cerpen kisah-kasih disekolah
1. cerpen kisah-kasih disekolah
belajar membaca menulis
2. Ringkasan cerpen kisah kasih disekolah
hari terakhir,
ya,hari ini adalah hari terakhir aku berada di sekolah ini sebagai siswa,hari dimana perpisahan sejak pertemuan kita dimulai sekitar 3 tahun yg lalu,tak terasa tertawa bersama, saling membantu sesama, sampai berjuang mati-matian,kita lalui penuh suka cita,entah rasanya aku harus senang atau sedih menerimanya,namun aku yakin suatu saat kita akan bertemu dan saling mengingatkan kenangan yg pernah kita lalui bersama.
cmiiw
suka dengan jawaban ini? silahkan klik jawaban tercerdas,dan jangan lupa like dan follow okee
terimakasih
3. Bagaimana gambaran latar peristiwa pada cerpen kisah kasih sekolah
Latar ceritanya bisa sedih atau gembira
4. berilah 5 nilai positif dan 5 nilai negatif yg ada dlm cerpen kisah kasih sekolah karya lila kusminah
ini tidak ada ceritanya
5. Orientasi Cerpen “Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan” merupakan cerpen yang dibuat atau karya dari Arief Setiawan. Cerpen ini bercerita tentang kisah cinta remaja yang dilanda sebuah masalah yang rumit. Tebal cerpen ini adalah 3 lembar.TafsiranCerpen ini diawali dengan dua murid SMP yaitu “Aku” sebagai Adit dan seorang cewek bernama Dewi. Pertemuan mereka diawali saat SMP, Aku sebagai Adit diselamatkan oleh Dewi ketika aku dipalak oleh teman sekelasku yaitu Riki. Namun, pada akhirnya, setelah melalui beberapa tahap hubungan, mereka menjadi teman. Sejak itulah mereka berdua menjadi dekat dan sering curhat satu sama lain.Dengan sikap Dewi yang baik terhadap Adit, menyebabkan Adit mulai muncul perasaan suka terhadap Dewi. Namun, mereka harus terpisah akibat sekolah mereka yang berbeda. Pada saat SMA Adit memiliki seorang pacar, lalu mereka putus dan akhirnya Adit berpacaran dengan Dewi. Hubungan mereka memiliki masalah karena mantan pacar Adit meminta berpacaran kembali. Di situlah konflik muncul. Namun, Adit mengambil keputusan yang salah dengan kembali kepada mantan pacarnya dan meninggalkan Dewi seorang diri tanpa penjelasan apapun.Tokoh utama dalam cerpen ini yaitu Adit dan Dewi. Adit adalah orang yang tidak teguh pada pendiriannya dan selalu menyesal di belakang dengan keputusan yang telah diraihnya. Sedangkan Dewi adalah seorang wanita yang baik, tegas, berani membela yang benar, dan juga ia adalah wanita yang disakiti oleh keputusan yang salah diambil oleh Adit.Pada cerpen ini banyak sekali kesalahan penulisan. Pertama, pada paragraf awal cerpen terdapat kata "acuh". Namun setelah diperhatikan kembali makna kalimat utuhnya, kitapun tahu bahwa ada kesalahan penggunaan kata "acuh" yang dalam kata lain sama dengan "peduli". Jadi, kata "acuh" yang benar diganti menjadi "tak acuh" atau "tidak acuh".Kedua, soal EYD, di antaranya kata-kata seperti "didepanku", "dimasa", "dikelas", "dihidupku", "dihatiku", "dikotaku", "dikampus", "di elu-elukan", "akupun", dan "sekedar", yang semestinya ditulis demikian: "di depanku", "di masa", "di kelas", "di hidupku", "di hatiku", "di kotaku", "di kampus", "dielu-elukan", "aku pun", dan "sekadar". Perhatikan