close

Ad Code

Kelebihan Dan Kekurangan Metode Tanya Jawab


Kelebihan Dan Kekurangan Metode Tanya Jawab

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya ingin bertanya tentang perbedaan dan persamaan serta kelebihan dan kekurangan dalam metode pidato : A.Importu. B.Ekstemporan. C.Naskah. D.Memoriter atau menghafal. Hanya itu saja pertanyaan dari saya,mohon sangat untuk dijawab pertanyaan saya diatas. Terima kasih. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

Daftar Isi

1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya ingin bertanya tentang perbedaan dan persamaan serta kelebihan dan kekurangan dalam metode pidato : A.Importu. B.Ekstemporan. C.Naskah. D.Memoriter atau menghafal. Hanya itu saja pertanyaan dari saya,mohon sangat untuk dijawab pertanyaan saya diatas. Terima kasih. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.


Walaikumsallam

Pidato menggunakan teks

kekurangan :

1. tidak mendapat perhatian dari pendengar

2. tidak bebas mengekspresikan kata

3. menciptakan suasana yang kurang efektif dalam berpidato

4. membosankan

5. suara monoton dan terlihat kaku

Kelebihan :

1. lancar dan mudah dalam menyampaikan inti/maksud pidato

2. dapat mempersiapkan pidato dengan sangat matang

3. lengkap, sistematis, tidak ada yang terkupakan.

4. dengan mudah menguasai topik pembicaraan

Pidato dengan hafalan

Kekurangan :

1. apabila yang kita hafalkan melenceng dari permbicaraan dapat membingungkan

2. apabila tidak dapat mengingat dengan pasti isi pidato, akan terlihat kaku

kelebihan :

1. mendpat perhatian pendengar

2. dapat mempersiapkan topik pidato

3. melatih daya ingat

Metode Impromtu

Kekurangan :

1. tidak dapat menyiapkan topik pidato dengan matang

2. persiapan mendadak untuk menyusun pidato dengan benar

3. menyebabkan isi pidato yang melenceng dari tema

4. canggung ketika berpidato

5. tidak bisa menguasai tempat dan para pendengar

Kelebihan :

1. dapat mengekspresikan kata dalam berpidato

2. bebas memilih topik bahasan

Metode Ekstemporer

Kekurangan :

1. haruslah pintar2 dalam menyusun kata

Kelebihan :

1. materi yang diungkapkan secara sistematis dan lengkap

2. dapat mengekspresikan kata

3. mendapat perhatian dari pendengar

4. menciptakan suasana yang efektif

5. terlihat lancar dalam berpidato


2. 2. Tentukanlah struktur dari masing-masing paragraf dalam teks tersebut. 3. Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan isi teks yang telah dibaca a. Apakah metode forfire itu? B. Apa tujuan yang ingin dicapai melalui metode foxfire? C. Jelaskan contoh kerja sama antara guru dengan siswa dalam penerapan metode ini? D. Bimbingan dan petunjuk apa yang diberikan guru kepada siswa dalam penerapan metode ini? Е Jelaskan kelebihan dan kekurangan metode foxfire. F. Kapan siswa dapat memperoleh pendapatan finansial dalam penerapan metode ini? G.Menurut kamu, bagaimana caranya metode ini dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar? H. Jelaskan hubungan metode foxfire dengan PAKEM. (TEKS NYA ADA DI GAMBAR ATAS) tolong dijawab dengan benar jangan jawab ngasal ​


Bisa disimpulkan bahwa metode pidato terdiri atas empat macam, yaitu improptu, memoriter, naskah, dan ekstemporan. Keempat metode tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan


3. 2. Tentukanlah struktur dari masing-masing paragraf dalam tekstersebut.3. Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan isi teks yang telah dibaca a. Apakah metode forfire itu?b. Apa tujuan yang ingin dicapai melalui metode foxfire?c. Jelaskan contoh kerja sama antara guru dengan siswa dalam penerapan metode ini?d. Bimbingan dan petunjuk apa yang diberikan guru kepada siswa dalam penerapan metode ini?е Jelaskan kelebihan dan kekurangan metode foxfire.f. Kapan siswa dapat memperoleh pendapatan finansial dalampenerapan metode ini? g.Menurut kamu, bagaimana caranya metode ini dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar? h. Jelaskan hubungan metode foxfire dengan PAKEM.(TEKS NYA ADA DI GAMBAR ATAS)tolong dijawab dengan benarjangan jawab ngasal​


2. Struktur dari masing masing paragraf pada teks di atas ialah sebagai berikut:

Evaluasi : Paragraf 1.Deksripsi : Paragraf 2, 3, 4, dan 5.Penegasan ulang : Paragraf 6.

