ (١٥٥) الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ (١٥٦) أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ
Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya. Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan, dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.” Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. Al-Baqarah: 153 –157).
13. asbabun nuzul dari surat al fathir ayat 32
asbabul nuzulnya: menzalimi diri sendiri ialah orang yang lebih banyak kesalahan dari pada kebaikannya, dan "pertengahan" ialah orang yg kebaikannya berbanding sama dengan kesalahannya,sedangkan yang dimaksud dengan " orang orang yang lebih dahulu dalam berbuat kebaikan " ialah orang orang yang kebaikannya sangat banyak dan jarang berbuat kesalahan. itulah sebabnya di turunkan surat ini,semoga membantu.
14. asbabun nuzul surat al baqarah ayat 185
Jawaban:
artinya :
"Bulan Ramadhan adalan (bulan) yg didalamnya diturunkannya Al-Qur'an,sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan*mengenai itu pembeda.
( antara yg baik dan yg batil )karena itu barang siapa diantara km ada dibulan itu,maka berpuasalah.Dan barang siapa yg sakit/dalam perjalanan (dia tidak berpuasa)maka wajib menggantinya sebanyak hari yg ditinggalkannya itu ,pada hari yg lainnya .
Allah menghedaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuknya yg diberikan kepadamu agar km bershukur
mohon maaf jika salak
15. Apa asbabun nuzul dari surat al baqarah ayat 83
Jawaban:
Berikut ini adalah asbabun nuzul surat Al-Baqarah ayat 83:Sikap orang-orang yahudi di masa lampau yang penuh dosa, mereka ingkar janji, serta banyak melakukan pelanggaran terhadap batas-batas yang telah ditetapkan Allah
Penjelasan:
وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ لَا تَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا مِنْكُمْ وَأَنْتُمْ مُعْرِضُونَ
Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kalian menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada ibu bapak, kerabat, anak yatim, dan orang miskin. Dan ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia serta dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kalian tidak memenuhi janji itu, kecuali sebagian kecil dari kalian dan kalian selalu berpaling (QS. al-Baqarah: 83).
16. jelaskan asbabun nuzul dari surat al baqarah ayat 11-12?
Penjelasan:
Yang dimaksud pada ayat ini adalah: Janganlah kalian membuat kerusakan di muka bumi dengan kemunafikan, berteman akrab dengan orang-orang kafir, serta menjauhkan manusia dari beriman kepada Muhammad SAW dan Al Qur'an. Karena bila kalian melakukan itu, maka akan rusaklah apa yang ada di bumi karena binasanya tubuh, hancurnya bangunan, dan rusaknya tanaman, sebagaimana yang dapat disaksikan saat berkecamuknya kekacauan dan Pertikaian. (Fathul Qadir I/169)
17. Asbabun nuzul al baqarah ayat 153
menceritakan tentang hijrahnya nabi muhammad sawmenjelaskan tentang bersabar dan meminta pertolongan kpd Alloh
18. menunjukkan asbabun nuzul surat Al-Baqarah ayat 80-90
Penjelasan:
وَقَالُواْ لَن تَمَسَّنَا ٱلنَّارُ إِلَّآ أَيَّامٗا مَّعۡدُودَةٗۚ قُلۡ أَتَّخَذۡتُمۡ عِندَ ٱللَّهِ عَهۡدٗا فَلَن يُخۡلِفَ ٱللَّهُ عَهۡدَهُۥٓۖ أَمۡ تَقُولُونَ عَلَى ٱللَّهِ مَا لَا تَعۡلَمُونَ ٨٠
Artinya: “Dan mereka berkata, "Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja." Katakanlah, "Sudahkah kalian menerima janji dari Allah sehingga tidak akan memungkiri janji-Nya, ataukah kalian hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kalian ketahui?”
Asbabun Nuzul ayat ini yaitu: “Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa di waktu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sampai ke Madinah, kaum Yahudi berkata: ‘Umur dunia itu tujuh ribu tahun. Manusia disiksa tiap seribu tahun dari hari dunia ini sehari di akhirat, sehingga jumlahnya hanya tujuh hari saja, dan setelah itu putuslah siksaan itu.” Maka Allah Ta’ala menurunkan ayat ini sebagai bantahan dan peringatan kepada orang-orang yang menganggap dirinya lebih tahu daripada Allah Ta’ala.” (Diriwayatkan oleh Ath-Thabari di dalam Kitab Al-Kabir, dan Ibnu Jarir, Ibnu Abi Hatim, dari Ibnu Ishaq, dari Muhammad bin Ali Muhammad, dari Ikrimah atau Sa’id bin Jubair, yang bersumber dari Ibnu Abbas)
semoga membantu ya:)
19. Asbabun nuzul surat al baqarah ayat 284-286
Diriwayatkan oleh Muslim dan lain-lainnya yang bersumber dari Abi Hurairah. Begitu juga diriwayatkan oleh Muslim dan lainnya yang bersumber dari Ibnu Abbas: “Wa in tubdu ma fi anfusikum au tukhfuhu yuhasibkum bihillah” (Al-Baqarah : 284), para sahabat merasa berkeberatan, sehingga datang kepada Rasulullah sambil berlutut memohon keringanan dengan berkata: “Kami tidak mampu mengikuti ayat ini”. Nabi Saw bersabda: “Apakah kalian akan berkata ‘sami’na wa ‘ashaina’ seperti yang diucapkan oleh dua ahli kitab (Yahudi dan Nasrani) yang sebelum kamu? Ucapkanlah ‘sami’na wa atha’na ghufranaka rabbana wa-ilaikal mashir’. Setelah dibacakannya kepada para sahabat dan terbiasakan lidahnya, turunlah (Al-Baqarah : 285) tersebut, dan turunlah ayat selanjutnya (Al-Baqarah : 286).
20. Apakah yang menjadi asbabun nuzul surat al-baqarah (2) ayat 148
Penjelasan:
Ayat ini adalah lanjutan dari keterangan tentang masing-masing golongan yang mempertahankan kiblatnya.
Al-Aufi meriwayatkan dari Ibnu Abbas mengenai tafsir ayat ini, ialah bahwa bagi tiap-tiap pemeluk suatu agama ada kiblatnya sendiri. Bahkan tiap-tiap kiblat pun mempunyai tujuan dan arah sendiri, mana yang dia sukai. Namun orang yang beriman tujuan atau kiblatnya hanya satu, yaitu mendapat ridha Allah.
Abul `Aliyah menjelaskan pula tafsir ayat ini demikian: "Orang Yahudi mempunyai arah yang ditujuinya, orang Nasranipun mempunyai arah yang ditujuinya. Tetapi kamu, wahai umat Muslimin, telah ditunjukkan Allah kepadamu kiblatmu yang sebenarnya."
Nabi lbrahim di zaman dahulu berkiblat ke Masjidil Haram, umat Yahudi berkiblat ke Baitul Maqdis, umat Nasrani berkiblat ke sebelah timur, dan Nabi-nabi yang lain pun tentu ada pula kiblat mereka menurut zamannya masing-masing, dan engkau wahai utusanKu dan kamu wahai pengikut utusanKu; kamu mempunyai kiblat. Tetapi kiblat bukanlah pokok, sebagai di ayat-ayat di atas telah diterangkan, bagi Allah timur dan barat adalah sama, sebab itu kiblat berubah karena perubahan Nabi. Yang pokok ialah menghadapkan hati langsung kepada Allah, Tuhan sarwa sekalian alam. itulah dia wijhah atau tujuan yang sebenarnya.
Semoga bermanfaat.
0 Komentar