perbedaan antara kata keterangan tempat/waktu dan kata kerja pasif. "Di-" dalam kata keterangan tempat/waktu seperti "di kelas", "di rumah", "di pagi hari", dan lain sebagainya wajib dipisah dari kata sesudahnya, dengan kata lain berfungsi sebagai kata depan. Sementara, untuk kata kerja pasif seperti "dipukul", "dielu-elukan", dan lain lain, penulisan "di-" wajib digabung dengan kata sesudahnya.Ketiga, penulisan kalimat dialog. Pelajari pola dan aturan (termasuk tanda baca dan lain sebagainya) yang bersangkutan dengan kalimat dialog dalam sebuah prosa. Dalam suatu cerpen, sebaiknya dialog tidak dibuat seperti dialog dalam sebuah naskah drama. Tetapi di sini penulis justu melakukannya, hingga cerpen ini tampak kurang rapi. Diharapkan agar penulis memelajari penulisan kalimat dialog dalam prosa (cerpen/novel) yang baik dan benar.Kemudian, untuk kata-kata yang tidak baku seperti "gak", "palak", "ngasih", "udah", "kebayang", dan lain sebagainya terutama yang sering ditemukan dalam dialog sebaiknya ditulis dengan huruf miring. Sebenarnya tidak ada aturan wajib untuk itu. Ada dua pendapat yang berbeda, yang mana salah satunya memperbolehkan diketik dengan huruf biasa. Namun, sebaiknya menggunakan aturan pertama, yakni kata-kata yang tidak baku dan kata-kata dari bahasa asing diketik dengan huruf miring.Penggunaan tanda baca tidak perlu kita tulis secara berlebihan seperti rangkap dua, tiga, atau empat. Memasukkan emoticon pada tulisan, termasuk cerpen, juga tidak disarankan (sebaiknya kebiasaan ini dihilangkan). Terakhir, untuk penulisan judul, sebaiknya tidak menggunakan huruf kapital seluruhnya.EvaluasiCerpen ini sangat menarik dengan penggambaran isi cerita yang begitu dalam, seperti layaknya tokoh “Adit” yang mengumbar perasaannya secara indah dan mengena. Hal itu tentu saja membuat pembaca cerpen ini merasakan kebahagiaan, kesedihan, pengkhianatan, dan penyesalan yang dialami para tokoh dalam cerita.Kekurangannya yaitu cerita ini tidak cocok untuk dibaca oleh anak-anak yang masih di bawah umur karena cerita ini menggambarkan tentang kisah percintaan remaja dan adanya adegan kekerasan yang dialami tokoh. Cerita ini juga kurang memberikan pendidikan moral yang baik.RangkumanCerpen ini kurang bermanfaat bagi pelajar di bawah umur. Walaupun begitu, dalam cerita ini masih terkandung pelajaran moral seperti persahabatan yang didasari kasih sayang antar sesama manusia tanpa memikirkan perbedaan jenis kelamin.sebutkan kaidah kebahasaan nya lalu buatlah menjadi sebuah paragraf dengan bahasa kalian sendiri
Cerpen "Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan" dari Arief Setiawan bercerita tentang kisah cinta remaja yang rumit. Cerpen ini mengisahkan pertemuan dan persahabatan antara tokoh utama Adit dan Dewi yang berawal saat SMP, namun perasaan suka muncul pada Adit. Hubungan mereka terganggu karena masalah dengan mantan pacar Adit, dan Adit membuat keputusan yang salah dengan kembali kepada mantan pacarnya dan meninggalkan Dewi. Cerpen ini memiliki beberapa kesalahan penulisan, seperti kesalahan penggunaan kata, EYD dan penulisan kalimat dialog.