3. Berikut jawaban dari pertanyaan berdasarkan isi teks:

Metode foxfire adalah metode penugasan atau pemberian tugas kepada peserta didik untuk melakukan kajian kemasyarakatan ke suatu daerah.Tujuan yang ingin dicapai diantaranya meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga warisan sosial dan budaya masyarakat, meningkatkan keterampilan siswa dalam memproses pengumpulan data, serta meningkatkan keterampilan menulis.Yang dimaksud contoh kerja sama antara guru dengan siswa dalam penerapan metode foxfire adalah guru berperan sebagai mentor yang membimbing dan memberikan petunjuk kepada siswa. Bimbingan dan petunjuk yang diberikan guru kepada siswa dalam penerapan metode foxfire adalah bimbingan dan petunjuk dalam aktivitas pengumpulan data agar teradministrasikan dengan baik.Kelebihan metode foxfire diantaranya para siswa akan memiliki keterampilan dalam proses pengumpulan data lapangan, keterampilan dalam menulis, hasil menimbulkan kerja sama diantara sekolah dan penerbit, dan yang terakhir siswa akan mendapatkan pendapatan finansial jika hasil tulisannya dapat diterbitkan dan laku dijual. Kelemahan dari metode foxfire diantaranya memerlukan waktu yang cukup lama sehingga menyulitkan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum untuk membuat jadwal yang dapat mengakomodasi pelaksanaan metode foxfire. Kemudian memerlukan guru yang benar benar memiliki kemampuan untuk membimbing para siswa dalam menulis.Siswa dapat memperoleh pendapatan finansial atau ekonomi ketika hasil tulisannya diterbitkan dan laku dijual.Metode foxfire dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar dengar cara melaksanakan model penugasan proyek yang dilaksanakan di luar waktu kegiatan belajar mengajar.Hubungan metode foxfire dengan PAKEM (Pembelajaran siswa Aktif, Kreatif, Inovatif, dan Menyenangkan) adalah metode foxfire melakukan pengembangan pendekatan pada metode PAKEM karena masih sejalan dengan metode PAKEM.

Pembahasan

Teks tanggapan adalah teks yang berisi sebuah komentar dan pendapat kritis penulis terhadap suatu permasalahan. Biasanya, teks ini memaparkan tentang kelebihan suatu permasalahan kemudian penulis akan menyampaikan kelemahan dan komentarnya.

Struktur teks tanggapan

Evaluasi. Bagian ini berisi gambaran umum dan penjelasan terhadap hal yang menjadi topik dalam teks. Deksripsi teks. Bagian ini memaparkan pernyataan pernyataan tentang pendapat yang mendukung topik pada teks kemuddian memaparkan pendapat yang menentang topik dan terkesan melemahkan pendapat yang disampaikan.Penegasan ulang. Bagian ini berisi pernyataan ulang dari awal hingga akhir teks.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang contoh teks tanggapan https://brainly.co.id/tugas/4273017Materi tentang struktur teks tanggapan https://brainly.co.id/tugas/18440029Materi tentang kaidah kebahasaan teks tanggapan https://brainly.co.id/tugas/26253153

----------------------------------------------------------

Detail jawaban

Kelas: IX

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Memberi Tanggapan dengan Santun

Kode: 9.1.4

#AyoBelajar


4. 2. Tentukanlah struktur dari masing-masing paragraf dalam tekstersebut.3. Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan isi teks yang telah dibaca a. Apakah metode forfire itu?b. Apa tujuan yang ingin dicapai melalui metode foxfire?c. Jelaskan contoh kerja sama antara guru dengan siswa dalam penerapan metode ini?d. Bimbingan dan petunjuk apa yang diberikan guru kepada siswa dalam penerapan metode ini?е Jelaskan kelebihan dan kekurangan metode foxfire.f. Kapan siswa dapat memperoleh pendapatan finansial dalampenerapan metode ini? g.Menurut kamu, bagaimana caranya metode ini dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar? h. Jelaskan hubungan metode foxfire dengan PAKEM.(TEKS NYA ADA DI GAMBAR ATAS)Tolong di jawab dengan benarjangan jawab ngasal!!!poin nya lumayan jdi jangan jawab ngasal​


Jawaban:

3.a)Metode ini dikenal dengan nama foxfire. Metode foxfire sebenarnya merupakan metode penugasan atau pemberian tugas kepada peserta didik untuk melakukan kajian kemasyarakatan ke suatu daerah, kemudian hasil kajian itu disusun dalam bentuk tulisan singkat, dan akhirnya diterbitkan sebagai bentuk laporan.

b)Tujuan yang akan dicapai dengan menggunakan metode ini adalah untuk (1) meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga warisan sosial dan budaya masyarakat, (2) meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pengumpulan data, dan (3) meningkatkan keterampilan menulis.

c)saling tanya pelajaran yang belum terlalu paham itu juga salah satu contoh kerja sama antara guru dan murid sebab guru sangat menyukai muridnya bertanya yg baik karna guru akan merasa apa yg dia katakan itu cukup benar

d)bimbingan bahwa metode foxfire itu mengasyik kan, menyenangkan dan menghasilkan.

e)Metode mengajar ini memiliki kelebihan yang luar biasa. Pertama, para siswa akan memiliki keterampilan dalam proses pengumpulan data lapangan. Kedua, para siswa akan memiliki keterampilan dalam menulis. Ketiga, terjadi kerja sama sinergis antara sekolah dengan penerbit. Keempat, memberikan bekal keterampilan kepada siswa untuk dapat memperoleh penghasilan melalui menulis. Kelima, jika hasil karya siswa tersebut dapat diterbitkan dan laku dijual, maka kegiatan siswa ini akan dapat menghasilkan pendapatan yang luar biasa (generate income).

Meskipun demikian, metode mengajar ini memang memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut. Pertama, memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga menyulitkan bagi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum untuk membuat jadwal yang dapat mengakomodasi pelaksanaan metode ini. Kedua, memerlukan guru yang benar-benar memiliki kemampuan untuk membimbing siswa

Penjelasan:

terimakasih


5. 1. Dibawah ini adalah ruang lingkup ekonomi mikro,kecuali A.interaksi di pasar barang B.perilaku konsumen C.perilaku produsen D.interaksi di pasar faktor produksi E.inflasi dan pendapatgan nasional 2. perhatian pernyataan-pernyataan berikut ini. 1.kebijakan Pemerintah 2. Perilaku konsumen 3. Penggangguran 4. Perilaku produsen Dari pernyataan di atas,yg termasuk ruang lingkup ekonomi Marko adalah A.1,2 dan 3. C.1dan 3. E.4. B.2,3 dan 4 D.2, dan 4 3.perhatikan pernyataan-pernyataan berikut. 1.memperkecil kesenjangan antardaerah 2.memperkecil kesenjangan antarkota dan desa 3. Memperkecil kesenjangan antarsektor 4.memberikan beasiswa Dari pertanyaan tersebut yg termasuk dalam program peningkatan pemerataan pendapatan nasional adalah A.1,2dan3 C.1,dan3. E.4 B.2,3dan4 D.2 dan 4 4.inflasi mengandung pengertian A.menguatnya nilai uang B.menurunnya nilai uang C.berkurangnya jumlah uang beredar D.menurunya daya beli masyarakat E.bertambahnya jumlah uang yg beredar 5.penggolongan inflasi berdasarkan parah tidaknya inflasi adalah sebagai berikut. 1.inflasi tertutup 2.inflasi ringan 3.inflasiterbuka 4. Inflasi berat Jawaban yg benar adalah A.1,2,3 B.1,3 C.2,4 D.1,4,5 E.3,5 6.inflasi yg disebabkan oleh permintaan total yg berlebihan sehingga terjadi perubahan pada tingkat harga disebut A.demand pukul inflation B.cost push inflation C.supply inflation D.inported inflation E.mixed inflation 7.inflasi dapat memengaruhi mereka yg terlibat utang-piutang yang dinyatakan dengan nilai nominal.yang di untungkan dalam keadaan seperti di atas adalah A.bank. B.kreditor. C.debitur. D.pemerintah E.spekulan 8.mengatasi inflasi terus-menerus dapat dilakukan dengan beberapa cara,kecuali A.mengambil kebijakan dalam bidang moneter B.mengambil kebijakan dalam bidang fiskal C.mengambil kebijakan dalam bidang politik D.mengambil kebijakan dalam bidang non moneter E.mengurangi jumlah peredaran uang 9.batasan inflasi sedang adalah apa bila inflasi mencapai A. Dibawah 10% setahun B.di atas 10% setahun C.di atas 50% setahun D.berada antar 10%-30% setahun E.berada antara 30% - 40 % setahun 10.berikut ini merupakan dampak buruk inflasi,kecuali A.menurunkan investasi B.menurunkan ekspor C.menurunkan pendapatan riil masyarakat D.sulit menghitung harga pokok produksi E.bertambahnya daya beli masyarkat 11.kalau tingkat inflasi lebih tinggi dari pada persentase kenaikan gaji buruh,maka kesejahteraan buruh tersebut A.bertambah B,berkurang C.tetap D.tidak mengalami apa-apa E.naik lalu kembali turun 12.kebijakan fiskal untuk mengatasi inflasi adalah A.menambah jumlah penawaran uang B.meningkatkan pengeluaran C.meningkatkan pajak D.menurunkan pajak E.menurunkan investasi 13.politik pasar terbuka adalah dengan jalan menjual surat-surat berharga kepasar modal.kebijakan ini di tempuh sebagai salah satu cara untuk mengatasi inflasi,termasuk A.kebijakan moneter B.kebijakan fiskal C.kebijakan diskonto D.kebijakan riil E.kebijakan pajak 14.jumlah pendapatan yg di terima oleh setiap orang dalam masyarkat termasuk pendapatan yg di peroleh tanpa melaksanakan suatu kegiatan apapun di sebut A.personal income B.disposible income C.pendapatan nasional D.pendapatan bersih E.pendapatan bruto 15.perhitungan pendapatan nasional dengan menjumlahkan seluruh pendapatan yg di peroleh para pekerja, dan pemilik modal adalah A.metode produksi B.metode konsumsi C.metode pendapatan D.metode penjumlahan E. Metode pengeluaran 16.pendaparan yg siap di belanjakan adalah A.nnp di kurangi pajak keuntungan perusahaan B.gnp di kurangi penyusutan barang modal C.pendapatan perseorangan di kurangi pajak langsung D.nnp di kurangi pajaka tidak langsung E.nnp di tambah transfer payment 17.perhatikan data pada tabel berikut ini Bulan : Januari 2011 Februari 2011 Maret 2011 Indeks harga konsumen: 120,40 124,26 130,42 Berdasarkan tabel di atas,maka laju inflasi pada bulan Maret 2011 adalah A.3,21% B,4,72%. C.4,96% D.5,11% E.8,32% 18.perhatikan data pada tabel berikut! Nama: Negara R Negara S Negara. T Negara U Negara v Pendapatan nasional(miliar) : 42.000 78.000 96.000 130.000 180.000 Jumlah penduduk (juta): 120 150 160 100 300 Berdasarkan data pada tabel di atas,pendapatan per kapita tertinggal terdapat pada negara A.R B.S. C.t. D.u. E.v 19.sebagai pendapatan yg telah digunakan konsumsi,sebaiknya di wujud kan untuk A.tabungan dan investasi B.tabungan dan spekulasi C.investasi dan persediaan barang D.ekspetasi dan investasi E.tabungan dan ekspetasi 20.di bawah ini adalah faktor-faktor yg mempengaruhi konsumsi,kecuali A.pendapatan B.selera C.ekspetasi masa mendatang D.tingkat bunga E.pajak Tolong jawab


1.E
2.D
3.B
4.c
5.A
6.C
7.A
8.A
9.D
10.D
11.D
12.c
13.A
14.c
15.d
16.a
17.e
18.B
19.C
20.A

semoga membantu..