6. 1.Teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya sesuatu atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial.kalimat di atas merupakan pengertian dari... a. Teks Ulasan B.Teks Eksplanasl C.Teks Eksposisi d. Tels Borita Mula-mula terjadi guncangan secara tiba-tiba.Segala perabotan dl rumah kita ikut bergetar. Bahkan ,beberapa diantaranya ada yang terjatuh, Kalau kita keluar,mungkin pula ada rumah tetangga yang roboh,itula proses terjadinya gempa. Tadi pagi nujan turun dengan sangat deras, jalan-jaian penuh dengan genangan air,sampai sekolah pun terlambat karena jalan merjadi macet. Teks dilatas merupkan contoh dari segi teks... a. Teks Ulasan B.Teks eksposis C. teks ekspiras fenomens alam d.Teks Eksplanasi fenomena sosisl 3. Didalam teks eksplanasi secara umum membahas tentang berbagai fenomena seagai berikut,kecual... a. Fenomena Alam, B.Fenamena Sosisl c. Fenomena Ekonomi kerakyatan d. Fenomena Kawin cerai 4, Bogian akhir/ penutup dari sebuah teks eksolanasi di sebut sebagal... A orientasi B.koda C.konklusi D.interpretasi 5. DIbawah ini yang tidak termasuk kedalam isi dari sebuah teks eksplanasi adalah. a.Kesimpulan / intisar dari gagasan yang di bahas B.Konflik pada tokoh-tokoh dalam novel c.Pernyataan tentang topik yang sedang di bahas d.Informasi yang di dasarkan pada fakta berka tan dengan topik 6. Teks eksplanasi bertujuan... a.Menyatakan hasil isporan observasi B.Menyajkan hiburan c. Menyajkan informasiberupa faikta secra jelas kepads pembecanya d. Merjelaskan dalam angkah-langkah dalam menghasikan suatu hal 7. Inti dari teks eksplanasi berada pada bagian... c. Argumen a. Penutup d. Sebab-akibat b. Aspek yang di laporkan 8. Di bawah ini yang termasuk darl korjungsi kausalitas,kecuali.. A.oleh sebab itu B.sebab C.sehubungan dengan itu D.sehingga 9. Berdasarkan piagam itu, Sultan Agung diangkat Tumenggung Wiraangunangun sebagai Bupati Bandung. Ketika itu, pemerintahan Kabupaten Bandung berpusat di daerah Krapyak atau Bojongasih, Tepatnya, di tepi Sungai Cikapundung, dekat muaranya yaitu Sungal Citarum. Nama krapyak kemudlan berganti merjedi Citeureup. Nama itu hingga kini tetap abadl merjadi salah satu nama desa di Dayeuhkolot. Teks di atas merupakan cotoh dari... a. Fenomena sosial b. Fenomena alam c.Konjunsi kausal tas d.Konjungsi kronologis 10. Teks ulasan merupakan komentar terhadap suatu karya. Di bawah ini karya yang di ulas kecuali.... A.film B.drama C.teks persuasif D.sastra 11. Teks ulasan yang mengulas berupa karya tulis disebut... a.Fiksi B.non fiksi C.nilai buku D.resensi 12. Kelebihan dan kekurangan karya yang ditulis dalam teks ulasan disebut.. a.Evaluasi B.rekomendasi C.orientasi D.komplikasi 13. Ciri-ciri konjungsi penyebab yaitu... a. Sehingga B.karena C.sebaiknya D.bahwa 14. Perhatikan teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 14-16 ! Perahu kertas adalah film yang di angkat dari judul Novel yang sama karya dari Dewi Lestari.Kisah ini menceritakan tentang kejujuran hati,adanya perasaan yang terhalang oleh perasaan lain..Film ini di bintangi oleh artis remaja seperti Maudy Ayunda dan Adipati Dolken.Kisah di dalam flm ini memang lebih banyak mengisahkan tentang certa cinta anak remaja. Sumber : Anonymous Paragraf diatas menunjukkan bagian...dalam sebuah ulasan. a. Pengamatan b. Pengenalan c. Penyimpulan d.Penyambung 15. Kisah...merupakan unsur yang dominan dalam film ini. a. Cinta b. Kasih c. Sayang d.Hati 16. Film yang berjudul perahu kertas di ambil dari... a. Novel b. Cerpen c. Prosa d. Novelet 17. Berikut ini yang merupakan pengertian dari teks persuasif adalah... a. suatu paragaf yang isinya mengajak atau berusaha merebut perhatan atau yang isinya mempunyai unsur ajakan hagi sipembaca untuk melakukan hal tertentu. b, karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor. c. teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya sesuatu atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. d, teks yang memberikan pembahasan atau memberkan ulasan tentang suatu karya seni maupun karya yang dihasilkan oleh orang lain. 18. Berkut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan pada saat menyusun teks drama,kecuali.. a. Menentukan tema B.merancang alur dan setting C.menyusun ringkasan cerita d. Mengatur akting pelaku 19. Bagian alur yang di tandai dengan pertentangan antar tokoh di kenal dengan istilah... a. Eksposisi B.pelukisan awal C.konflik D.klimaks 20. Pokok persoalan yang dikembangkan dalam suatu dramadi sebu A.tema B.amanat C.pesan D.konflik
Jawaban:
1 b
2 b
3 d
4d
5b
6c
7 c
8d
9a
10a
11d
12a
13b
14c
15c
16a
17a
18d
19c
20c
7. Orientasi Cerpen “Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan” merupakan cerpen yang dibuat atau karya dari Arief Setiawan. Cerpen ini bercerita tentang kisah cinta remaja yang dilanda sebuah masalah yang rumit. Tebal cerpen ini adalah 3 lembar.TafsiranCerpen ini diawali dengan dua murid SMP yaitu “Aku” sebagai Adit dan seorang cewek bernama Dewi. Pertemuan mereka diawali saat SMP, Aku sebagai Adit diselamatkan oleh Dewi ketika aku dipalak oleh teman sekelasku yaitu Riki. Namun, pada akhirnya, setelah melalui beberapa tahap hubungan, mereka menjadi teman. Sejak itulah mereka berdua menjadi dekat dan sering curhat satu sama lain.Dengan sikap Dewi yang baik terhadap Adit, menyebabkan Adit mulai muncul perasaan suka terhadap Dewi. Namun, mereka harus terpisah akibat sekolah mereka yang berbeda. Pada saat SMA Adit memiliki seorang pacar, lalu mereka putus dan akhirnya Adit berpacaran dengan Dewi. Hubungan mereka memiliki masalah karena mantan pacar Adit meminta berpacaran kembali. Di situlah konflik muncul. Namun, Adit mengambil keputusan yang salah dengan kembali kepada mantan pacarnya dan meninggalkan Dewi seorang diri tanpa penjelasan apapun.Tokoh utama dalam cerpen ini yaitu Adit dan Dewi. Adit adalah orang yang tidak teguh pada pendiriannya dan selalu menyesal di belakang dengan keputusan yang telah diraihnya. Sedangkan Dewi adalah seorang wanita yang baik, tegas, berani membela yang benar, dan juga ia adalah wanita yang disakiti oleh keputusan yang salah diambil oleh Adit.Pada cerpen ini banyak sekali kesalahan penulisan. Pertama, pada paragraf awal cerpen terdapat kata "acuh". Namun setelah diperhatikan kembali makna kalimat utuhnya, kitapun tahu bahwa ada kesalahan penggunaan kata "acuh" yang dalam kata lain sama dengan "peduli". Jadi, kata "acuh" yang benar diganti menjadi "tak acuh" atau "tidak acuh".Kedua, soal EYD, di antaranya kata-kata seperti "didepanku", "dimasa", "dikelas", "dihidupku", "dihatiku", "dikotaku", "dikampus", "di elu-elukan", "akupun", dan "sekedar", yang semestinya ditulis demikian: "di depanku", "di masa", "di kelas", "di hidupku", "di hatiku", "di kotaku", "di kampus", "dielu-elukan", "aku pun", dan "sekadar". Perhatikan perbedaan antara kata keterangan tempat/waktu dan kata kerja pasif. "Di-" dalam kata keterangan tempat/waktu seperti "di kelas", "di rumah", "di pagi hari", dan lain sebagainya wajib dipisah dari kata sesudahnya, dengan kata lain berfungsi sebagai kata depan. Sementara, untuk kata kerja pasif seperti "dipukul", "dielu-elukan", dan lain lain, penulisan "di-" wajib digabung dengan kata sesudahnya.Ketiga, penulisan kalimat dialog. Pelajari pola dan aturan (termasuk tanda baca dan lain sebagainya) yang bersangkutan dengan kalimat dialog dalam sebuah prosa. Dalam suatu