6. Assalamualaikum wr.wb Yang terhormat Ibu Andita dan teman-teman yang saya banggakan. Puja dan puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya sehingga kita semua diberi kesempatan untuk berkumpul disini, dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato mengenai motivasi diri. Teman-teman yang saya cintai. Kita tahu bahwa masa muda adalah masa yang sangat labil. Mudah dipengaruhi oleh banyak faktor baik positif maupun negatif. Biasanya factor negativelah yang lebih cepat diserap dan tentunya akan berakibat buruk terhadap kehidupan dimasa yang akan datang. Untuk itu sudah seharusnya kita sebagai generasi penerus bisa memilah mana yang terbaik untuk hidup kita. Bisa kita lihat diberbagai media, baik media cetak maupun elektronik, juga didalam kehidupan sehari-hari. Tingkah laku mereka sangat tidak terpuji. Mereka ada yang hamil diluar nikah, ikut geng motor, bolos sekolah, ada yang jadi pecandu narkoba dan lain sebagainya. Sehingga generasi kita tercoreng oleh tingkah generasi muda yang tidak bertanggung jawab. Teman-teman yang saya banggakan. Kita sebagai generasi muda yang masih diberi kesadaran sudah seharusnya saling mengingatkan akan bahaya-bahaya pergaulan bebas diatas. Jangan sampai kita jadi korban namun kita sendiri tidak merasa bahwa kita jadi korban. Bukan saatnya lagi kita tidak punya pendirian. Kita harus punya prinsip dalam hidup, kita harus mandiri dan mampu membawa diri sehingga bukan kita yang menjadi korban jaman ataupun lingkungan melainkan kita mampu membawa perubahan bagi masyarakat. Sudah saatnya kita bangkit dan tunjukan bahwa kita mampu. Kita pastikan bahwa kita bukan generasi muda yang hanya bisa menjadi beban orangtua saja. Kita harus menyadari hidup yang hanya sekali ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya jangan sampai kita menyesal dimasa tua. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa lakukan mulai dari sekarang, diantaranya : 1. Pertama, kita harus rajin belajar dan tunjukan kepada orangtua bahwa kita mampu meraih nilai yang terbaik. 2. Kedua, usahakan agar kita tidak terpengaruh oleh teman-teman yang senangnya membolos karena suatu saat mereka akan merasakan sendiri akibatnya. 3. Ketiga, cari teman dan tempat bergaul yang positif baik disekolah maupun diluar sekolah. Pergaulan kita akan membentuk karakter kita secara perlahan. Sebagai pelajar barangkali ketiga langkah sederhana ini bisa kita praktekan mulai dari sekarang. Kita yang menentukan sendiri nasib kita dimasa depan. Olehkarena itu saya berpesan kepada teman-teman semua marilah kita memanfaatkan masa muda ini sebaik-baiknya agar masa depan kita cerah. Demikian yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf jika ada salah kata. Wassalamuaikum wr.wb. Jawablah pertanyaan berikut dan kirimkan melalui WA atau google classroom! 1. Tulisstruktur teks pidato persuasif tersebut! 2. Tulislah ciri kebahasaan teks pidato persuasif! 3. Tulislah 4 metode berpidato dan jelaskan perbedaannya! 4. Jelaskan apa yang dimaksud kata tugas! 5. Jelskan perbedaan kata depan dengan kata hubung dan berilah contohnya! 6. Tulislah 2 kalimat aktif transitif! 7. Tuliskan 2 kalimat aktif intransitif! 8. Tulislah masing –masing 2 kalimat dengan menggunakan kata benda abstrak dan konkrit!


Jawaban:

1. etika = Kita tahu bahwa masa muda adalah masa yang sangat labil. Mudah dipengaruhi oleh banyak faktor baik positif maupun negatif

emosi = Jangan sampai kita jadi korban namun kita sendiri tidak merasa bahwa kita jadi korban. Bukan saatnya lagi kita tidak punya pendirian.

logika = Tingkah laku mereka sangat tidak terpuji. Mereka ada yang hamil diluar nikah, ikut geng motor, bolos sekolah, ada yang jadi pecandu narkoba dan lain sebagainya. Sehingga generasi kita tercoreng oleh tingkah generasi muda yang tidak bertanggung jawab.

2. marilah, seharusnya

3. -Untuk itu sudah seharusnya kita sebagai generasi penerus bisa memilah mana yang terbaik untuk hidup kita.

-Kita sebagai generasi muda yang masih diberi kesadaran sudah seharusnya saling mengingatkan akan bahaya-bahaya pergaulan bebas diatas.

-Olehkarena itu saya berpesan kepada teman-teman semua marilah kita memanfaatkan masa muda ini sebaik-baiknya agar masa depan kita cerah

4. generasi muda

5. pelajar / murid ibu anita

6. kepada generasi muda/sesama remaja

7. -memanfaatkan masa muda ini sebaik-baiknya agar masa depan kita cerah

-saling mengingatkan akan bahaya-bahaya pergaulan bebas

8. semua bagian nya udah benar. memilikikalimat persuasif yang kuat dan gagasan yang mendukung

9.kita harus memanfaatkan masa muda ini sebaik-baiknya agar masa depan kita cerah dengan cara saling mengingatkan akan bahaya-bahaya pergaulan bebas

Penjelasan:

hai


Video Terkait Dengan Topik Diatas


Posting Komentar

0 Komentar