cerpen, sebaiknya dialog tidak dibuat seperti dialog dalam sebuah naskah drama. Tetapi di sini penulis justu melakukannya, hingga cerpen ini tampak kurang rapi. Diharapkan agar penulis memelajari penulisan kalimat dialog dalam prosa (cerpen/novel) yang baik dan benar.Kemudian, untuk kata-kata yang tidak baku seperti "gak", "palak", "ngasih", "udah", "kebayang", dan lain sebagainya terutama yang sering ditemukan dalam dialog sebaiknya ditulis dengan huruf miring. Sebenarnya tidak ada aturan wajib untuk itu. Ada dua pendapat yang berbeda, yang mana salah satunya memperbolehkan diketik dengan huruf biasa. Namun, sebaiknya menggunakan aturan pertama, yakni kata-kata yang tidak baku dan kata-kata dari bahasa asing diketik dengan huruf miring.Penggunaan tanda baca tidak perlu kita tulis secara berlebihan seperti rangkap dua, tiga, atau empat. Memasukkan emoticon pada tulisan, termasuk cerpen, juga tidak disarankan (sebaiknya kebiasaan ini dihilangkan). Terakhir, untuk penulisan judul, sebaiknya tidak menggunakan huruf kapital seluruhnya.EvaluasiCerpen ini sangat menarik dengan penggambaran isi cerita yang begitu dalam, seperti layaknya tokoh “Adit” yang mengumbar perasaannya secara indah dan mengena. Hal itu tentu saja membuat pembaca cerpen ini merasakan kebahagiaan, kesedihan, pengkhianatan, dan penyesalan yang dialami para tokoh dalam cerita.Kekurangannya yaitu cerita ini tidak cocok untuk dibaca oleh anak-anak yang masih di bawah umur karena cerita ini menggambarkan tentang kisah percintaan remaja dan adanya adegan kekerasan yang dialami tokoh. Cerita ini juga kurang memberikan pendidikan moral yang baik.RangkumanCerpen ini kurang bermanfaat bagi pelajar di bawah umur. Walaupun begitu, dalam cerita ini masih terkandung pelajaran moral seperti persahabatan yang didasari kasih sayang antar sesama manusia tanpa memikirkan perbedaan jenis kelamin.SEBUTKAN KAIDAH KEBAHASAAN NYA
Jawaban:
KAIDAH KEBAHASAAN NYA:
Cerpen "Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan" karya Arief Setiawan bercerita tentang kisah cinta remaja yang dilanda masalah rumit. Cerpen ini menceritakan tentang pertemanan antara Adit dan Dewi yang berawal dari saat SMP, ketika Adit diselamatkan oleh Dewi. Namun, perasaan Adit terhadap Dewi mulai muncul, namun hubungan mereka harus terpisah karena sekolah yang berbeda. Pada saat SMA, Adit memiliki pacar lain dan akhirnya berpacaran dengan Dewi. Namun, masalah muncul ketika mantan pacar Adit ingin kembali berpacaran dengannya, Adit mengambil keputusan yang salah dengan kembali kepada mantan pacarnya dan meninggalkan Dewi tanpa penjelasan. Tokoh utama dalam cerpen ini adalah Adit dan Dewi, yang masing-masing memiliki sifat yang berbeda. Cerpen ini mengandung beberapa kesalahan penulisan, seperti kata yang salah digunakan, EYD dan kalimat dialog yang tidak sesuai dengan aturan.
Penjelasan:
8. 1. Bacalah kutipan cerpen berikut! Kuingin kau berbohong padaku. Seperti yang kau utarakan kemarin, dan yang kemarin dulu itu. Ketika mentari meredup berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika kerumunan itu tak lagi bersamamu, kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama kepadaku.Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar waktu sore adalah.…A. mentari meredupB. ketika kerumunan tidak bersamaC. mentari di sebelah baratD. kebohongan yang disampaikan tokoh kamu 2. Bacalah kutipan cerpen berikut! (1)Sorak ramai terdengar di ruangan yang begitu luas hingga mampu menampung sekitar 5000-an orang. (2) Keringat terserap oleh kostum tari jaipongku ini. (3) Demam panggung kurasakan ketika pertama kali berdiri di depan orang dengan berbagai macam budaya ini. (4)Dan detik demi detik berlalu, akan dibacakan nominasi pemenang lomba budaya ini dan “Juara ketiga diraih oleh Negara India dengan tarian Kathakali, juara kedua Indonesia dengan tari Jaipong, dan jua ...”Kalimat yang membuktikan latar tempat cerita ada di panggung perlombaan ditandai dengan nomor ....A. ( 1 ) dan ( 2 ) C. ( 3 ) dan ( 4 )B. ( 2 ) dan ( 3 ) D. ( 1 ) dan ( 4 )3. Bacalah kutipan cerita berikut! Ketika Ipiin sedang mengacu sepedanya, tiba-tiba ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam, Ipiin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia ragu-ragu dan merasa ketakutan karena akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom di mana-mana. Ipiin khawatir benda itu adalah bungkusan bom, Akhirnya, ia pun mencoba membuka bungkusan tersebut.Penyebab konflik pada kutipan cerita tersebut adalah .. ..A. Ipiin menjadi gemetaran karena menemukan sebuah bendaB. Ipiin ragu dan takut karena sering terjadi peledakan bom.C. Ipiin menemukan sebuah bungkusan plastik berwarna hitamD. Ipiin mencoba membuka bungkusan plastik yang ditemukannya4. Bacalah kutipan cerpen berikut! “Bu Minah itu ibuku. Sejak ayah dan ibuku nggak bisa lagi kirim uang buat sekolahku, aku kembali ke sini dan membantu jualan kue. Aku tidak melanjutkan sekolah lagi, biar kakakku saja karena dia kan anak laki-laki. Eh, kok aku jadi nangis sih, “ kata anak perempuan itu sedih dan tidak terasa meneteskan air mata. “Kasihan sekali kamu. Namamu siapa dan seharusnya kamu kelas berapa?” Alma tiba-tiba merasa iba. “Aku Nina, seharusnya kelas 9 tapi nggak bisa sekolah lagi. Dan sebenarnya aku masih ingin sekolah lagi,”Nina tiba-tiba terisak.Penyebab konflik yang terjadi dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....A. Nina harus membantu ibunya berjualan kue.B. Nina harus mencukupi kebutuhan hidup sendiriC. Orang tua Nina tidak mempunyai usaha lagiD. Orang tua Nina tak mampu mengirim uang sekolah5. Bacalah teks cerita berikut! Anjar termenung dekat tungku. Lidah api menjilati kakinya. Gairah hidupnya yang gagah tegap, kini luruh lunglai seperti klaras daun pisang basah, susah payah tegak. “Sudahlah, An. Masih banyak jalan ke Roma. Coba nanti saya tanya Om Yansen. Beliau dosen di sana, “kata Ricko. Sore itu masuk sebuah sms ke ponsel Anjar. Isinya memberitakan jika Robert, anaknya yang kuliah di Surabaya sudah tidak kuliah lagi. Harapan tergantung pada Robert musnah sudah. Harapannya Robert meneruskan memimpin perusahaannya. Namun dia lebih tertarik kepada musik yang menurutnya urakan dan berdekatan dengan obat-obatan terlarang. “Kamu tenang saja, nanti biar Om Yansen yang akan tak suruh membujuk Robert, “lanjut Ricko.Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah ....A. selalu mengikuti nasihat orang tuaB. membantu mencari anak temannya yang hilangC. memberi bantuan kepada orang yang sedang bermasalahD. mengarahkan anak untuk kuliah dengan jurusan yang jelas masa depannya6. Bacalah kutipan cerpen berikut! “Kalau ada apa-apa, bicara saja terus terang kepada budemu, apalagi untuk keperluan sekolahmu. Bude akan mengusahakan sebisa bude,”ujar Bude sembari menatap wajah Ayu dengan lembut. “terima kasih, Bude. Ayu sudah banyak merepotkan Bude,”jawab Ayu. “Bude hanya berpesan, sekolah yang benar dan jangan lupa berdoa. Semoga kamu jadi anak pintar dan cita-citamu terkabul,”lanjut Bude. “Baik Bude. Saya akan selalu ingat nasihat Bude,”jawab Ayu.Nilai moral pada kutipan cerpen tersebut adalah ....A. nasihat merupakan satu-satunya modal untuk meraih suksesB. orang tua sudah sepantasnya memikirkan masa depan anaknyaC. minta doa restu dan melaksanakan nasihat orang tuaD. saudara kandung orang tua bisa menggantikan posisi orang tua
Jawaban:
1. A. Mentari meredup.
2. D. ( 1 ) dan ( 4 ).
3. C. Ipiin menemukan sebuah bungkusan plastik berwarna hitam.
4. D. Orang tua Nina tak mampu mengirim uang sekolah.
5. C. memberi bantuan kepada orang yang sedang bermasalah.
6. A. nasihat merupakan satu-satunya modal untuk meraih sukses.
9. jtolong cariin majas yg ada di cerpennya dan kasih bukti tulisan/ kalimatnyaJangan Malu menjadi Orang MiskinAku anak seorang pemulung dan pekerja buruh. Ayahku buruh pabrik dan ibuku sering bekerja mengumpuli barang bekas, untuk menambah biaya sekolah dan kehidupan aku dan adik-adikku. Namun aku bahagia dan selalu bersyukur. Aku memiliki kedua orang tua yang baik dan penyayang.Contoh Cerita Timun MasBanyak anak yang belum tentu seberuntung aku. Tidak punya ayah maupun ibu. Walau aku selalu tidak percaya diri dengan keadaan kami tapi aku tetap berjuang dan belajar sebaik mungkin agar menjadi anak yang membanggakan orang tua.Dan aku menjual kue di sekolah. Kue apa saja yang dibuat ibu aku jual di kelas ke teman-temanku. Walau tidak banyak cukup buat di tabung membayar uang sekolah. Kadang pisang goreng, bakwan dan lapis.Aku tidak malu aku membawanya dengan plastik besar setiap resting aku menawarkannya ke kawan-kawan. Aku heran melihat teman-teman yang hidup berkecukupan namun tidak mau rajin belajar dan bersyukur. Ternyata benar kesungguhan dan pantang menyerah membuat siapa saja menjadi bahagia.Kini aku duduk bangku mahasiswa untuk meneruskan beasiswa aku ke jenjang magister. Penggalan kisah diriku tadi adalah kisah waktu aku duduk di SD. Walau kini ayahku telah tiada namun semua pengorbanan ayahku tidak akan aku sia-siakan. Kini aku telah bekerja di sebuah perusahaan.Gajiku cukup untuk membiayai ibu dan adik-adikku sekolah. Aku sangat bersyukur karena selama ini banyak kemudahan yang allah berikan padaku. Sekali lagi aku ingin katakan jangan malu menjadi orang miskin. Yang malu apabila diri kita tidak mampu menjadi orang yang tidak berguna.Walaupun aku telah sukses aku tetap meyakini kalau aku adalah anak miskin seorang pemulung yang tetap bersyukur dan belajar terus menerus agar menjadi orang yang sukses.
bersusah susah dahulu bersenang senang kemudian
Penjelasan:
untuk jadi seorang yg sukses , jangan ada kata menyerah dan malu , yakinlah setiap perjuangan yg sungguh" pasti ada bayaran yg memuaskan,
10. 5. Bacalah struktur teks ulasan berikut!(1) penafsiran(2) Simpulan(3) Judul(4) Gambaran umum(5) PenilaianUrutan yang tepat untuk menyusun teks ulasan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat adalah...a. (3),(4),(5),(1),(2)b. (3),(5),(4),(1),(2)c. (3),(4),(5),(2),(1)d. (3),(5),(4),(2),(1)6. Bacalah teks berikut!1) Novel 5 cm merupakan karya penulis Donny Dhirgantoro terbitan grasindo. 2) Novel ini bercerita tentang persahabatan lima anak muda yang berbeda karakter. 3) Banyak kisah perjalanan yang menceritakan arti persahabatan. 4) Bahasa yang digunakan mudah dipahami dan terdapat kata yang memberikan semangat dalam menjalani kehidupan. 5) Sayangnya, cerita pada akhir novel terkesan dipaksakan.Bagian keunggulan buku ditunjukkan oleh angka...a. 2)b. 3)c. 4)d. 5)7. Bacalah teks berikut!Di dalam buku ini terdapat berbagai keterampil dasar dalam bercocok tanam. Seharusnya anak-anak itu sendiri harus dibekali keterampilan yang akan bermanfaat jika anak itu sendiri sering membaca buku ini dan berbagai buku pengetahuan lainnnya. Mereka akan memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan yang akan membekali mereka kelak nanti. Mereka juga dapat memanfaatkan buku ini sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan kelak di kemudian hari.Paragraf di atas memaparkan tentang...a. Kekurangan isi bukub. Kegunaan bukuc. Kesesuaian kelompok umur pembacad. Nilai komersial buku8. Berikut kata yang tidak termasuk dalam konjungsi penyebab adalah...a. Seperti sejakb. Karena c. Sebabd. Oleh karena itu9. Cermati data buku berikut!Ulasan buku karya Sastranegara ini tidak mendalam dan tidak teliti karena desakan waktu yang disediakan kepada penulisnya. Buku ini merupakan catatan kesan-kesan pertama seorang pembaca.Kalimat yang menyatakan kelemahan buku adalah...a. Penulis buku tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalahb. Membaca, menikmati, dan menghayati cerpen Sastranegara tidak sulitc. Buku tersebut disusun karena desakan penerbitd. Pengarang menceritakan secara mendetail karya cerpennya10. Berikut yang bukan merupakan tujuan mengulas buku adalah...a. Memberikan gambaran mengenai isi sebuah buku kepada pembacab. Membantu pembaca untuk menilai perlu tidaknya untuk membaca buku tertentuc. Memberikan informasi mengenai kelebihan bukud. Sarana untuk mempromosikan buku baru11. Gagasan yang menjalin struktur isi drama disebut...a. Tema b. Alurc. Latard. Setting12. Bacalah teks drama berikut!Waktu itu sudah hampir jam satu. Sekolah sudah usai. Bahwa Yanti belum pulang itulah yang menyebabkan Asdiarti terkejut.Asdiarti : “Kau masih ada disini, Yanti. Belum pulang?”Yanti : “(Tidak menjawab. Ia hanya menggelengkan dan terus melanjutkan membaca.)”Penggalan drama tersebut memuat latar...a. Aktingb. Lakuc. Perwatakand. Ekspresi13. Setting sebuah drama mengandung unsur....a. Waktu peristiwa bergulirb. Suasana ceritac. Tempat dan waktu ceritad. Tempat, waktu, dan suasana cerita14. Bacalah teks drama berikut!Rina : “ Apa-apaan sih? Kok Posterku disobek? (Menahan marah)”Aji : “[…]”Rina : “Maaf..maaf enak saja!”Aji : “(dengan amat menyesal) Iya deh, aku ganti postermu. Tapi kamu mau maafin aku kan?”Rina : “ Ya. Lain kali kamu jangan ceroboh.”Aji : “(dengan tersenyum) Oke, Bos!”Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah...a. Maafin aku Rina. Aku tidak sengaja.b. Maafin aku Aji. Aku tidak sengaja.c. Begitu saja kok kamu marah, Rin.d. Baiklah aku akan beli yang baru.15. Perhatikan teks drama berikut ini!Bu Mulyono : “Pak, sebenarnya apa dosa kita sampai anak kita menderita seperti ini? Saya sudah tidak tahu harus berbuat apa lagi.”Pak Mulyono : “ Bersabarlah, Bu. Pasti Yang Mahakuasa akan memberikan jalan.”Drama tersebut memiliki latar suasana..a. Penuh sukab. Gembirac. Jenuhd. HaruBacalah kutipan teks drama berikut untuk mengerjakan soal nomor 16 dan 17!Di atas panggung. Wawan berjalan sambil membungkukkan badannya. Dia memakai peci, kumis, dan janggutnya yang putih. Dia melangkah ke depan sambil memegang tongkat.16. Dialog tersebut diucapkan dengan nada...a. Keras sambil bercandab. Marah dan seriusc. Rendah dan penuh tanyad. Penuh kasih sayang17. Tokoh yang diperankan Wawan adalah...a. Pemudab. Kakekc. Anakd. Ibu18. Bacalah teks berikut!Rudi memerankan seorang tokoh dalam sebuah pementasan drama. Ia memakai kostum kaos oblong putih, celana pendek hitam, memakai caping, dan membawa cangkul.Tokoh yang diperankan oleh Rudi adalah...a. Pejabatb. Pak RTc. Petanid. Pedagang19. Bacalah teks berikut!“Apa? Anak tetangga itu mencuri mangga-mangga kita lagi? Cepat suruh dia datang ke sini untuk minta maaf!”kalimat tersebut diucapkan dengan ekspresi...a. Memelasb. Marahc. Ramahd. Ramah20. Bacalah kutipan naskah drama berikut!“Ah, sudahlah, semua usahaku sia-sia. Aku tak akan berhasil memperbaikinya.”Nada saat mengucapkan kutipan dialog di atas adalah...a. Cemasb. Putus asac. Legad. Malas
Jawaban:
5. A.3,4,5,1,2
oke saya jwab 1
0 Komentar